Tips Powerful Memasarkan Online Shop secara Efektif di Instagram

Tips Memasarkan Online Shop di Instagram

Tips Memasarkan Online Shop di Instagram. Sobat ACE, kita pasti sadar betul bahwa dengan mempelajari cara pemasaran online shop di Instagram dapat menjadi peluang besar untuk menjangkau target audiens, yang mana ini akhirnya dapat mendorong penjualan pada bisnis.

Pada September 2017, Instagram mengumumkan bahwa komunitas bisnisnya telah berkembang menjadi 2 juta pengiklan, di mana ini hanya enam bulan setelah mencapai 1 juta pengiklan pada awal tahun itu di bulan Maret.
Jika Sobat ACE adalah salah satu dari 800 juta pengguna aktif bulanan Instagram, maka Sobat ACE juga tahu betapa kuatnya jejaring sosial sebagai platform pemasaran.

Kita akan membahas mengenai bagaimana memasarkan bisnis di Instagram dengan strategi yang efektif sehingga dapat mendorong penjualan online shop Instagram kita. Tips Memasarkan Online Shop di Instagram.

Profil Bisnis Instagram
Profil bisnis Instagram seringkali menjadi titik kontak pertama yang akan dilakukan pelanggan dengan merek Anda. Jadi, penting untuk membuat kesan yang bagus dan menarik orang untuk mengikuti bisnis Anda. Dengan membuat kisah merek dan estetika yang konsisten, Anda dapat mengubah pelanggan baru menjadi pengikut setia, yang berarti mereka hanya tinggal beberapa langkah lagi untuk berinvestasi pada produk Anda.

Profil bisnis Instagram yang tertera harus menyertakan:
Foto profil: Pilih foto yang sesuai merek (seperti logo) dan membuat online shop Anda mudah dikenali.
Biografi yang dibuat dengan baik: Biografi Instagram Anda sangat penting. Ini harus menyertakan deskripsi yang jelas tentang bisnis Anda yang berbicara kepada audiens Anda. Biarkan mereka tahu persis apa yang Anda tawarkan.
Tautan ke toko Anda: Bagian URL bio adalah tempat yang bagus untuk mengarahkan traffic akun online shop di Instagram. Membuat URL unik untuk bagian ini juga akan memberi kesempatan untuk melacak kunjungan ke situs web dari Instagram.

Cara Menjual di Instagram Menggunakan Iklan Instagram untuk Menjangkau Pemirsa Target Anda
Dengan perubahan berkelanjutan pada algoritme Instagram dan meningkatnya persaingan di platform, penting untuk menggunakan apa yang berhasil. Artinya, iklan Instagram sangat penting untuk strategi pemasaran Instagram untuk bisnis.

Setelah Anda menyiapkan profil bisnis di Instagram, Anda dapat memutuskan berapa banyak yang ingin Anda belanjakan, di mana Anda ingin iklan Anda dilihat, dan berapa lama Anda ingin iklan tersebut berjalan. Instagram menyediakan berbagai pilihan penargetan, sehingga Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Menjalankan kampanye iklan Instagram Anda sendiri tidaklah sulit, tetapi dapat mengintimidasi banyak pemilik bisnis kecil dan influencer yang belum pernah melakukannya. Untungnya, ini tidak sesulit yang Anda pikirkan kok Sobat ACE.

Cara termudah untuk menjalankan iklan adalah dengan mempromosikan postingan yang telah Anda bagikan di Instagram. Cukup pilih postingan yang ingin Anda tingkatkan dan tekan tombol “promosikan”.
Instagram akan secara otomatis menarik “audiens serupa” yang dapat Anda bagikan postingan, tetapi Anda dapat dengan mudah membuat audiens Anda sendiri di aplikasi dengan memilih minat, rentang usia, dan jenis kelamin.

Setelah Anda menyiapkan audiens dan anggaran, pastikan untuk memberikan iklan Anda sekali lagi sebelum menekan “Konfirmasi”.

Anda dapat memulai dengan anggaran kecil dan menjalankan iklan Anda selama beberapa hari untuk menguji semuanya. Untuk melacak bagaimana kinerja iklan Anda, klik “Lihat Hasil” di sudut kiri bawah iklan Anda. Ingat, iklan Instagram dapat membutuhkan latihan, jadi pastikan Anda terus menyesuaikan posting dan audiens yang ditingkatkan sampai Anda mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Iklan Instagram terbaik untuk mendorong penjualan e-commerce mencakup pesan yang menjelaskan dengan jelas cara melakukan pembelian. Tips Memasarkan Online Shop di Instagram.

Cara Menjual di Instagram dengan Iklan Cerita Instagram
Pada Maret 2017, Instagram merilis iklan di Stories, menawarkan merek satu lagi kesempatan berbayar untuk menjangkau lebih banyak orang. Iklan layar penuh yang imersif ini memungkinkan bisnis Anda menggunakan penargetan yang membuat iklan Anda secara pribadi relevan dengan orang yang ingin Anda jangkau.

Meskipun iklan foto kemungkinan akan mempertahankan posisi teratasnya hingga tahun 2021, statistik menunjukkan bahwa iklan Instagram Story akan mengalami pertumbuhan paling besar. Iklan ini muncul di antara Instagram Stories akun yang Anda ikuti dan dapat memberi dampak besar pada calon pelanggan.

Anda akan melihat tag “Bersponsor” kecil di sudut kanan atas dan ajakan bertindak (“Pelajari Lebih Lanjut”) di bagian bawah iklan ini. Sekali lagi, menambahkan ajakan bertindak tambahan di bagian bawah iklan Anda juga dapat membantu mereka yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut.

Anda memiliki pilihan di iklan Instagram untuk membuat video atau foto. Apa pun yang Anda pilih, pastikan klip awal Anda menarik perhatian. Anda harus menarik perhatian orang-orang yang dengan cepat melihat-lihat cerita.

Sobat ACE, Instagram Stories telah menjadi cara terbaik bagi bisnis untuk menjalin hubungan yang lebih dalam dengan pengikut mereka dan memamerkan kepribadian merek mereka. Pada 2017, Instagram melaporkan bahwa “satu dari lima cerita di Instagram mendapat pesan langsung dari pemirsanya.”

Instagram Stories menawarkan Anda kesempatan untuk terhubung dengan pengikut Anda setiap hari (dan tanpa mengacaukan umpan mereka). Pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan besar ini untuk terhubung dengan pelanggan di masa mendatang.

Cara Menjual di Instagram: Membuat Cerita Instagram dengan Tautan Produk
Instagram Stories memberikan peluang sempurna bagi bisnis untuk terlibat dengan audiens secara lebih sering dan pribadi. Banyak merek menggunakan Instagram Stories untuk menampilkan produk mereka saat beraksi, mempromosikan penawaran khusus, atau memamerkan item baru.

Pada tahun 2017, Instagram menghiasi pengguna yang memiliki 10.000 pengikut atau lebih dengan kemampuan untuk menambahkan tautan ke Instagram Stories, yang merupakan berita bagus untuk merek dan penerbit ritel. Ini adalah tren Instagram yang sangat besar saat ini dan dapat membantu Anda mengembangkan daftar email, menjual produk, mengarahkan lalu lintas, dan banyak lagi.

Saat menambahkan link ke Instagram Stories, Anda akan melihat panah kecil dan teks “See More” muncul di bagian bawah gambar Anda. Karena teks kecil ini mungkin tidak diperhatikan, Anda dapat menambahkan teks yang mengarahkan pengguna ke “Geser ke Atas” (atau yang serupa) untuk menambah visibilitas.

Algoritme Instagram sekarang memperhitungkan semua interaksi yang Anda terima di Instagram Story Sobat ACE juga, seperti balasan dan berbagi. Semakin banyak pengguna berinteraksi dengan Instagram Stories Anda, semakin besar kemungkinan postingan Anda akan muncul di feed mereka.

Cara Menjual di Instagram: Membangun Umpan Instagram yang Dapat Dibeli
Integrasi fitur belanja Shopify juga merupakan kemenangan besar bagi bisnis di Instagram. Menurut Shopify dan TechCrunch, “Instagram sudah menjadi pendorong yang ‘signifikan’ dari lalu lintas toko pedagang Shopify, sehingga dapat mengonversi lalu lintas tersebut langsung di platform alih-alih perjalanan pulang pergi dapat menghasilkan peningkatan besar penjualan tambahan.”

Fitur belanja Instagram memungkinkan bisnis untuk menandai produk yang tersedia untuk dijual dan memungkinkan pengguna membelinya langsung di dalam aplikasi.

Plugin Shopify seperti Galeri Instagram yang Dapat Belanja memudahkan bisnis Anda melakukan penjualan. Fitur Pembelian Instan memungkinkan pengunjung menambahkan item ke keranjang dan membeli produk langsung dari gambar di feed Anda. Bisnis dapat membuat galeri khusus untuk memamerkan produk mereka dan menambahkan link galeri ke bio Instagram mereka.

Linkin.bio adalah halaman arahan yang menyerupai umpan Instagram Anda dan menampilkan posting Anda sebagai gambar yang dapat diklik yang dapat Anda tautkan langsung ke halaman produk. Ini memudahkan pembuatan feed yang dapat diklik dan dapat dibeli yang menautkan audiens langsung ke konten Anda. Anda juga dapat menautkan ke beberapa situs web dan halaman tanpa mengubah tautan di bio Anda:

Ketika salah satu pengikut Anda mengeklik tautan di bio Anda, mereka akan dibawa ke halaman arahan yang dioptimalkan untuk seluler yang menyerupai umpan Instagram Anda dan menampilkan kiriman Instagram Anda sebagai gambar yang dapat diklik. Saat pengikut Anda mengunjungi halaman Linkin.bio Anda, mereka dapat mengklik salah satu postingan Instagram Anda untuk mengunjungi halaman produk yang sesuai dengan foto tersebut.

Bagaimana Menjual Di Instagram: Menawarkan Promosi Khusus Instagram
Pembeli menyukai obral atau promosi yang bagus. Instagram adalah tempat yang tepat untuk mempromosikan penjualan, peluncuran produk baru, atau kode diskon khusus untuk pengikut Anda. Anda dapat menambahkan informasi promo Anda dalam caption atau di Instagram Stories, mendorong pengguna untuk mengklik link di bio Anda untuk memanfaatkan penawaran tersebut.

Jika Anda menjalankan promosi eksklusif Instagram, Anda juga dapat membuat teaser di jejaring sosial Anda yang lain untuk mengarahkan lalu lintas ke profil bisnis Instagram Anda. Mempromosikan promosi eksklusif khusus Instagram (misalnya, kode diskon khusus untuk pengikut Anda) di antara jejaring sosial Anda yang lain akan mendorong pemirsa untuk mengikuti akun Instagram Anda untuk memastikan mereka tidak melewatkan penawaran di masa mendatang.

Cara Menjual di Instagram: Bangun Kemitraan dengan Influencer Instagram
Influencer Instagram terus menjadi populer mengingat kolaborasi dan sponsor hampir menggantikan iklan digital dan merupakan bagian besar dari strategi media sosial saat ini. Konsumen saat ini tidak mempercayai iklan tradisional – mereka mempercayai orang. Riset terbaru dari Nielsen menunjukkan bahwa konsumen mempercayai rekomendasi pribadi di atas iklan merek.

Semakin mudah pelanggan membayangkan dirinya menggunakan produk Anda, semakin mudah menjualnya kepada mereka. Pemasaran influencer memberi merek peluang unik untuk menjangkau audiens yang terlibat. Meskipun awalnya tampak seperti risiko menginvestasikan uang dalam jumlah besar ke dalam pemasaran influencer, penting untuk mempertimbangkan dengan tepat untuk apa Anda membayar.

Pertimbangkan pengiklan yang menghabiskan hingga $ 5 juta (tidak termasuk biaya produksi) untuk iklan Super Bowl berdurasi 30 detik untuk menjangkau lebih dari 100 juta penonton yang mungkin atau mungkin bukan target audiens merek. Serangkaian postingan Instagram oleh seorang blogger mode dengan 500.000 pengikut dan pengikut sekte dapat menjual seluruh lini produk dalam waktu 24 jam.

Jika Anda tidak memiliki anggaran untuk bermitra dengan influencer besar, pertimbangkan untuk mencari influencer mikro. Influencer ini memiliki pengikut yang signifikan, tetapi tidak banyak, biasanya berkisar antara 1.000 hingga 100.000 pengikut. Mikro-influencer biasanya jauh lebih bersedia untuk melakukan perjanjian “in-kind”, memperdagangkan produk untuk promosi. Jika Anda adalah bisnis kecil, berinvestasi pada mikro-influencer bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu mengarahkan calon pelanggan ke laman Anda.

Tujuh puluh sembilan persen bisnis menempatkan keterlibatan sebagai faktor terpenting saat mengevaluasi siapa yang merupakan influencer ideal, diikuti oleh kualitas pengikut (70 persen) dan industri atau ceruk (67 persen).

Anda harus meluangkan lebih banyak waktu untuk memikirkan strategi dan sasaran kampanye Anda sebelum memulai kampanye pemasaran influencer Anda. Menyiapkan tujuan yang sangat jelas akan mendorong keputusan perencanaan awal dan membantu Anda menentukan yang paling cocok untuk kemitraan Anda.

Saat bekerja dengan influencer, penting untuk membuat kemitraan berbayar terasa sealami mungkin. Mendudukkan seorang influencer di kursi untuk berbicara tentang betapa hebatnya produk Anda kemungkinan besar akan dianggap sebagai iklan dan akan segera kehilangan perhatian pemirsa Anda.

Misalnya, kemitraan terbaru blogger gaya hidup Jacey Durprie dengan Biossance sangat selaras dengan mereknya, karena ia sering memamerkan rutinitas pagi, produktivitas, dan produk favoritnya. Dia membuatnya tetap percakapan, menanyakan pengikutnya “peretasan kecantikan” favorit mereka. Kemitraan ini terasa sangat alami tanpa terlihat seperti iklan biasa.

Rute mana pun yang Anda pilih, pemasaran influencer akan tetap ada. Ini cara yang bagus bagi Anda untuk memanfaatkan suatu ceruk, membangun kesadaran merek, dan, tentu saja, mendorong penjualan.

Cara Menjual di Instagram: Gunakan Caption
Caption adalah elemen integral lain dari postingan Instagram mana pun. Sebuah caption dapat membuat atau merusak postingan. Jika Anda memiliki gambar yang menarik tetapi teksnya lemah, postingan Anda mungkin tidak berjalan dengan baik, jadi ini adalah area yang harus Anda perhatikan.

Caption Anda sebenarnya bisa melakukan banyak hal. Pertama dan terpenting, ini bisa berhubungan dengan pemirsa. Apartment Therapy unggul dalam bidang ini dengan teks yang berhubungan dengan emosi tertentu tanpa berusaha terlalu keras.

Kedua, teks dapat berfungsi sebagai ajakan bertindak. Namun, itu tidak berarti bahwa Anda perlu mempromosikan produk di setiap postingan. Anda dapat mendorong orang untuk berinteraksi dengan merek Anda dengan cara lain, seperti mengunjungi situs Anda atau menonton video.

Misalnya, merek perjalanan Jauh mendorong orang untuk berinteraksi dengan kiriman mereka menggunakan petunjuk yang menyenangkan dan unik:
Jika Anda kesulitan memikirkan teks yang bagus, lihat daftar lebih dari 200 ide teks Instagram kami.

Kontes Instagram
Sobat ACE, cara terbaik yang mutlak untuk memasarkan bisnis di Instagram adalah dengan menjalankan kontes Instagram.

Apakah Anda ingin mendapatkan lebih banyak pengikut, menangkap prospek, atau menjual lebih banyak produk? Maka dengan menjalankan kontes dapat menjadi cara terbaik untuk melakukan ketiganya dalam hal pemasaran online shop di Instagram.

Jika Anda adalah pengguna setia platform ini, Anda akan tahu berapa banyak merek yang memberikan hadiah, kontes foto, dan undian untuk membangun basis penggemar mereka, meningkatkan keterlibatan, dan sekadar menjual lebih banyak.

Mari kita lihat beberapa cara yang dapat memanfaatkan kontes Instagram untuk membawa pemasaran media sosial bisnis ke tingkat berikutnya.
Dari merek besar hingga toko ibu-dan-pop lokal, bisnis di seluruh dunia memberikan hasil dengan Instagram. Menurut laporan terbaru, 75 persen pengguna Instagram melakukan tindakan seperti mengunjungi situs web atau melakukan pembelian setelah mereka melihat iklan Instagram.

Tips Memasarkan Online Shop di Instagram.

Apabila Sobat ACE ingin membaca artikel lebih lanjut seputar digital marketing, bisnis, entrepreunership, ekspor-impor, copywritingbrand awareness, reseller, dan masih banyak lagi seputar dunia pemasaran atau bisnis, maka Sobat ACE dapat mengunjungi situs ACE Commerce Community. Sobat ACE juga dapat mengunjungi Online Course ACE Commerce Indonesia untuk mendapatkan banyak ilmu terkait dunia marketing ataupun bisnis yang dapat dikembangkan. 

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!