Instagram Ads: 6 Langkah Mudah Memulai Beriklan di Instagram

tips beriklan menggunakan instagram ads

Tips beriklan menggunakan Instagram Ads. Apakah Instagram Ads tepat untuk bisnis kita? Pertanyaan ini mengarah jelas pada: Siapa yang ada di Instagram? Apakah hanya remaja yang berfoto selfie? Atau milenial yang mencari produk kebutuhannya? Bagaimana dengan populasi yang lebih tua? Tips beriklan menggunakan Instagram Ads.
Tips beriklan menggunakan instagram ads.
Instagram cenderung mengarah ke audiens yang lebih muda, dengan persentase pengguna terbesar berada pada rentang usia 18-29 (55%), kemudian antara 30-49 tahun ( 28%). Hanya 11% pengguna Instagram berusia antara 50-64 tahun, dan hanya 4% adalah orang dewasa di atas 65 tahun.

Menurut Hootsuite, mayoritas pengguna Instagram tinggal di perkotaan (32%), 28% pengguna tinggal di pinggiran kota, dan 18% pengguna di negara. Meskipun jumlah wanita di Instagram lebih banyak daripada pria, kesenjangan gender tidaklah sebesar dulu.

Mirip dengan kebanyakan platform periklanan sosial lainnya, Instagram memberikan kita kontrol terperinci untuk menargetkan jenis kelamin tertentu, rentang usia, lokasi, minat, perilaku, dan masih banyak lagi. Kita bahkan dapat menargetkan audiens khusus sehingga dapat menampilkan iklan ke daftar prospek langsung.

Hal yang harus diperhatikan oleh pengiklan adalah fakta bahwa Instagram menggunakan data demografis Facebook untuk menayangkan iklan ke pihak yang sesuai. Hal tersebut membuat alat ini sangat berharga bagi pengiklan yang ingin menargetkan pemirsa khusus, karena Facebook sudah memiliki riwayat menyeluruh dan opsi penargetan demografis yang juga meyeluruh.

Berapa Biaya Iklan Instagram?
Ini adalah pertanyaan yang sulit untuk dijawab, karena biaya iklan Instagram sejatinya didasarkan pada berbagai faktor, yakni mulai dari pemirsa hingga feedback.

6 Langkah Mudah Memulai Beriklan di Instagram
Mempelajari seluk beluk platform ads mungkin tampak luar biasa pada awalnya. Faktanya, iklan Instagram dapat dikonfigurasi langsung melalui Pengelola Iklan Facebook.

Pertama, kita akan fokus pada pembuatan iklan melalui Facebook Ad Manager. Meskipun mengonfigurasi iklan Instagram tidak terlalu rumit, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan.

1. Buka Ad Manager Facebook

Tips beriklan menggunakan Instagram Ads. Tidak ada Ad Manager khusus untuk Instagram. Iklan Instagram dikelola melalui UI Iklan Facebook. Maka dari itu, patikan Sobat ACE sudah login pada akun Facebook yang digunakan untuk halaman Facebook.

2. Tetapkan Tujuan Marketing. Tips beriklan menggunakan Instagram Ads.

Hal yang harus diperhatikan yakni iklan Instagram hanya berfungsi dengan tujuan berikut:
● Brand awareness
● Reach
● Traffic
● App installs
● Engagement
● Video views
● Conversions


3. Konfigurasi Target AudiensTips beriklan menggunakan Instagram Ads.

Setelah memilih tujuan, sekarang saatnya Sobat ACE perlu menargetkan pemirsa yang sesuai untuk menampilkan iklan Sobat ACE kepada orang yang tepat. Inilah keefektifan Instagram Ads yang mampu menggunakan kedalaman pengetahuan demografis Facebook untuk menjangkau orang yang tepat.

● Lokasi: Sesuaikan lokasi yang ingin ditargetkan. Mulai dari negara, kawasan, negara bagian, kota, kode pos, penargetan lokasi, dan pengecualian tempat tertentu
● Usia: Targetkan rentang usia, bisa mulai dari 13 hingga 65+
● Jenis Kelamin: Pilih di antara pria, wanita, atau semua jenis kelamin
● Bahasa: Facebook menyarankan untuk membiarkan ini kosong kecuali bahasa yang ingin ditargetkan tidak umum untuk lokasi tertentu.
● Demografi: Di bawah “Penargetan Terperinci” atau β€œDetailed Targeting”, kamu akan menemukan demografi, yang memiliki beberapa subkategori dengan lebih banyak subkategori di bawahnya. Misalnya, Anda dapat menargetkan “Demografi”> “Rumah”> “Kepemilikan Rumah”> “Penyewa”.
● Minat: Minat juga ada di “Penargetan Terperinci” dengan beberapa subkategori untuk digali. Misalnya, jika ingin mencari orang yang tertarik dengan minuman tertentu, film fiksi ilmiah, dan penerbangan, maka opsi tersebut tersedia
● Perilaku: Dan satu lagi opsi “Penargetan Terperinci” dengan beberapa subkategori untuk dijelajahi. Terdapat perilaku pembelian, peran pekerjaan, hari jadi, atau perilaku lainnya, pilihannya tampak tidak terbatas
● Koneksi: Di sini Anda dapat menargetkan orang-orang yang terhubung ke laman, aplikasi, atau acara
● Audiens Kustom: Audiens kustom memungkinkan untuk mengupload daftar kontak sendiri yang memungkinkan Anda menargetkan prospek yang sudah ada di saluran
● Audiens Serupa: Buatlah audiens yang mirip. Ini akan memungkinkan Instagram menemukan orang-orang yang memiliki sifat serupa

Setelah Anda mengonfigurasi audiens, Facebook juga akan memberi Anda panduan tentang seberapa spesifik atau luas audiens.

Ini adalah alat yang penting untuk diperhatikan. Kita pasti ingin keseimbangan audiens yang kita miliki tidak terlalu besar (karena kemungkinan tidak cukup ditargetkan). Namun, kita juga tidak ingin yang terlalu spesifik (di zona merah), karena mungkin tidak ada banyak orang yang terjangkau.

4. Pilih Penempatan Anda

Setelah menargetkan demografis ideal, sekarang saatnya Sobat ACE memilih penempatan. Ini penting jika tujuan kampanye Sobat ACE hanya menampilkan iklan di Instagram. Jika memilih untuk mengabaikan langkah ini, Facebook akan mengizinkan iklan muncul di kedua platform. Dari sini, Sobat ACE dapat menentukan Instagram sebagai penempatan, serta apakah ingin iklan ini muncul di bagian feed dan ataupun Insta Story.

5. Tetapkan Anggaran dan Jadwal Iklan

Sobat ACE harus melakukan perencanaan terkait jumlah anggaran dan jadwal strategis untuk mengiklankan produk.

6. Buat Instagram Ads

Sekarang saatnya membuat iklan di Instagram!

● Format Iklan Instagram

Instagram memiliki enam format iklan untuk dipilih, yang mana ini lebih sedikit dari Facebook. Dua di antaranya untuk Instagram Stories, yang muncul di bagian atas feed dengan cara yang mirip dengan Snapchat. Empat lainnya adalah format yang dirancang untuk umpan Instagram, dimana ini lebih umum digunakan oleh pengiklan.

# 1. Image Feed Ads
Ini adalah format iklan yang paling standar dan mungkin format yang paling sering kita lihat di timeline feed Instagram kita. Berikut beberapa detail tambahan yang harus diperhatikan:

Persyaratan Teknis
● Jenis file: jpg atau png
● Ukuran file maksimum: 30MB
● Lebar Gambar Minimum: 600 piksel
● Rasio Gambar: minimum 4: 5, maksimum 16: 9
● Panjang teks: maksimum 2.200 (meskipun Instagram merekomendasikan tetap di bawah 90 untuk pengiriman yang optimal)
● Nomor Hashtag: maksimum 30 (dapat diletakkan di kolom komentar)

Supported Objectives
● Reach
● Traffic
● Conversions
● Lead Generation
● Brand Awareness
● Post Engagement
● Store Visits

Supported Call-to-Action Buttons
● Apply Now
● Book Now
● Call Now
● Contact Us
● Download

# 2. Image Story Ads
Konsep yang sama seperti di atas, tetapi ini khusus untuk Instagram Story. Detail iklan Instagram Story ada di bawah ini:

Persyaratan Teknis
● Rasio Gambar: disarankan 9:16
● Lebar Gambar Minimum: 600 piksel

Supported Objectives
● Reach
● Traffic
● Conversions
● Lead Generation
● App Installs

Supported Call-to-Action Buttons
● Apply Now
● Book Now
● Call Now
● Contact Us
● Download

#3.Video Feed Ads

Hidupkan iklan dengan video! Jika Sobat ACE telah meluangkan waktu untuk membuat video berkualitas, maka Sobat ACE harus benar-benar mempromosikannya melalui umpan Instagram feed.

Meskipun sebagian besar file video didukung oleh Instagram, mereka merekomendasikan penggunaan kompresi H.264, piksel persegi, kecepatan bingkai tetap, pemindaian progresif, dan kompresi audio AAC stereo pada 128kbps.

Persyaratan Teknis
● Resolusi Video: 1080 x 1080 piksel (setidaknya)
● Ukuran file maksimum: 4GB
● Rasio Video: minimum 4: 5, maksimum 16: 9
● Durasi Video: Maksimal 60 detik
● Teks Video: opsional
● Rasio Gambar: minimum 4: 5, maksimum 16: 9
● Panjang teks: disarankan maksimal 125 karakter
● Nomor Hashtag: maksimum 30

Supported Objectives
● Reach
● Traffic
● Conversions
● Lead Generation
● Brand Awareness
● Post Engagement
● Store Visits

Supported Call-to-Action Buttons
● Apply Now
● Book Now
● Call Now
● Contact Us
● Download

# 4. Video Story Ads
Spesifikasi video yang direkomendasikan untuk diupload sama dengan yang tercantum di atas, dan berikut adalah beberapa detail tambahan yang perlu diingat!

Persyaratan Teknis
● Resolusi Video: 1080 x 1920 piksel (setidaknya)
● Ukuran file maksimum: 4GB
● Rasio Video: maksimum 9:16
● Durasi Video: maksimal 15 detik
● Teks Video: tidak tersedia
● Tujuan yang Didukung

Supported Objectives
● Reach
● Traffic
● Conversions
● Lead Generation
● App Installs

Supported Call-to-Action Buttons
● Apply Now
● Book Now
● Call Now
● Contact Us
● Download

4 Praktik Terbaik dalam Instagram Ads Tips beriklan menggunakan instagram ads
Sekarang setelah memahami prinsip dasar periklanan Instagram, saatnya untuk mendapatkan ROI setinggi mungkin dengan mengikuti praktik terbaik Instagram ini untuk membuat Instagram ads yang hebat.

# 1. Tanamkan Setiap Ads dengan Kepribadian
Baik video lucu, video emosional, atau meme, hal ini dapat menghibur pengguna Instagram yang menontonnya.

# 2. Pastikan Iklan Relevan Secara Kontekstual
Apa yang berfungsi dengan satu platform media sosial belum tentu berfungsi dengan yang lain. Misalnya, bisnis kita kemungkinan tidak akan mempromosikan konten yang sama seperti di LinkedIn ataupun Twitter, karena audiens biasanya memiliki pemikiran yang berbeda. Hal yang sama berlaku untuk Instagram. Tempatkan diri pada posisi pembeli target dan perhatikan di mana mereka berada. Tips beriklan menggunakan instagram ads

# 3. Buatlah kontes atau giveaway
Mempromosikan kontes atau giveaway sejauh ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk mencapai tujuan lebih cepat dengan Instagram Ads. Mengapa demikian? Karena orang menyukai persaingan dan barang gratis.

# 4. Posting di Jam Optimal
Pikirkan tentang kapan orang biasanya berbelanja pakaian secara online? Atau jika kita seorang dealer mobil, pada hari apa kira-kira kita melihat lonjakan tertinggi dalam lalu lintas situs web? Mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini adalah awal yang baik. Tips beriklan menggunakan Instagram Ads.

Nah, itu dia Sobat ACE cara dan tips dalam menggunakan Instagram Ads yang bisa kamu praktikkan sekarang juga!

Apabila Sobat ACE ingin membaca artikel lebih lanjut seputar digital marketing, bisnis,Β entrepreunership,Β ekspor-impor,Β copywriting,Β brand awareness,Β reseller,Β dan masih banyak lagi seputar dunia pemasaran atau bisnis, maka Sobat ACE dapat mengunjungi situsΒ ACE Commerce Community. Sobat ACE juga dapat mengunjungiΒ Online Course ACE Commerce Indonesia untuk mendapatkan banyak ilmu terkait dunia marketing ataupun bisnis yang dapat dikembangkan.Β  Tips beriklan menggunakan Instagram Ads.

Apa Itu Digital Marketing? Apa Kontribusi dan Kegunaan untuk Bisnis Anda?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *