Tips and trick agar bisnis online kamu laku keras!

Fenomena era revolusi industri 4.0 tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita semua, mengingat betapa cepat perkembangan teknologi dan informasi yang terjadi di Indonesia. Fenomena tersebut tentunya membawa perubahan yang sangat besar terhadap berbagai bidang aspek kehidupan. Salah satu perubahan besar dari fenomena ini yaitu perubahan dan peluang bisnis yang baru didorong dengan perkembangan pengguna internet. Peluang ini tentunya telah disadari oleh para pelaku bisnis untuk memanfaatkan internet sebagai media berbisnis. Penggunaan internet dalam proses berbisnis akan terus mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut membuat pelaku bisnis harus terus memutar otak untuk bersaing dalam menjual dan memasarkan produknya agar bisnis yang mereka jual dapat bertahan di pasaran dan laku sesuai target penjualan.

Untuk kamu yang mau memulai bisnis online ataupun sedang menjalankan bisnis online, berikut ada beberapa tips and trick agar bisnis online kamu laku keras.

1. Melakukan riset pasar

Riset pasar ini sangat membantu dalam melihat perkembangan pasar, dan mendalami gambaran produk apa yang sedang digemari dan menjadi trend pasar di masyarakat. Dengan mengetahui apa yang sedang banyak diminati masyarakat maka kamu bisa menentukkan produk apa yang akan kamu jual sesuai kebutuhan masyarakat di bisnis online kamu. Ketika produk yang kamu jual menjadi sesuatu yang mereka butuhkan maka kesempatan bisnis online kamu bisa cepat laku dan laris manis juga ada.

2. Kenali nilai jual produk (Unique Selling Points)

Apa kelebihan produk bisnis yang anda jual? pertanyaan tersebut sangat umum dan cenderung mudah dijawab oleh setiap pelaku bisnis. Tapi jika pertanyaan semacam apa kelebihan produk yang tidak dimiliki kompetitor anda? disini anda akan menemukan jawaban dari unique selling points (USP) atau nilai jual produk. Berbeda dengan kelebihan produk yang jumlahnya bisa banyak, USP biasanya hanya satu saja. Satu poin tersebut yang nantinya jadi kunci untuk membedakan bisnis online anda dari kompetitor. Mengapa hanya satu? Sebab ketika anda menginginkan orang tahu semua kelebihan produk anda, seringkali calon pelanggan tak mengingat apapun soal bisnis online anda. Untuk menemukan USP anda perlu memposisikan diri sebagai calon pelanggan. Pikirkan apa yang benar-benar dibutuhkan calon pelanggan anda. Sebagai contoh Domino’s Pizza memberikan pizza gratis jika delivery pesanan tidak sampai dalam 30 menit.

3. Spesifikasi produk

Spesifikasi produk berisi tentang informasi detail mengenai aspek dan bahan dalam pembuatan produk bisnis online anda. Tujuan spesifikasi produk ini agar calon pembeli bisa membayangkan seperti apa produk yang akan dibelinya. Adanya spesifikasi juga sebagai perbandingan antara produk yang anda jual dan produk dari brand lain. Dengan demikian, pembeli juga bisa mengetahui kelebihan dan kelemahan dari setiap produk yang anda anda jual di bisnis online anda.

4. Mencoba jualan di marketplace

Dalam marketplace ini anda tidak perlu susah payah mencari target pasar. Calon pembeli anda sudah berada dalam 1 tempat strategis dan anda hanya tinggal menampilkan produk anda. Biasanya calon pembeli adalah orang yang membutuhkan produk anda sehingga mudah bagi anda untuk menjual bisnis online anda. Contoh platform marketplace yang perlu anda coba yaitu Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Marketplace tersebut juga menyediakan fitur iklan agar anda dapat dengan mudah mempromosikan produk anda pada bisnis online anda.

5. Buat website toko online sendiri

Mengapa masih harus membuat website sendiri saat sudah tersedia marketplace yang lebih mudah digunakan?. Marketplace memang jauh lebih mudah digunakan. Tak butuh waktu lama untuk membuat akun dan mulai menjalankan bisnis online anda. Namun hal itulah yang membuat marketplace memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Anda harus berebut calon pelanggan dengan memasang harga murah, memberikan pelayanan cepat, dan membangun reputasi lewat rating serta review. Memang di awal-awal, membuat website untuk bisnis online terbilang rumit. Hanya saja, bisnis di toko online sangat strategis untuk membangun brand. Anda bisa mendesain website agar sesuai dengan yang diinginkan. Dengan begitu, USP dan kelebihan produk bisa ditonjolkan dengan baik.

6. Berikan penawaran yang menarik dan dapat dipercaya

Memberikan penawaran seperti diskon, beli suatu produk kemudian berhadiah produk lain yang nilainya sepadan, beli produk paketan dengan harga yang lebih murah, gratis ongkos kirim, garansi, dan lain sebagainya. Merupakan hal yang penting yang menjadi bahan pertimbangan calon pembeli bagi bisnis online anda. Kunci dalam hal ini adalah bagaimana respon orang-orang yang membutuhkan produk anda terhadap penawaran yang anda berikan. Biasanya mereka akan bertanya pada diri mereka sendiri tentang apa yang bisnis online tawarkan, manfaat apa yang mereka dapat, berapa harganya, kenapa mereka harus membeli di tempat bisnis online anda, dan mengapa mereka harus membeli sekarang

7. Aktif di social media 

Pada era ini social media tentunya menjadi platform teratas dalam hal mengekspresikan diri dan juga promosi dalam berbagai bisnis apalagi bisnis online. Social media berperan penting dalam mempromosikan produk bisnis online yang anda jual. Instagram, facebook, atau twitter merupakan akses terbesar masyarakat untuk mendapatkan informasi dalam kehidupan sehari-hari. Kini banyak pelaku bisnis online yang memanfaatkan social media untuk promosi karena peluang dalam platform ini sangatlah besar. Dari social media, pintu pertama perkenalan dibuka pada calon pelanggan terhadap bisnis online anda. Baru setelah mengetahui dan mengenal lebih dekat, mereka tertarik untuk lebih engage.  Entah itu nanti dalam bentuk mem-follow akun, komentar, membagikan konten yang anda buat, ataupun mengunjungi URL yang anda berikan.

8. Pakai strategi content marketing

Content marketing merupakan sebuah teknik promosi yang bertumpu pada pembuatan konten. Konten yang dibuat merupakan konten yang relevan, penting, bermanfaat, dan bisa menarik audiens dalam jangka panjang tentunya tentang hal yang berkaitan dengan bisnis online anda. Semakin bagus dan bermanfaat konten yang anda buat, semakin besar kemungkinan bisnis online anda ditemukan oleh calon pelanggan lewat google. Salah satu contoh strategi ini yaitu membuat blog atau artikel, video youtube, dan lain sebagainya.

9. Gunakan strategi ‘desak’ pelanggan untuk membeli produk kamu.

Jangan pernah memaksa calon pelanggan untuk membeli produk anda tapi desaklah mereka dengan beberapa teknik seperti mengadakan special deal untuk harga atau promo dengan waktu atau jumlah yang terbatas atau mengatakan seolah olah jumlah produk anda cepat habis agar calon pembeli semakin tertarik untuk membeli saat itu juga.

10. Bekerja sama dengan online shop lain atau influencer social media

Untuk meningkatkan kunjungan serta branding bisnis online yang terpercaya anda juga perlu bekerja sama dengan bisnis online shop lain yang sudah banyak dikenal. Tak lupa selain memasang iklan di berbagai platform anda juga bisa bekerja sama melakukan paid promote dengan influencer terkemuka untuk membantu mempromosikan bisnis online kamu.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!