Tertarik Bisnis Online? Wajib Ketahui Tipe-Tipe Konten Disini

Hai sobat komunitas ACE Commerce!

                Percepatan informasi di dunia semakin rising seiring dengan meningkatnya para pengguna media sosial, seperti misalnya instagram, facebook, twitter dan lainnya. Biasanya para pengguna media sosial mencari apapun yang memiliki hubungan dekat dengan personal mereka atau mereka tertarik dengan apa yang dihadirkan oleh akun profil lainnya yang bisa berupa konten. Akun-akun media sosial dari segmen apapun, bisa dari individu, bisnis, komunitas dan organisasi berlomba-lomba untuk meng-create konten-konten yang dapat menarik perhatian dan minat followers atau target market mereka. Konten bisa sangat berguna untuk mengembangkan awareness kepada masyarakat seputar apa yang kamu tawarkan dari tema konten kamu. Nah kita akan membahas tentang konten itu seperti apa sih, Let’s deep dive!

Pengertian Konten

                Kamu pasti sering mendengar banyak dari public figure seperti influencers atau youtuber, dan para expertise atau guest speaker tentang kenapa sebuah konten itu penting. Nah, dari aspek pengertiannya, sebenarnya apakah itu konten? Konten bisa dikatakan sebagai penggabungan antara informasi dan komunikasi yang memiliki nilai-nilai kesegaran, dapat dibaca, relevan dan mempunyai isi yang bermanfaat bagi siapapun yang mendapatkan penggabungan informasi dan komunikasi tersebut. Komunikasi di dalam konten memiliki esensi berupa pesan yang akan diterima oleh audiens yang sifatnya bisa bebas atau spesifik.

Ada berapa aja sih tipe konten itu?

                Jika kita memikirkan tipe-tipe konten itu ada berapa, tentu jawaban nya akan sangat banyak sekali mengingat variatifnya jenis informasi dan komunikasi yang ada. Namun kali ini tim ACE akan membedakannya dari konten yang sering di jumpai di media sosial. Berikut diantaranya:

  1. Konten Tertulis
  2. Konten Visual
  3. Konten Interaktif
  4. Konten Video

                Apa yang membedakan diantara keempat tipe konten diatas? Seberapa pentingkah konten-konten diatas sehingga mampu menciptakan awareness yang sukses dalam pengimplementasiannya? Yuk lihat section dibawah!

Apa yang membedakan dari masing-masing tipe konten tersebut?

1. Konten Tertulis

                Dalam tipe konten ini, hal yang sering digunakan yang pertama ialah Postingan Blog. Hal yang lumrah ketika banyak sekali baik itu individual, perusahaan maupun organisasi menggunakan blog artikel sebagai media untuk memberikan informasi dan komunikasi, dengan tema dan topik pembahasan yang bervariatif. Konten tertulis fokus isinya bisa seperti QnA, tips-tips, riset penelitian, interviews, step-by-step guides, membahas bagaimana-cara / mengapa tentang fokus yang spesifik.

                Kemudian ada Electronic Book atau sering disebut E-Book. E-Book bisa sangat berguna untuk para brand yang mau meningkatkan email marketing subscriber mereka untuk strategi promosi dan penjualan. Dan terakhir ada Panduan Konten Produk. Konten ini bisa berguna untuk memberikan informasi detil tentang suatu barang sekaligus memaksimal SEO dari keyword yang digunakan.

SEO bisa sangat efektif untuk konten yang tertulis
Source: Alona.com

2. Konten Visual

                Konten ini sangat sering digunakan seiring dengan perkembangan era digital, dan sekaligus memaksimalkan strategi marketing sebelumnya yang hanya text-based, kemudian beralih dengan menciptakan promosi yang lebih melibatkan gambar, video dan pemilihan warna untuk menjelaskan informasi atas fokus konten kamu.

3. Konten Interaktif

                Konten ini dapat terdiri dari perlombaan atau kontes, kuis dan polling. Seperti judulnya saja, konten interaktif diciptakan karena adanya keinginan untuk lebih dekat dengan pihak yang dituju, bisa target market yang spesifik atau masyarakat secara umum. Konten ini juga sekaligus mampu meningkatkan ketertarikan pembaca atau audiensnya untuk ikut serta dengan menghadirkan berbagai hadiah yang ditawarkan.

4. Konten Video

                Sedikit berbeda dengan konten visual, konten video memiliki jenis spesifikasinya lagi, seperti demonstrasi produk, vlog, Webinar dan How-to Tutorials yang bisa lebih mencipatakan kualitas konten yang lebih baik dan meningkatkan kemungkinan engagement yang lebih erat kepada audiensnya

Video yang lagi ngetren saat ini (VLOG) bisa kamu gunakan untuk tingkatkan awareness konten kamu
Source: Belifollowers.com

Kenapa konten itu penting banget buat ngembangin akun Instagram atau sosial media perusahaan?

                Seberapa menariknya konten bisa sangat mempengaruhi respon dari para pembaca konten tersebut, apakah mereka akan terus melanjutkan pencarian mereka karena rasa ketertarikan yang meningkat atau begitupun sebaliknya, mereka malah menjadi bosan dan leave konten tersebut.

  • Untuk Konten Tertulis, itu memang sudah menjadi informasi yang basic harus kamu lakukan kepada pembacanya sebagai target market kamu misalkan.
  • Sementara untuk Konten Visual, sangat cocok untuksosial media seperti instagram dengan fitur feeds dan storynya. Terlebih di instagram kamu bukan hanya sekedar menampilkan postingan foto saja, namun bisa lebih di upgrade seperti infografis, screenshots, dan Memes.
  • Kemudian untuk Konten Interaktif, bisa sangat membantu kamu untuk meningkatkan awareness pengguna instagram dan sosial media lainnya. Perusahaan atau bisnis yang perorangan atau individual sering menggunakannya dan diiringi oleh campaign-campaign yang kekinian dan masih berhubungan dengan segmen bisnis mereka.
  • Untuk Konten Video, sangat cocok untuk target market kamu yang sudah bosan dengan informasi yang text-based dan menunjukkan respon yang bagus ketika disuguhkan oleh konten yang bergerak dengan banyaknya gambar atau liputan yang berkualitas.

                Banyak banget yang bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah konten yang menarik bukan? Apapun asal kamu dan segmentasi fokus yang kamu bawa, yang paling penting ialah bagaimana cara kamu meningkatkan kualitas konten untuk bisa dibaca atau ditonton oleh audiens kamu.

                Masih penasaran dan curious tentang pembahasan lainnya seputar entrepreneur, E-Commerce dan Cross-Border? Kunjungi Youtube Channel ACE Commerce ID dan  Instagram @acecommerceid. ACE Commerce Community ada event Expert Chat dengan guest speaker CEO dari Mekari, Suwandi Soh dengan tema “How to Scale Business with Great Finance and Accounting”. Ayo jangan lupa daftarkan diri kamu, di Website ACE Commerce ID.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!