Teknik Endorsement di Instagram

Teknik Endorsement di Instagram. Sobat ACE, seperti yang kita tahu bahwa Instagram adalah salah satu platform terbesar untuk mendukung merek Anda saat ini. Jika Anda mendapatkan influencer Instagram untuk mendukung merek Anda, maka Anda telah mendirikan perusahaan Anda di pasar.

Influencer media sosial memiliki kekuatan untuk membuat atau menghancurkan merek Anda. Mereka dapat menagih Anda untuk satu posting atau bahkan rekomendasi. Cara kerja periklanan dalam dekade terakhir adalah Anda hanya perlu membayar. Namun, sekarang, Anda harus berdoa agar kampanye PR bisa berjalan. 

Media sosial berdampak besar pada pemasaran dan PR, jadi Anda harus melakukan setiap langkah dengan hati-hati. Saat ini, hampir semua orang adalah selebritas karena media sosial. Namun, influencer Instagram memiliki pengaruh paling besar pada pemirsa. Masyarakat umum memandang mereka dan mempertimbangkan pendapat mereka sebelum berinvestasi di merek apa pun (Keating, 2017).

Mereka bahkan akan memboikot merek tertentu karena influencer media sosial yang mereka ikuti memiliki pendapat khusus tentang mereka. Jadi di dunia di mana para influencer ini dapat menurunkan penjualan Anda, Anda perlu mendekati mereka dengan sikap yang benar dan dengan cara yang benar. Teknik Endorsement di Instagram.

Mengapa Menghubungi Influencer Instagram?
Sobat ACE, sebelum kita membahas cara menghubungi influencer Instagram, mari kita bahas terlebih dahulu mengapa sebenarnya penting untuk menghubungi mereka.

Penggemar Nyata Mengikuti
Jika Anda ingin memasarkan produk dan menjangkau para selebriti, Anda harus tahu bahwa Anda membutuhkan anggaran yang besar. Selebritas ini tidak murah. Di sinilah pengaruh para influencer ini. Orang-orang ini memiliki penggemar yang mengikuti. Mereka mengupload ulasan tentang produk. Di atas segalanya, mereka adalah orang-orang nyata seperti kita.

Dengan kata sederhana, ulasan atau putusan yang diberikan oleh para influencer ini sama dengan publisitas gratis (Keating, 2017). Sekarang, ingatlah, tidak semua influencer melakukan promosi berbayar, beberapa suka membuat segala sesuatunya nyata dan memberikan pendapat yang jujur.

Promosi produk ke khalayak sasaran
Selanjutnya, Anda mungkin bertanya ‘apa sebenarnya yang bisa mereka lakukan untuk Anda’. Memiliki Instagram influencer di belakang Anda dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak. Setelah Anda menjalin hubungan yang baik dengan seorang influencer, mereka akan membantu Anda dalam mempromosikan merek Anda di dalam komunitas mereka maupun di luar. Selain itu, jika influencer sangat menyukai merek Anda, mereka tidak akan ragu untuk mempertahankannya. Jadi, pastikan mereka benar-benar menikmati layanan Anda.

Namun, Anda tidak dapat langsung meminta influencer untuk mendukung produk Anda. Ingat, kebanyakan dari mereka tidak melakukan promosi berbayar dan sering tersinggung ketika seseorang mengatakan itu (Kontributor, 2016). Anda perlu menciptakan keadaan tertentu yang mendorong influencer untuk mendukung merek itu sendiri daripada Anda mengatakannya.

Terakhir, hubungan ini harus Anda jaga tetap profesional. Juga, pastikan kedua belah pihak mendapatkan keuntungan darinya. Jika influencer merasa bahwa mereka tidak mendapatkan cukup penghargaan atas kesetiaannya atau sebaliknya, Anda perlu mencari orang lain.

Platform lalu lintas tinggi
Orang-orang menghabiskan banyak waktu di media sosial. Telah terbukti bahwa cara termudah untuk menjangkau audiens target Anda adalah melalui aplikasi media sosial. Namun, membayar iklan di Facebook atau aplikasi lain tidak akan membantu karena sebagian besar konsumen skeptis tentang mereka. Orang-orang memercayai influencer 90% dari waktu ketika dia merekomendasikan produk tertentu atau dengan santai menyebutkan bahwa itu luar biasa.

Orang-orang memercayai influencer 90% dari waktu ketika dia merekomendasikan produk tertentu atau dengan santai menyebutkan bahwa itu luar biasa.
Itu sesederhana seorang selebriti, mis. Gigi Hadid memberi caption pada fotonya dengan ‘jatuh cinta dengan lipstik Maybelline baru’ daripada muncul di iklan TV dan berkata ‘karena kamu layak’. Anda lihat ada perbedaan yang jelas di antara keduanya. Sebagai calon pembeli, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, tetapi apakah Gigi menggunakan lipstik ini? Namun, jika dia dengan santai menyebutkan bahwa dia menyukai rangkaian produk baru ini, Anda mungkin berpikir; kalau Gigi suka, pasti bagus. Beginilah cara opini diubah dan dibentuk.

Gigi Hadid di Instagram
Cara yang Tepat Agar Merek Anda Didukung di Instagram
Jika Anda mencari influencer Instagram untuk mendukung merek Anda, maka ini adalah cara yang tepat untuk melakukannya. Berikut delapan cara yang akan membuat influencer pilihan Anda mendukung produk Anda:

Dapatkan alur Anda dan lakukan riset
Yah, orang mungkin menyebutnya menguntit, tetapi Anda perlu tahu apa yang Anda hadapi. Tidak semua influencer sopan dan baik. Dan tentu saja, tidak semua orang akan menikmati produk yang Anda ingin mereka dukung. Jadi, lanjutkan permainan dan mulailah meneliti.

Mulailah dengan target audiens Anda. Lihat klien Anda saat ini dan lihat apakah mereka sesuai dengan profil klien yang Anda inginkan.

Sekarang buka platform media sosial mereka dan lihat jenis influencer apa yang mereka ikuti. Tweet mana yang mereka tweet ulang, halaman yang mereka sukai dan bahkan apa yang mereka bicarakan di akun media sosial mereka. Setelah Anda mengetahuinya, buka profil influencer dan lihat apakah mereka memiliki banyak pengikut.

Menurut Anda, apakah influencer ini akan dapat memasarkan produk Anda dengan cara yang benar? Akankah influencer ini menyukai produk Anda?

Persempit
Mulai buatlah daftar Anda dengan jumlah yang lebih besar. Kemudian persempit ke mereka, yang akan terbukti penting dalam hal mempromosikan merek Anda (9 cara agar influencer pemasaran mendukung merek Anda). Kami menyarankan Anda memulai dengan setidaknya 20 influencer dan meneliti tentang mereka. Hanya karena Anda melihat influencer Instagram, bukan berarti Anda melupakan platform media sosial lainnya.

Lihatlah hal-hal lain seperti blog mereka, mengikuti Twitter, mengikuti penggemar Facebook, dan pengikut YouTube. Periksa apakah mereka telah diundang oleh pihak lain untuk memberikan pendapat ahli mereka. Juga, lihat apakah mereka baru-baru ini ditampilkan di majalah otentik yang berhubungan dengan niche. Apa yang dilakukannya adalah memberikan kredibilitas lebih kepada influencer dan mereka layak untuk diinvestasikan.

Sekarang jika Anda sudah familiar dengan komunitas kecantikan, Anda pasti tahu tentang Huda Kattan dari Huda Beauty. Sekarang dia adalah blogger / pengulas Instagram yang hebat, dan orang-orang percaya setiap kata yang keluar dari mulutnya. Karena dia sekarang telah membangun kerajaan dari namanya, memiliki blog dan dia kadang-kadang berbicara di platform yang berbeda dan diwawancarai, orang-orang secara alami mengikuti rekomendasinya.

Huda kattan di instagram
Jadi sangat ideal jika Anda mengetahui tentang calon influencer secara detail. Juga, pastikan bahwa mereka sering memperbarui akun Instagram mereka dan membuat audiens tetap terlibat. Mengenal mereka dengan baik hanya akan memungkinkan Anda mempromosikan merek Anda dengan cara yang lebih baik.

Email Mereka
Siapa yang mengira bisa semudah ini? Ya, sebenarnya, semudah ini. Jika Anda ingin menghubungi influencer Instagram, cukup kirimkan email ke alamat email yang disediakan atau gunakan salah satu alat pencari email untuk hasil yang sempurna. Buat draf email profesional yang menjelaskan secara rinci tentang Anda, produk, tujuan, dan visi Anda. Sebutkan juga alasan yang akan menarik mereka, seperti mengapa mereka menyukai produk atau mengapa mereka membutuhkan produk Anda dalam hidup mereka.

Buat proposal sesederhana mungkin, tetapi pastikan proposal tersebut tidak sesuai dengan permintaan. Ingat Anda masih meminta bantuan dan Anda ingin mereka mendukung produk Anda.
Jika Anda berpikir bahwa influencer tertentu sangat penting untuk pemasaran merek Anda, maka pertimbangkan untuk membayar mereka jika tidak, cari opsi lain karena jumlahnya tidak terbatas.

Sebutkan Mereka
Anda mungkin bahkan tidak mengetahui hal ini, tetapi ada influencer Instagram profesional, yang menghasilkan uang dari promosi. Mereka bahkan dibayar untuk perjalanan all-in sehingga mereka dapat pergi ke tempat tertentu untuk mengiklankan produk / tempat tersebut dan kemudian kembali lagi.

Meskipun itu mungkin tidak sesuai dengan anggaran Anda, Anda dapat menyebutkannya di komentar atau memberi tag di gambar Anda. Jumlah pengikut yang mereka miliki tidak masuk akal dan begitu juga tuduhan mereka.

Jadi kami menyarankan agar Anda menyebutkannya setiap kali Anda merasakan koneksi, apakah itu kiriman terbaru Anda atau sesuatu yang mereka poskan. Tweet ulang tweet mereka menyebutkan mereka di platform media yang berbeda untuk membangun hubungan yang sehat dengan mereka.

Undang mereka
Banyak influencer Instagram senang menjadi pembicara tamu, mereka suka berbicara dengan banyak sekali audiens, dan orang-orang juga senang mendengarkan mereka. Sangat menyenangkan memiliki konten di blog yang Anda kurasi, tetapi ingat ketika Anda mengundang orang lain ke platform Anda, mereka membawa beberapa pengikut bersama mereka.

Cukup buat draf email atau DM seorang influencer di Instagram dan minta mereka untuk bergabung dengan Anda di halaman Anda sebagai pembicara tamu. Ini akan memberi influencer rasa pencapaian, dan Anda akan membuat lebih banyak orang membicarakan merek Anda tanpa benar-benar berinvestasi secara finansial.

Juga, sanjungan bisa sangat bermanfaat. Pastikan Anda memilih topik, gambar, dan kata yang tepat untuk meyakinkan influencer ini untuk menjadi bagian dari membangun citra merek. Jelaskan kemudian email seberapa bersemangat Anda tentang merek Anda dan bagaimana perasaan Anda tentang influencer menggunakannya dan memberikan pendapat yang jujur. Kami percaya setengah dari influencer mungkin menghargai Anda karena menghubungi mereka secara pribadi dan memberikan kebebasan kepada mereka dengan jujur.

Jadwalkan Wawancara
Dengan meminta calon influencer untuk wawancara, Anda melepaskan mereka beban kerja dan memudahkan mereka membicarakan produk. Sebagian besar influencer suka membicarakan diri mereka sendiri, jadi kami ragu mereka akan mempermasalahkannya.

Influencer tidak perlu membuat draf ulasan tentang merek Anda, mereka hanya dapat berbicara melalui telepon, dan Anda dapat dengan mudah mencatatnya. Anda dapat menggabungkannya sendiri, dan mereka dapat membicarakannya di waktu mereka sendiri. Mereka tidak perlu meluangkan waktu untuk produk Anda dari jadwal sibuk mereka.

Pengambilalihan Instagram
Yang satu ini secara khusus telah populer selama setahun terakhir. Orang-orang meminta influencer Instagram untuk mengambil alih halaman Instagram merek mereka dan berbicara tentang pengalaman mereka dengan produk, mungkin memberikan ulasan dengan kemungkinan profesional.

Dengan cara ini, influencer membawa banyak pengikut yang membangun citra merek Anda. Namun, strategi ini rumit, jadi Anda perlu merencanakannya di kedua ujungnya. Influencer harus paham betul dengan merek dan produk Anda.

Tetapkan pengambilalihan sebelumnya dan pastikan untuk menggoda audiens Anda dengan cuplikan, yang mungkin menjadi tamu kejutan. Pastikan Anda memandu influencer melalui semuanya sebelumnya, dan tidak ada yang tersisa sampai menit terakhir.

Kirim Sampel
Sejauh ini, ini adalah cara terbaik untuk menghubungi influencer dari Instagram. Cukup kemas produk Anda dengan cara yang rapi disertai dengan catatan khusus, lebih disukai tulisan tangan. Influencer ini senang ketika Anda mengirim catatan yang dipersonalisasi karena dengan cara itu mereka percaya bahwa menurut Anda pendapat mereka itu penting.

Pastikan Anda memberi mereka latar belakang perusahaan Anda, sebutkan semua pegangan media sosial yang tepat dan detail produk. Orang biasanya tidak mempertimbangkan untuk berusaha keras untuk mengirimkan email, jadi selalu menyenangkan untuk melihat hal-hal yang dibuat dengan baik di dalam surat. Anda merasakan keterkaitan dengan merek tersebut, sehingga Anda secara alami tertarik untuk setidaknya mencoba produk tersebut. Siapa tahu, influencer bahkan mungkin benar-benar menyukai produk tersebut dan mengoceh tentangnya kepada pengikut mereka.

Teknik Endorsement di Instagram. Apabila Sobat ACE ingin membaca artikel lebih lanjut seputar digital marketing, bisnis, entrepreunership, ekspor-impor, copywritingbrand awareness, reseller, dan masih banyak lagi seputar dunia pemasaran atau bisnis, maka Sobat ACE dapat mengunjungi situs ACE Commerce Community. Sobat ACE juga dapat mengunjungi Online Course ACE Commerce Indonesia untuk mendapatkan banyak ilmu terkait dunia marketing ataupun bisnis yang dapat dikembangkan. 

Teknik Endorsement di Instagram

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!