Sumber Daya Digital yang Dibutuhkan untuk Menjalankan Bisnis Ekspor-Impor

Sumber daya digital ekspor-impor

Sumber daya digital ekspor-impor. Sobat ACE, kita hidup di era internet di mana hampir semua hal – baik itu informasi, layanan, atau produk – hanya dengan sekali klik. Bisnis ekspor-impor Anda tidak perlu jauh berbeda. Di Cogoport, misalnya, Anda bisa mendapatkan tarif pengiriman instan dan membuat pemesanan dalam beberapa menit secara online. Demikian pula, ada alat digital yang tersedia untuk hampir setiap aspek bisnis ekspor-impor Anda – mulai dari mencari pembeli hingga mengatur pembiayaan perdagangan dan banyak lagi. Ini tersedia dengan mudah dan murah serta dapat membuat perbedaan besar bagi pertumbuhan bisnis Anda.

Jika Anda seorang importir atau eksportir, Anda pasti akan bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini pada berbagai tahap bisnis Anda:

1. Bagaimana cara agar siap ekspor-impor?

Alat pembuatan situs web: Jika Anda adalah eksportir, situs web membantu Anda mempromosikan produk, menghasilkan penjualan, dan banyak lagi. Anda dapat memilih dari berbagai layanan online untuk membangun situs web Anda:

Wix: Mudah digunakan dan ideal untuk pemula, ini merupakan salah satu alat pembuatan situs web paling populer untuk bisnis kecil.
WordPress.com: Pembuat situs web paling populer di dunia, WordPress memiliki berbagai macam tema dan tata letak desain yang dapat Anda pilih.
GoDaddy: Perusahaan web hosting memiliki 77 juta domain terdaftar – yang merupakan 20% dari pangsa global – pada hitungan terakhir.
Fiverr: Pasar online untuk layanan freelance, Anda dapat menemukan pengembang yang dapat membuat situs web untuk Anda dengan biaya yang masuk akal di sini.
Upwork: Platform freelance terbesar di dunia, Upwork adalah tempat bagus lainnya untuk mencari pakar terverifikasi untuk membangun situs Anda.
Media sosial: Alat yang paling mudah tersedia di gudang digital Anda, media sosial adalah cara efektif untuk mengiklankan produk Anda, mendapatkan arahan, dan menyebarkan berita tentang bisnis Anda. Kami menyarankan Anda memilih satu atau dua platform yang relevan dengan pasar Anda daripada menggunakan semuanya:
Facebook: Anda dapat bergabung dengan salah satu dari ratusan grup / komunitas Facebook yang dibangun di sekitar bisnis ekspor-impor. Ini juga salah satu dari sedikit jejaring sosial yang memungkinkan Anda menjual produk di platformnya.
Twitter: Situs web mikro-blogging ini juga menjadi rumah bagi banyak grup ekspor-impor yang dapat Anda ikuti.
Instagram: Situs lain tempat Anda dapat mengiklankan dan menjual barang Anda.
YouTube: Buat saluran YouTube untuk bisnis Anda jika Anda yakin konten video cocok untuk pasar Anda. Berada di YouTube juga membantu meningkatkan SEO dan visibilitas merek Anda.
LinkedIn: Sering disebut jaringan sosial “profesional”, ini memungkinkan pengguna untuk membuat profil perusahaan online, membentuk koneksi bisnis, jaringan, dan mengawasi pesaing.
Reddit: Ungkapkan ide bisnis, temukan jawaban atas pertanyaan, bergabunglah dengan komunitas minat bersama di Reddit. Ini memiliki diskusi tentang setiap topik di bawah matahari, termasuk ekspor-impor.

2. Di mana saya bisa mencari pembeli?

Sekarang setelah Anda mengetahui dasar-dasar bisnis ekspor-impor, langkah selanjutnya – setidaknya untuk eksportir – adalah menemukan pembeli. Kami menyarankan Anda mencoba solusi online ini:

Situs web B2B:
‍Mungkin, urutan bisnis pertama bagi eksportir baru adalah mendaftar dengan situs web business-to-business (B2B). Anda dapat menemukan pembeli untuk produk apa pun di platform B2B. Dan ada banyak situs untuk dipilih:

Alibaba adalah perusahaan e-commerce B2B yang berbasis di China yang juga merupakan pengecer terbesar ketiga di dunia setelah Walmart dan Amazon. Selain mencocokkan pembeli dengan penjual, ini memfasilitasi komunikasi langsung antar pihak, menawarkan layanan ekspor dan logistik dan pembiayaan perdagangan, dan memiliki berbagai opsi pembayaran.
Tradewheel, yang berbasis di Amerika Serikat, adalah salah satu platform B2B online yang tumbuh paling cepat meskipun merupakan pendatang yang relatif baru.
Global Sources, platform B2B yang berkantor pusat di Hong Kong, mengklaim memiliki lebih dari 1,5 juta pembeli dari 240 negara dalam direktorinya.
DHgate adalah salah satu platform B2B China terbesar dan dilaporkan melayani 28 juta pembeli terdaftar dari 220 negara pada 2019.
Qoovee adalah platform perdagangan grosir yang menyatukan pembeli dan penjual di Commonwealth of Independent States (CIS), Asia dan Eropa.
IndiaMART dilaporkan sebagai platform B2B terbesar di India dengan 60% pangsa ruang perdagangan online India.
Made in China, satu lagi platform B2B China lainnya, menawarkan opsi untuk memberikan tur virtual 360 derajat ke pabrik Anda kepada calon pembeli.

Direktori perdagangan:
‍Direktori perdagangan berfungsi seperti halaman kuning online, tempat Anda dapat menemukan daftar importir dan eksportir di suatu wilayah, negara, atau bahkan di seluruh dunia. Beberapa situs web dengan direktori perdagangan yang luas meliputi:

FITA.org: Federasi Asosiasi Perdagangan Internasional (FITA) memiliki direktori lebih dari 400.000 perusahaan di Amerika Utara.
GlobalTrade.net: Situs web ini mengatakan menerima satu juta kunjungan setiap tahun dari eksportir dan importir yang mencari melalui direktorinya tidak hanya untuk pembeli tetapi juga untuk perusahaan ekspedisi, pengendali kualitas, pengacara, akuntan, dan sebagainya.
Europages.com: Platform B2B ini berfungsi sebagai direktori untuk 2.600.000 perusahaan dari Eropa. Itu datang dalam 26 bahasa.

Situs web:
‍Terlepas dari membangun merek, situs web adalah cara yang bagus untuk menemukan pembeli untuk produk Anda. Gunakan pengoptimalan mesin telusur (SEO) untuk meningkatkan visibilitas situs Anda di Google. Lihat bagian sebelumnya untuk pembuat situs web yang dapat Anda gunakan.

Media sosial:
Demikian pula, platform media sosial yang tercantum di bagian sebelumnya harus menjadi bagian dari strategi Anda untuk menemukan pembeli. Anda dapat bergabung dengan komunitas dan komunitas terkait impor / ekspor atau menggunakan fitur iklan berbayar untuk menjangkau pelanggan baru.

3. Di mana saya bisa menemukan pembiayaan perdagangan? Apa sajakah pilihan saya?

Sobat ACE, pembiayaan perdagangan adalah sumber kehidupan bisnis ekspor-impor dengan 80% -90% perdagangan dunia bergantung padanya, menurut laporan ini yang diterbitkan di situs web Bank Exim. Ini mendefinisikan pembiayaan perdagangan sebagai “kredit, jaminan dan asuransi yang diperlukan untuk memfasilitasi pembayaran barang dagangan atau layanan dengan syarat yang memuaskan baik eksportir dan importir”. Sementara layanan pembiayaan perdagangan di India masih memiliki cara untuk pergi sebelum mereka sepenuhnya digital, ada beberapa alat online eksportir dan importir akan menemukan berguna dalam pencarian modal mereka.

Bank Exim: Situs web Bank Ekspor-Impor (Exim) India memiliki informasi berguna tentang jenis pinjaman dan keuangan yang ditawarkan, pedoman pemerintah tentang produk pembiayaan perdagangan di bawah skema pemerintah, dan layanan dukungan yang tersedia bagi perusahaan India untuk membantu mereka berpartisipasi dalam proyek. didanai oleh Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia dan lembaga sejenis lainnya.

Bank komersial dan perusahaan keuangan non-perbankan (NBFC): Bank dan NBFC menawarkan pinjaman bisnis, jalur kredit, fasilitas diskon tagihan, dan bentuk lain dari pembiayaan perdagangan. Kunjungi situs web mereka untuk informasi rinci tentang produk keuangan yang ditawarkan serta syarat dan tarif.

Lainnya: Ada sumber non-tradisional yang dapat Anda manfaatkan untuk pembiayaan perdagangan. Sebagian besar perusahaan pelayaran utama menyediakan pinjaman jangka pendek, informasi tentang yang dapat ditemukan di situs web mereka. Lalu ada penyedia layanan logistik online. Cogoport, misalnya, menawarkan kredit hingga 120 hari untuk biaya logistik di bawah layanan Bayar Nanti. Bagian terbaiknya – prosesnya sepenuhnya online. Terakhir, jangan lupakan platform B2B utama, seperti Alibaba, yang menawarkan pembiayaan perdagangan.

4. Bagaimana saya mempersiapkan dan mengajukan dokumentasi perdagangan?

Dokumen adalah kejahatan yang diperlukan dalam perdagangan global. Tidak ada cara untuk melewati pengarsipan dokumen pengiriman, mengajukan lisensi dan sertifikat, atau berkomunikasi dengan klien. Untungnya, ada lebih dari beberapa alat digital yang dapat membantu memudahkan proses tersebut.

ICEGATE: Gerbang pertukaran data elektronik (EDI) Bea Cukai India, ICEGATE adalah satu-satunya situs web dalam daftar ini yang penggunaannya wajib bagi importir, eksportir, atau agen bea cukai. Ini menyediakan layanan online sehubungan dengan izin pabean kargo impor dan ekspor, yang mencakup memfasilitasi dokumentasi perdagangan dan pertukaran informasi waktu nyata online antara mitra dagang (pedagang, penyedia layanan transportasi, bank, badan pengatur, dll). Dokumen yang diajukan pada ICEGATE meliputi:

DocuSign: Berada dalam bisnis ekspor-impor berarti berurusan dengan ratusan dokumen, yang sebagian besar mungkin memerlukan tanda tangan Anda. Dengan DocuSign, Anda dapat menandatangani banyak dokumen secara virtual dari perangkat atau aplikasi apa pun (Google Drive, Dropbox, Safari). DocuSign adalah salah satu merek tanda tangan elektronik paling tepercaya di dunia.

Grammarly: Komunikasi yang jelas dan akurat membuat perbedaan dunia dalam bisnis apa pun. Baik Anda menulis email ke klien, mengirim pesan kepada pelanggan melalui media sosial, atau menyiapkan beranda, penting untuk memperhatikan bahasa, tata bahasa, ejaan, dan gaya. Grammarly adalah asisten menulis online yang mendeteksi kesalahan ejaan, tata bahasa, tanda baca, pilihan kata, dan gaya. Sumber daya digital ekspor-impor. 

Menggunakan alat online ini menjadi lebih masuk akal sekarang dengan pandemi Covid-19 telah sangat membatasi mobilitas kita dan mengubah cara kita berbisnis. Solusi digital ini tidak hanya akan membuat proses ekspor-impor lebih mudah bagi Anda, tetapi bahkan membantu Anda meningkatkan bisnis Anda di masa-masa sulit ini.

Sumber daya digital ekspor-impor. Nah itu dia Sobat ACE, penjelasan seputar sumber daya digital yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ekspor impor. Apabila Sobat ACE ingin membaca artikel lebih lanjut mengenai bisnis ekspor impor, digital marketing, entrepreunership, copywritingbrand awareness, reseller, dan masih banyak lagi seputar dunia pemasaran atau bisnis, maka Sobat ACE dapat mengunjungi situs ACE Commerce Community. Sobat ACE juga dapat mengunjungi Online Course ACE Commerce Indonesia untuk mendapatkan banyak ilmu terkait dunia marketing ataupun bisnis yang dapat dikembangkan. Sumber daya digital ekspor-impor.

Sumber daya digital ekspor-impor

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!