Suka buat acara? Buat bisnis EO (Event Organizer) yuk!

Usaha di bidang hiburan dan penyelenggaraan acara menjadi popular khususnya di kalangan anak muda dan para millennial. Bisnis kreatif yang satu ini biasanya digunakan pada acara musik, seminar hingga pernikahan loh. Yak, bisnis ini adalah bisnis EO atau Event Organizer.

Event Organizer

Keberadaan event organizer bertujuan untuk membantu klien yang ingin mengadakan acara namun tidak memiliki waktu serta sumber daya yang memadai sehingga menggunakan jasa EO adalah jawabanya. Para crew dari event organizer ini sendiri juga sudah memiliki pengalaman di berbagai acara jadi akan mudah untuk memenuhi kebutuhan klien.

Bisnis ini kian menjadi perhatian banyak orang karena menilai bahwa bisnis ini memiliki peluang yang cukup menjajikan karena saat ini banyak perusahaan yang tidak ingin ribet mengurusi acara mulai dari konsep, pengisi acara, rundown hingga design saat hari H.

Tips memulai bisnis EO

Sebelum kamu memulai bisnis EO, simak yuk beberapa tips dari ACE Commerce:

Kumpulkan Pengalaman

Dalam bisnis ini, pengalaman sangatlah utama. Kamu harus memiliki banyak dan berbagai pengalaman dulu dalam membuat sebuah acara. Mulai dari acara kecil hingga besar, mulai dari acara music hingga seminar resmi. Dengan itu kamu sudah mengetahui bagaimana membuat konsep acara sebelum hari H sampai hari H hingga setelah acara selesai. Pengalaman kamu akan membawa kamu pada kepercayaan dan loyalitas klien. Meskipun kamu mungkin pernah memiliki pengalaman buruk/gagal, jangan menyerah sampai disitu ya! Justru dari kegagalan kamu bisa belajar banyak hal.

Pahami Kebutuhkan Klien

Jika kamu ingin menarik dan mempertahankan klien, kamu harus benar-benar memahami kebutuhan serta tantangan yang dihadapi klien itu. Setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda. Bahkan perusahaan yang sama memiliki kebutuhan yang beberda dari waktu ke waktu. Jika klien ingin melibatkan sponsor atau media kamu harus menciptakan suasa yang lebih mengesankan dan mencerminkan mereka dengan baik.

Membangun relasi yang baik dengan klien juga sangatlah penting. Kamu bisa memanfaatkan network dan jaringan relasi yang kamu punya. Oleh karena itu penting untuk membangun reputasi yang baik tentang kamu dan usaha kamu agar klien puas dengan pelayanan yang kamu berikan dan mereka bisa memberi tahu relasi mereka yang lainnya tenteng bisnis EO kamu dan menjadi peluang baru.

Membangun Tim yang Solid

Memiliki anggota tim yang kompak serta memiliki satu tujuan untuk memajukan usaha kamu. Pembagian tugas yang terperinci dan detail akan mempermudah dalam pemberian program report dalam mempersiapkan acara dan melakukan koordinasi saat acara berlangsung. Membangun tim kerja efektif dan solid akan membuat usaha EO kalian semakin maju dan berkembang.

Menghitung Anggaran dan Cost dengan Tepat

Bisnis EO merupakan salah satu bisnis yang dalam mengerjaannya berhubungan dengan keuagan dan berbagai perhitungan perihal anggaran. Ketika kamu memutuskan untuk membuat sebuah acara tentunya akan ada pengeluaran dan pemasukan yang harus seimbang agar tidak terjadi kekeliruan.

Untuk memudahkan perhitungan anggaran ini dengan menggunakan aplikasi seperti software akuntansi. Dengan itu pertanggungjawaban kamu dengan klien melalui report juga valid dan akurat.

Melakukan Evaluasi

Jika konsep sudah selesai disusun oleh team kamu, kamu wajib melakukan evaluasi konserpnya untuk mencari tahu apa saja yang perlu di tambah atau direvisi untuk kesuksesan acara. Proses evaluasi ini juga harus dilaksakan setelah acara berlangsung, menilai apa saja yag kurang dan masih harus diperbaiki sehingga bisa menjadi perbaikan untuk membuat acara selanjutnya

Semoga 5 tips diatas dapat membantu kamu dalam membangun usaha EO ya!  

Semoga edukasi di atas dapat bermanfaat untuk bisnis Sobat ACE ya! Jika Sobat ACE ada pertanyaan mengenai bisnis, Sobat ACE dapat meninggalkan komentar di bawah ini. Untuk belajar lebih lanjut, Sobat ACE bisa mendaftarkan diri di website ACE Commerce dan juga bisa join online course di website dimana Sobat ACE bisa mendapatkan berbagai pengetahuan baru mengenai bisnis.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!