Solusi E-Commerce Untuk Target Market Millenials Demi Tingkatkan Penjualan

Milenial disebut-sebut memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. Benar atau tidak, generasi milenial diibaratkan sebagai generasi yang segala sesuatunya ingin instan untuk dicapai dan cenderung konsumtif. That being said, di era saat ini milenial masih tergolong di usia muda dan produktif dengan range umur sekitar 20 sampai 35 tahun memiliki berbagai kebutuhan yang bervariasi sehingga sangat cocok dan potensial sebagai target market para ecommerce.

What should you do next? Perlu diingat bahwa strategi marketing untuk mendekati para millenials sangatlah penting untuk menyukseskan rencana ecommerce kamu. Susun strategi jitu untuk bisa bagaimana produk atau pelayanan yang kamu berikan dari ecommerce kamu mampu menarik minat para millenials. Hal yang lumrah pula, millenials sangat identik dengan sosial media, itu bisa menjadi salah satu cara kamu untuk promosi. Namun, kira-kira apa lagi strategi yang bisa kamu gunakan?

MENGAPA HARUS GENERASI MILENIAL SEBAGAI TARGET MARKET?

Generasi milenial, menurut Lexington Law merupakan generasi yang dimana mereka akan merespon jenis atau bentuk advertisements dan marketing yang relevan menurut mereka. Seperti apakah itu? Misalnya, bisa dikatakan mereka akan loyal dengan brand yang notabene memiliki nilai sosial dan dampak terhadap lingkungan dalam produk brand tersebut. Pertama, yuk lihat beberapa fakta terkait milenial:

1. Populasi Generasi Milenial sekitar  di Indonesia 

FYI, di awal tahun 2019 menurut data dari Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) jumlah populasi generasi milenial mencapai 90 juta jiwa loh! Angka tersebut tentunya menunjukkan betapa besarnya potensi market yang mana targetnya yaitu generasi milenial. Jumlah populasi milenial ⅓ dari total keseluruhan jumlah populasi Indonesia yang mencapai 270 juta jiwa. 

2. Purchasing Power Generasi Milenial

Kemudian bagaimana dengan purchasing power-nya generasi milenial? Purchasing power diibaratkan sebagai seberapa besar jumlah pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan. Secara keseluruhan, generasi milenial menurut survey yang dilakukan oleh GoBankingRates, memaparkan bahwa mereka jauh lebih boros dalam hal pengeluaran dibandingkan dengan generasi lainnya. Hal tersebut memang bukan tanpa alasan, mengingat lifestyle dari generasi milenial yang sering konsumtif seperti membeli kopi yang beberapa diantaranya hanya karena mengikuti tren, membeli berbagai jenis pakaian dan aksessoris sesuai dengan kesukaan masing-masing, penggunaan transportasi online dan lain-lain. Dibalik itu semua, diyakini sampai saat ini pun generasi milenial sebagian besar dari mereka melakukan online purchases yang tentunya melibatkan banyak Ecommerce.

CARA PROMOSI ATAU IKLAN KE GENERASI MILENIAL

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya, promosi dan iklan seperti apa yang dapat menarik minat generasi milenial? Para milenial cenderung akan bosan dengan periklanan yang sifatnya tradisional dan terkesan kaku. Mereka akan sangat curious dengan jenis promosi atau iklan yang outside the box namun dapat diterima. Saat ini sedang booming digital marketing yang meliputi periklanan seperti instagram ads, facebook ads dan yelp reviews untuk membantu mereka sebelum membeli sebuah produk. Berikut kiat-kiat yang bisa kamu lakukan:

1. Pendekatan yang Personal melalui Advertisements

Fakta dari Lexington Law, bahwa Milenial sangat menyukai jenis periklanan yang menurut mereka relevan, terkendali dan cocok dengan target market dari produk tersebut. Kemudian sekitar 83% dari konten online bisa mempengaruhi keputusan para milenial dalam membeli produk.

Source: Kabarbisnis.com
2. Memperkaya Konten Website Online

Generasi milenial cenderung tidak peduli dengan iklan pop-up dan lebih prefer kepada CTA (Call To Action) yang lebih relevan.

3. Pentingnya Brand Messages

Milenial menyukai cara promosi yang se-akan akan para brand dapat memberikan pesan yang authentic kepada mereka. Pesan tersebut dapat melalui konten yang variatif, menarik dan inovatif.

TIPS-TIPS & SIMPLE THINGS MARKETING KE MILENIAL

1. Pentingnya User-Generated Content

Tingkatkan reputasi brand kamu dengan melakukan engagement yang unik dengan customers. Seperti dengan melakukan repost postingan customers yang menggunakan salah satu produk kamu dan memanfaatkan tagging dan hashtag. Dengan begitu, para pengguna produk kamu bisa menciptakan sebuah komunitas yang nge-fans dengan produk kamu dan mampu menyebarkan brand awareness

2. Lakukan Lintas Kolaborasi dengan para Influencers atau Brand lain

Tentunya jika memungkinkan, dengan kerjasama bersama influencers atau menjalin kolaborasi dengan brand lain untuk membentuk suatu produk yang terkesan masterpiece dan limited edition, tips ini bisa menjadi solusi jitu. Influencers dapat meningkatkan brand awareness dari produk kamu, bisa melewati sosial media dan akan berdampak terhadap penjualan kamu di marketplace. 

3. Aktivasi Content Marketing secara Intens

Disini, tantangan sebenarnya ialah jangan menjadikan sosial media kamu sebagai content marketingnya bisnis, namun bagaimana membuatnya sebagai friend’s content di feeds target market kamu. Maksudnya ialah dengan membuat platform media sosial yang menyenangkan dan melalui pendekatan yang minimalis. Kemudian kamu akan menyadari betapa pentingnya content creator, kualitas editing dan caption yang digunakan.

Source: Tech In Asia Indonesia
4. Convenient untuk Smart Phone

Buatlah website kamu semudah munking ketika mengakses dan se-estetik mungkin untuk memuaskan pengunjung website kamu. Penambahan chat support juga bisa membantu calon customers yang penasaran dengan produk kamu. Dan warnai aplikasi atau website kamu dengan konten-konten yang menarik dan berbagai testimoni untuk bisa meyakinkan mereka.

Gimana sobat? Artikel bahas Solusi E-Commerce Untuk Target Market Millenials Demi Tingkatkan Penjualan diatas bisa sangat berguna buat pengembangan bisnis kamu bukan? Jika kamu mau ngebahas lebih lanjut dengan artikel ini atau punya ide/saran baru untuk topik artikel/konten sosial media ACE Commerce, sobat bisa mengisi ke kolom komentar dibawah ini. Kunjungi sosial media komunitas ACE Commerce, karena banyak konten mengenai tips tentang entrepreneur, Cross-Border & E-Commerce terkini dan wawancara eksklusif dengan tokoh-tokoh entrepreneur sukses!

Instagram : acecommerceid & acecommerceorg
Youtube : ACE Commerce ID 

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!