Simak Cara Mengembangkan Bisnis E-Commerce Ini

simak cara mengembangkan bisnis e-commerce

Simak cara mengembangkan bisnis e-commerce ini. Sobat ACE, tahukah kamu bahwa 40% pengguna internet di seluruh dunia telah membeli produk / barang secara online dari bisnis e-commerce atau toko e-commerce?

Jumlah konsumen yang menjelajahi bisnis e-commerce dan toko e-commerce, lalu membeli secara online diperkirakan mencapai 270 juta (terutama didorong oleh perangkat seluler).
Booming situs web e-commerce sudah ada di depan kita, Sobat ACE.

Jika Sobat ACE selalu ingin menjual produk sendiri secara online dan membangun bisnis e-commerce yang sukses, maka sekaranglah saatnya mengasah strategi pemasaran tersebut.

Bagian terbaiknya adalah ada banyak alat bisnis online yang akan menangani teknologi tersebut. Jadi, Sobat ACE hanya perlu fokus membangun merek dan menjaga aspek bisnis yang sebenarnya.

Jika Sobat ACE serius ingin mengembangkan bisnis e-commerce yang sukses dari awal, artikel ini dapat membantu Sobat ACE mencapai tujuan tersebut.

Validasi Target Pasar dan Ide Produk

Produk sesuai pasar

Sekarang setelah Sobat ACE mengidentifikasi ceruk dan model bisnis yang Sobat ACE miliki, maka mungkin saja Sobat ACE tergoda untuk memulai berburu produk untuk dijual. Jangan. Sebelum memikirkan ide produk, pikirkanlah tentang persona. Kita tidak dapat mengharapkan orang untuk membeli produk kita jika kita saja tidak tahu kepada siapa menjual produk tersebut.

Siapa kita? Apa yang diwakili oleh toko yang kita miliki? Siapa pelanggan ideal kita? Sobat ACE perlu memproyeksikan citra merek yang konsisten (perjalanan yang dimulai dengan nama merek).

Persona toko harus sesuai dengan harapan pelanggan & produk yang kita jual

Setelah mengidentifikasi gambar yang ingin Sobat ACE proyeksikan dan pelanggan yang akan dilayani, sekarang saatnya untuk memunculkan ide produk. Sebelum berinvestasi dalam produk, evaluasi dengan cermat. Bahkan jika memilih model dropshipping, kita harus mengujinya dengan hati-hati dan merasakan sendiri produknya sehingga dapat mengidentifikasi potensi masalah dan menyiapkan skrip layanan pelanggan untuk menjawab pertanyaan umum.

Bagian dari memvalidasi ide adalah menentukan kelayakannya. Bisakah pemasok memenuhi harga kita? Apa yang terjadi jika pemasok kita gagal, apakah ada opsi cadangan?

Daftarkan Bisnis E-Commerce & Nama Merek 

Daftarkan bisnis
Pilih nama bisnis dan daftarkan perusahaan kita. Ada perlindungan hukum dan manfaat pajak untuk penggabungan, jadi jangan lewatkan.

Pilih nama toko
Pastikan apa pun yang Sobat ACE pilih itu sesuai dengan ceruk pasar Sobat ACE, ya!

Dapatkan lisensi bisnis
Jika Sobat ACE tidak terbiasa dengan proses ini, Small Business Association memiliki banyak sumber daya untuk membantu untuk memulai, termasuk jaringan mentor-anak didik dan kursus tentang dasar-dasar bisnis kecil. Carilah mentor secara aktif. Nasihat mereka bisa jadi sangat berharga, bahkan untuk hal-hal kecil seperti memperoleh izin usaha.

Ajukan izin usaha dan izin
Mengoperasikan toko online tidak mengecualikan kita dari kebutuhan lisensi dan izin usaha tertentu. Periksa dengan kota, kabupaten, dan negara bagian untuk mengetahui jenis izin pajak penjualan atau izin usaha rumahan yang kita butuhkan, dan dapatkan persetujuan itu sebelum kita mulai beroperasi.

Temukan vendor yang tepat
Sobat ACE akan menghadapi banyak persaingan dalam menjual produk secara online, jadi Sobat ACE harus menemukan kualitas terbaik dan harga terbaik untuk produk yang dijual atau bahan yang digunakan untuk membuat produk. Telusuri sampai Sobat ACE menemukan vendor yang ingin diajak berbisnis dalam jangka panjang.

Dapatkan visual
Pertimbangkan warna merek, citra yang akan Sobat ACE gunakan, dan jenis huruf atau font yang akan digunakan dengan hati-hati. Jika terdapat anggaran, Sobat ACE dapat menyewa perusahaan pemasaran untuk membuat ringkasan desain untuk perusahaan yang Sobat ACE miliki. Jika tidak, maka Sobat ACE bisa membuatnya sendiri. Buat tetap konsisten dan baca tips pemasaran yang dirancang untuk membantu meningkatkan merek yang Sobat ACE miliki.

Selesaikan rencana bisnis e-commerce
Sekarang seharusnya Sobat ACE sudah memiliki gagasan bagus tentang seperti apa bisnis yang akan dijalankan Sobat ACE nantinya. Pikirkan secara matang tentang target pasar, ceruk produk, dan nama merek.

Masa sekarang adalah masa yang tepat untuk mundur dan meletakkan rencana bisnis Sobat ACE di atas kertas dan menentukan anggaran awal, kebutuhan pinjaman, dan pengeluaran bulanan.
Aspek terpenting dari sebuah bisnis adalah aspek finansial. Cari tahu titik impasnya, baik dalam penjualan unit maupun durasi (dalam bulan). Bisnis nyata apa pun adalah investasi sumber daya. Peran CEO adalah mengambil sumber daya dan mengubahnya menjadi keuntungan.

Namun, kita terkadang mmelihat banyak pengusaha tidak meluangkan waktu untuk memproyeksikan pendapatan dan pengeluaran mereka. Fase perencanaan bisnis juga sangat penting saat ingin menyelesaikan detail seperti staf, sumber produk, logistik, dan anggaran pemasaran. Pastikan Sobat ACE telah memahami semua sumber keuangan yang tersedia.

Menarik Pelanggan ke Toko E-Commerce Kita

Pasarkan toko online
Situs e-commerce terbaik berinvestasi besar-besaran dalam pemasaran online. Jika tidak memiliki dana, maka Sobat ACE dapat berlangganan buletin pemasaran atau dengarkan podcast pemasaran digital untuk terus memantau industri pemasaran digital dan dapatkan tip pemasaran.

Apakah Sobat ACE akan menggunakan konten bersponsor, media sosial, iklan bayar per klik, atau kombinasi strategi? Bagaimana Sobat ACE akan memantau terkait kampanye apa yang mendorong lalu lintas ke toko Sobat ACE?
Situs bukanlah satu-satunya hal yang kita butuhkan untuk mengarahkan lalu lintas. Produk yang kita pilih juga perlu disertakan dalam anggaran pemasaran.

Misi kita sebenarnya adalah menjual produk, bukan mengarahkan lalu lintas. Untuk menjual produk, kita harus berpikir di luar situs kita dan mulai mencari area perluasan.

Langkah pertama adalah membuat daftar email. Tempatkan opt-in gratis di situs web, luncurkan kampanye media sosial untuk mendapatkan pelanggan, atau selenggarakan giveaway dengan entri ‘biaya’ adalah alamat email pelanggan Sobat ACE.

Menjalankan giveaway adalah taktik pemasaran yang cukup efektif untuk mendapatkan lalu lintas dan pelanggan dengan cepat. Hadiah memiliki manfaat tambahan untuk meningkatkan kehadiran merek dan visibilitas produk kita. Membangun daftar email memberi kita sekelompok prospek hangat untuk dikerjakan, membuat proses penjualan lebih mudah.

Memberikan kupon dan konten kepada konsumen melalui email membantu menjaga merek kita tetap di benak mereka, meningkatkan penjualan, dan membangun kredibilitas. Buat email tetap menarik, sering-seringlah meminta masukan dari pelanggan termasuk ulasan. Juga, kirimi mereka posting blog baru yang Sobat ACE miliki. Penting untuk menggabungkan konten yang bermanfaat dan tidak hanya memukul mereka dengan penawaran penjualan. Tanggapi dengan cepat masalah layanan pelanggan dan kualitas produk serta bekerja untuk membangun hubungan.

Di situs Sobat ACE, lihat bagaimana dan di mana lalu lintas mengalir. Apakah halaman produk ditargetkan ke persona Sobat ACE? Apakah Anda kehilangan calon pelanggan di tempat yang sama? Jika mengarahkan lalu lintas ke toko tetapi tidak ada yang terjual, perbaiki kebocoran di corong penjualan kita dengan mengoptimalkan setiap halaman secara cermat dan memperhatikan listingan produk dengan saksama. Gunakan Google analytics untuk membantu tugas ini. Ada alat yang dapat membantu kita memantau dan mengoptimalkan setiap langkah proses penjualan. Manfaatkan mereka.

Simak cara mengembangkan bisnis e-commerce ini. Nah itu dia Sobat ACE, beberapa gambaran tentang cara mengembangkan e-commerce di Indonesia. Sobat ACE, untuk membaca artikel tentang e-commerce lebih lanjut, jangan lupa subscribe ACE Commerce Community. Jika Sobat ACE tertarik untuk belajar seputar dunia bisnis, entrepreunership, ekspor-impor, copy writing, digital marketing, brand awareness, dan reseller, dan masih banyak lagi seputar bisnis, maka Sobat ACE dapat mengunjungi Online Course ACE Commerce Indonesia.

Simak cara mengembangkan bisnis e-commerce ini.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *