Shopee Gandeng Cristiano Ronaldo, Pentingkah Fungsi “Brand Ambassador” Bagi Sebuah Bisnis?

Dunia digitalisasi saat ini memang sangat berdampak terhadap perkembangan E-Commerce. Pasti anda pun setuju, seiring dengan berjalannya perkembangan tersebut maka inovasi-inovasi akan terus dilakukan oleh pihak-pihak yang berperan dalam E-Commerce demi mempertahankan eksistensi mereka di dalam persaingan bisnis berbasis online itu. Brand Ambassador, atau dinamakan duta merek merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh E-Commerce dalam memasarkan brand mereka dengan tujuan utamanya yaitu memaksimalkan penjualan dan meraih keuntungan berlipat bagi sebuah bisnis. 

Pada umumnya, taktik penggunaan brand ambassador biasa digunakan oleh pemilik perusahaan yang memiliki brand yang ternama hingga organisasi atau yayasan sosial. Brand ambassador dideskripsikan sebagai seorang individu yang telah diketahui memiliki kharisma dan pengaruh positif terhadap masyarakat luas sehingga dijadikan pihak yang mewakili citra dan sekaligus mengekspresikan nilai serta visi dari merek tersebut.

Berdasarkan jurnal berjudul “Rise of the Brand Ambassador: Social Stake, Corporate Social Responsibility and Influence among the Social Media Influencers” yang ditulis oleh kolaborasi antara Brian G. Smith, Megan C. Kendall, Devin Knighton, dan Temi Wright, mendeskripsikan brand ambassadors memiliki faktor pendorong seperti sebagai individu yang mewakili suatu merek dalam proses promosi dan marketing, bertanggung jawab secara sosial atas citra merek dan memberikan efek kepada perkembangan sosial media merek tersebut (Smith, Kendall, Knighton, Wright, 2018).

Source: Branding in Asia Magazine

Sebagai contoh, seperti halnya platform E-Commerce Shopee, yang baru-baru ini melakukan kerjasama eksklusif dengan pesepakbola profesional kelas dunia, Cristiano Ronaldo. Bentuk kerjasama yang dilakukan ialah dengan menjadikan Cristiano Ronaldo sebagai Brand Ambassador untuk Shopee. Kerjasama baru diantara mereka membuahkan inisiatif untuk memperkenalkan kampanye tahunan Shopee, yaitu 9.9 Super Shopping Day yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 agustus sampai 9 september 2019. 

Dengan implementasi inisiatif ini, Shopee menginginkan para pengguna platform mereka dan juga para penggemar dari CR7 itu memiliki kesempatan untuk lebih dekat dengan atlet kelas dunia tersebut melalui program inisiatif yang eksklusif dari Shopee. Promosi ini akan tersebar ke seluruh wilayah jangkauan pasar Shopee yang berada di Indonesia, Taiwan, Singapura dan Thailand. Inisiatif tersebut juga akan memberikan penawaran menarik bagi para pengguna platform mereka seperti cashback dan discounts

Dengan fakta diatas, tentunya terdapat kompleksitas penjelasan tentang bagaimana efektivitas seorang brand ambassador bagi sebuah bisnis sehingga mewujudkan fungsinya. Lebih lanjut, apakah kebijakan yang diambil oleh pelaku bisnis tersebut akan mempengaruhi pendapatan dan keuntungan yang didapat? 

Source: HR Daily Advisor

Meningkatkan Popularitas Brand

Perlu diketahui bahwa faktor popularitas sangatlah penting dan memiliki urgensi yang tinggi bagi sebuah brand. Hal ini karena pengetahuan masyarakat akan merek akan mempengaruhi bagaimana pemikiran masyarakat terhadap brand anda. Anda pun harus mengarahkan bagaimana pengaruh tersebut harus bernilai positif bagi bisnis anda. Pemilihan Cristiano Ronaldo sebagai brand ambassador Shopee, tentunya ada alasan kuat dibalik kerjasama tersebut, seperti CR7 yang memiliki nilai jual yang tinggi dan punya popularitas yang baik bahkan diluar aktivitasnya sebagai pesepakbola. Dengan pemilihan brand ambassador yang tepat, maka citra brand akan positif di luar sana sekaligus sesuai dengan visi dan nilai yang ditonjolkan oleh sebuah brand.

Target Market semakin luas

Peran seorang brand ambassador akan meningkatkan posibilitas perluasan target market sebuah bisnis. Pengaruh positif dapat ditimbulkan oleh brand ambassador seperti perubahan mindset dan kesan para penggemar atau pengikut yang dimiliki oleh brand ambassador tersebut. Perubahan yang dimaksud lebih kearah meningkatkan rasa penasaran mereka akan brand anda dan mencoba mencari tahu sampai tertarik untuk menggunakan atau membeli apa yang ditawarkan oleh bisnis anda. Hal tersebut tentunya dapat memperluas target market anda, tanpa melihat kalangan atau segment yang menjadi bahan pertimbangan fokus brand anda sebelumnya.

Source: Fabrik Brands

Peningkatan Revenue Bisnis

Efektivitas brand ambassador dalam marketing sebuah bisnis tentunya akan berimplikasi terhadap peningkatan perolehan pendapatan dan keuntungan yang dihasilkan. Aspek perluasan target market dan popularitas brand itu sendiri dinilai sebagai wujud nyata dari efektivitas tersebut. Sehingga memang benar bahwa brand ambassador dapat diperhitungkan urgensinya, terlebih lagi jika sebuah bisnis memiliki banyak kompetitor yang bermain di dalam jenis bisnis tersebut. Anda perlu menyadari bahwa bisnis anda harus selangkah lebih maju dibanding kompetitor anda, sehingga bisnis anda akan tetap bertahan didalam persaingan bisnis. Brand ambassador dapat dijadikan cara sekaligus inovasi terbarukan bagi sebuah bisnis yang mulai berkembang.

Fenomena persaingan dalam bisnis merupakan hal yang lumrah, didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan pola pikir masyarakat yang semakin kompleks. Anda harus sadar bahwa sebuah bisnis harus mengeluarkan upaya dan inovasi yang dapat mempertahankan bisnis tersebut. Pengaruh terhadap masyarakat akan brand anda yang dilakukan oleh seorang brand ambassador adalah bukti nyata akan upaya tersebut demi memperoleh keuntungan secara finansial maupun stigma positif di masyarakat. 

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!