Inspiratif! Merintis Usaha Dari 0 Hingga Miliki 25 Cabang

Story Tea

Pernah dengar “Story Tea”? Kedai minuman yang memiliki 25 cabang di Indonesia ini adalah usaha yang dibangun oleh sepasang kekasih, Riyan Hidayatullah dan Astika Dian Sari. Kedua sejoli ini memang terkenal memiliki gaya pacaran yang berbeda dibanding dengan remaja lain seusia mereka. Masa-masa pacaran mereka lewati dengan membangun ide-ide menarik dan mencoba membuka usaha bersama. Beberapa pilihan bisnis mereka coba, namu usaha nihil. Berkali-kali bisnis yang mereka bangun bangkrut. Dengan sisa modal yang ada, mereka memilih untuk merintis usaha kedai minuman yang diberi nama “Story Tea”.

Perkembangan Story Tea

Franchise

Siapa sangka pertumbuhan Story Tea kian meningkat dari waktu ke waktu. Banyak pelanggan yang memuji produk minuman itu dan beberapa dari mereka kemudian menawarkan kerjasama untuk membuka cabang di wilayah yang belum terjamah produk minuman ini. Oktober 2019, tepat berusia tiga bulan saat bisnis berjalan. Riyan dan Astika menerapkan prinsip franchise. Mereka mulai mempersiapkan proposal, paket kemitraan dan semua detail tentang bisnis franchise.

Semua mereka persiapkan dengan bermodalkan mencari informasi di internet dan bertanya kepada orang sekitar untuk mencoba bisnis franchise tersebut. Dengan aturan setiap outlet harus berjarak 5 km antar mitra atau berbeda kelurahan atau desa agar sesama mitra tidak ‘saling makan’, Riyan dan Astika kini meraup omset 3jt rupiah per hari.

Harga Terjangkau

Jika kamu kenal produk ini, Story Tea memiliki aneka varian rasa dan toping yang menagih. Pembeli tidak jenuh dengan rasa yang itu-itu saja dan mereka bisa mengkreasikannya sesuai dengan pilihan lidah mereka. Story Tea juga memiliki packaging yang unik. Pembeli dapat menuliskan nama mereka sendiri atau nama orang lain. Tidak jarang orang-orang dengan bangga meng-update foto di sosial media mereka bersama produk ini. Dan yang menjadi nilai plus dari Story Tea adalah harga yang sangat terjangkau. Bayangkan, dengan 5.000 – 10.000 rupiah kamu sudah dapat menikmati minuman menarik ini.

Dengan nominal terjangkau seperti itu, kamu pasti sudah dapat meraba-raba, kira-kira target pasar seperti apa yang ingin dijangkau dua sejoli ini. Yup, betul sekali. Target pasar mereka sangatlah luas. Dapat dikatakan hampir semua kalangan, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, anak sekolah, kuliah dan kantoran dapat membeli produk minuman ini.

 Bukan tanpa alasan pasangan ini mematok harga yang super terjangkau. Sebelum mereka merintis usaha, mereka telah melakukan riset jika banyak anak-anak dan remaja yang ingin mencoba minuman ber-bubble seperti yang ada di mall-mall, namun mereka tidak sanggup membelinya. Dari masalah inilah kemudian ide mebuat Story Tea menjadi pilihan bisnis terakhir yang ingin dicoba Riyan dan Astika. 

Asal Story Tea

Beberapa orang mungkin mengira Story Tea berasal dari kota Metropolitan. Tapi pada kenyataannya, awal berdiri kedai ini berpusat di daerah Jambi. Menginspirasi bukan? Kualitas karya anak daerah dapat bersaing dan membuka cabang hingga Ibu Kota. Dengan kesuksesan 25 cabang yang kini mulai merangkap menjadi 33 cabang, Riyan dan Astika berencana untuk melakukan ekspansi dan menetap di Jakarta. Mereka masih ingin membesarkan Story Tea menjadi produk minuman yang semakin dikenal Indonesia. Selain itu, sepasang kekasih ini juga mengembangkan usaha pemasok powder minuman dan semua usaha kebutuhan minuman untuk daerah kota Jambi yang diberi nama Indoestry Supply.

Dari kisah sepasang kekasih ini kamu dapat belajar, jika jatuh bangun akan sering terjadi ketika kamu ingin merintis usaha. Yang terpenting adalah bagaimana kamu tetap bertahan dan terus memperjuangkan apa yang kamu inginkan. Sabar dan tidak menyerah adalah kunci terbaik saat kamu mulai merasa putus asa.

Nah, itulah kisah inspirasi yang dapat ACE Commerce bagikan. Jika kamu ingin lebih banyak cerita inspiratif menarik serta tips trik bagaimana membangun bisnis yang baik, kamu dapat mengikuti instagram ACE Commerce @acecommerceid dan @acecommerceorg. Selain itu jangan lupa untuk kunjungi website resmi ACE Commerce untuk mendapatkan online course gratis dan semua informasi penting mengenai bisnis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu ya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!