SEO Penting untuk Website E-Commerce

SEO penting untuk website e-commerce. Apakah kamu tahu bahwa kualitas SEO berpengaruh besar dalam menguntungkan merek dan menambah pengalaman positif bagi pengunjung website e-commerce kita? Hal ini dapat dilihat pada fakta bahwa search engine dan kecepatan situs merupakan faktor peringkat di samping keamanan, relevansi, nilai konten, pengoptimalan seluler, dan aspek lain yang semuanya tertaut langsung ke pengalaman pengguna.

Sobat ACE, situs web e-commerce yang memiliki peringkat tinggi di mesin telusur akan memberikan pengalaman belanja yang lebih efektif dan berkualitas tinggi. SEO dan UX hampir selalu sejalan dengan tujuan memenuhi maksud pengguna agar penelusuran mereka dapat lebih cepat, mudah, dan menjadi semenarik mungkin.

Dengan maksimalisasi SEO, loyalitas dan retensi pelanggan akan meningkat karena pengunjung situs yang menemukan halaman kita mudah untuk dinavigasi, bebas dari kekacauan, cepat, aman, dan umumnya dapat memenuhi kebutuhan mereka. Tujuan utama SEO adalah memungkinkan pengguna search engine untuk menemukan situs web dengan cepat dan mudah. SEO adalah permainan panjang yang membutuhkan komitmen, kesabaran, dan banyak kerja keras. Untuk menerapkan strategi SEO yang efektif dengan pemikiran matang bukanlah tugas yang mudah. Meskipun ada berbagai modalitas pemasaran lain yang sangat berharga (media sosial, email, konten), tetapi SEO menjadi salah satu hal yang tidak dapat diabaikan ketika mengembangkan bisnis e-commerce dalam ekosistem online saat ini. Sobat ACE, kita akan membahas mengapa SEO penting untuk website e-commerce

Mengapa Situs Web E-Commerce Perlu SEO?

Tidak masalah apakah perusahaan kamu besar, kecil, ataupun startup bootstrap. SEO tetap diperlukan untuk memaksimalkan web e-commerce yang kamu miliki.

Alasan # 1: SEO Sangat Penting untuk Membantu Pelanggan Menemukan Situs E-Commerce Kita

Dalam banyak kasus, penelusuran organik akan mendapat peringkat sebagai salah satu sumber pendapatan teratas. Dalam berbagai bisnis, Google mendorong bagian terbesar dari lalu lintas penghasil laba. Perkembangan teknologi selama bertahun-tahun telah mengubah cara konsumen dalam membeli suatu produk. Penelusuran sekarang menjadi bagian integral dari proses pengambilan keputusan, dengan 89 persen konsumen menggunakan mesin telusur untuk menginformasikan keputusan pembelian mereka.

Jadi, mengabaikan SEO berarti sama saja kita mengambil risiko. Saat website kita tidak terlihat di hasil penelusuran, maka akan lebih sedikit pelanggan yang mengetahui tentang situs kita. Pada saat yang sama, pesaing akan meningkatkan penjualan dan keuntungan mereka dengan memaksimalkan SEO website e-commerce mereka.

Alasan # 2: SEO Adalah Cara Efektif Biaya untuk Menumbuhkan Bottom Line

Ketika dasar-dasar strategi penjualan dan pemasaran kita melibatkan analisis yang benar tentang situasi pasar, persaingan, dan rencana yang disesuaikan dengan sumber daya kekuatan, maka upaya kita akan lebih hemat biaya.
Ketika keuangan sedang ketat, SEO bisa menjadi penyelamat yang membuat penjualan dan keuntungan tetap mengalir.

Tidak seperti lalu lintas penelusuran yang berbayar (paid search traffic), lalu lintas dari penelusuran organik itu gratis tanpa biaya per klik, tanpa biaya per konversi, dan tanpa biaya per tayangan. Tidak heran jika SEO selalu begitu populer. Kita dapat menarik lalu lintas berkualitas dalam volume besar tanpa membayarnya secara langsung. Namun, tentu saja ada biaya untuk mempekerjakan dan mempertahankan seorang profesional SEO.

Perusahaan e-commerce yang sukses telah memprioritaskan upaya SEO dalam mengoptimalkan situs web mereka untuk Google (dan search engine lainnya). Bisa kita lihat pada situs web e-commerce lokal di Norwegia yang mampu mendominasi ceruk dengan persaingan ketat dari merek internasional terkemuka. Hebatnya, mereka melakukan ini bahkan dengan anggaran yang relatif kecil dan sumber daya yang terbatas. Bahkan beberapa dari web e-commerce tersebut melakukannya hanya dengan mengikuti praktik terbaik SEO sederhana.

Perusahaan yang sukses ini memiliki pola pikir yang unik. Pendekatan, persiapan, dan perencanaan mereka berbeda. Mereka mengintegrasikan SEO dengan strategi pemasaran secara keseluruhan kemudian mengaitkannya dengan aktivitas seperti pemasaran konten dan pemasaran media sosial, yang mana dipandu oleh konsultan SEO berpengalaman.

Mengintegrasikan SEO dengan aktivitas pemasaran lain dapat menghadirkan manfaat ganda, yakni meningkatkan keefektifan aktivitas pemasaran sekaligus meningkatkan visibilitas pencarian organik. Hal ini akan menghemat waktu dan uang kita serta menurunkan biaya per konversi. Kita akan meraih lebih banyak dengan membelanjakan lebih sedikit.

Alasan # 3: Efek SEO Tahan Lama, Menjadikannya Investasi yang Hebat

Pengoptimalan SEO memberikan hasil yang tepat sasaran, hemat biaya, terukur, serta tahan lama. SEO tidak memiliki umur simpan berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Efek jangka panjang dari program SEO yang solid sudah jelas. Tidak seperti kebanyakan bentuk pemasaran, di mana kita memulai dengan catatan bersih setiap tahun, SEO dibangun di atas dirinya sendiri untuk tumbuh lebih kuat dari waktu ke waktu.
Dalam beberapa kasus, kita bahkan dapat beristirahat atau fokus pada hal-hal lain selama beberapa minggu atau bulan dan kembali untuk menemukan SEO yang efektif untuk situs website e-commerce kita. Jika kita kekurangan anggaran, kita dapat menjeda iklan di situs kita, tetapi tetap dapat dilihat oleh audiens kita melalui hasil pencarian organik.

Saat membangun bisnis online, kita mungkin bertanya-tanya apa cara terbaik untuk menarik pelanggan baru ke situs web e-commerce kita. Apakah memilih layanan bayar per klik? Atau dengan menggabungkan SEO ke dalam kampanye pemasaran e-commerce kita? Meskipun setiap opsi memiliki keuntungannya sendiri, salah satu cara paling efektif untuk menghidupkan bisnis baru adalah dengan mengoptimalkan situs kita untuk hasil penelusuran yang lebih baik.

seo penting untuk website e-commerce

Manfaat SEO untuk Website E-Commerce Kita

SEO E-commerce Menawarkan Manfaat Jangka Panjang

Iklan adalah cara yang bagus untuk menampilkan nama perusahaan saat kita baru memulai bisnis e-commerce, tetapi hal itu juga mahal dan kompetitif untuk dipertahankan dalam jangka panjang. Pada kenyataannya, iklan klik-tayang telah terbukti memiliki rasio konversi yang lebih tinggi, tetapi angka itu 1,5 kali lipat dari hasil search engine. Daripada menggunakan semua uang untuk iklan bersponsor jangka pendek, kita harus mengambil bagian dari anggaran pemasaran tersebut untuk berinvestasi pada sesuatu yang tahan lama dengan membuat konten dinamis yang akan dilihat berulang kali.

Meskipun konten di situs e-commerce terkadang dianggap sekejap, artinya produk tersebut dapat masuk atau keluar kapan saja. Produk yang tahan lama dan kategori terlaris harus dioptimalkan untuk SEO. Ketika konten produk dan kategori kita mulai diberi peringkat untuk kata kunci organik, kita dapat menyimpannya di dekat peringkat teratas mesin pencari untuk sebagian kecil dari biaya PPC.

Mengakali Kompetisi

Studi Kampanye Media Baru menemukan bahwa hanya 11% dari dolar search engine yang dihabiskan untuk SEO, sementara 87% digunakan untuk PPC. Itu berarti bahwa pesaing kamu kemungkinan besar memfokuskan sebagian besar anggaran iklan mereka pada iklan bersponsor, sesuatu yang telah terbukti kurang menarik bagi pengguna dibandingkan klik organik.

Salah satu cara yang jelas untuk menjadi yang terdepan dalam situs website e-commerce adalah fokus di mana orang lain mengabaikan dan membiarkan situs kamu naik secara alami melalui SEO dan pembuatan konten. Meskipun kamu tidak akan mencapai posisi teratas dalam semalam, kesabaran dan dedikasi dapat membangun peringkat sampai menjadi opsi pertama yang dilihat pengguna. SEO dan e-commerce jelas merupakan permainan jangka panjang. Namun, begitu mencapai puncak, kamu akan memiliki daya tahan nyata yang tidak dapat didekati oleh pesaing lain kecuali mereka bersedia menghabiskan banyak uang untuk memasarkan iklan. Dalam kedua kasus tersebut, kamulah yang menang.

SEO penting untuk website e-commerce. Nah itu dia Sobat ACE, beberapa alasan dan manfaat terkait pentingnya SEO dalam membangun situs website e-commerce. Untuk membaca artikel tentang e-commerce lebih lanjut, jangan lupa subscribe ACE Commerce Community. Jika Sobat ACE tertarik untuk belajar seputar dunia bisnis, entrepreunership, ekspor-impor, copy writing, digital marketing, brand awareness, dan reseller, dan masih banyak lagi seputar bisnis, maka Sobat ACE dapat mengunjungi Online Course ACE Commerce Indonesia.

 

Apa Itu E-Commerce? Mari Mengenalnya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!