PENTING! Pahami 4 Trik Meningkatkan Kemampuan Persuasif untuk Menyakinkan Orang

Dunia kerja saat ini tentunya sangat berbeda jika dibandingkan dengan 10 hingga 20 tahun belakangan. Komukasi dengan pemimpin dengan rekan kerja yang dilakukan secara hirarkis tentunya tidak lagi efektif dalam dunia bisnis yang dinamis. Apalagi, situasi pandemi sekarang mengingatkan kita akan pentingnya fleksibilitas dan beradaptasi. Maka dari itu, membangun hubungan dan komunikasi yang baik terhadap sesama rekan kerja atau client menjadi penting bila kita mau penyampaian kita didengar dan meyakinkan orang lain. Hal ini menjadikan influencing skill atau kemampuan persuasif menjadi investasi diri yang signifikan.

Apa itu Kemampuan Persuasif?

Sebelumnya, perlu kamu ketahui bahwa mempersuasi berbeda artinya dengan memanipulasi. Ini bukanlah trik untuk kita membohongi, namun sebuah cara agar hal yang mau kita sampaikan kita dapat menyakinkan client, rekan kerja, atau bahkan siapapun. Skill ini juga berguna bila kita mau menyakinkan orang lain untuk melakukan suatu tindakan atau merubah sudut pandangnya. Seringkali kita gagal menyampaikan gagasan dengan maksud dan tujuan yang baik hanya karena cara penyampaian yang kurang tepat. Untuk itu, yuk pelajari beberapa trik ini untuk meningkatkan kemampuan persuasif kamu.

Trik untuk Upgrade Kemampuan Persuasif

1. Berikan first impression yang terbaik

Menurut Dorie Clark, riset menujukkan bahwa seseorang akan menjadi lebih persuasif ketika dirinya disukai. Apa maksudnya?

Bukan hal yang mengejutkan jika first impression does matter. Ketika seseorang bertemu dengan kamu, secara tidak sadar mereka akan mengklasifikasikan dirimu dalam ketegori “us vs them”. Agar mereka merasa kamu adalah bagian dari mereka, hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk memberikan first impression yang baik adalah mengidentikasi hal serupa yang kalian miliki. Misalnya, kalian pernah kuliah di kampus yang sama, dari kota yang sama, ataupun punya hobby yang sama. Ada baiknya juga bila kalian melakukan sedikit research sebelum bertemu yang orang tersebut agar kalian lebih siap untuk berkomunikasi dengan baik. Hal ini berlaku dimana saja termasuk dalam interview kerja ataupun client meeting. Sebelum kamu melakukan interview kerja, tentu kamu melakukan research mengenai company background, value, dan misi perusahaan tersebut. Sama halnya dengan client, kamu pun harus tahu kebutuhan mereka untuk dapat memberikan produk atau service yang terbaik.

Bagaimana bila kamu tidak menemukan kesamaan dengan lawan bicaramu? Jangan menyerah, kamu bisa coba menggali informasi dengan bertanya dan secara tulus ingin mengenalnya. Intinya, pastikan lawan bicaramu menyukaimu dan nyaman berkomunikasi denganmu.

2. Kembangkan kredibilitasmu

Step kedua yang perlu kita miliki untuk dapat menyakikan orang adalah kredibilitas. Contohnya saja, bila kamu membutuhkan rekomendasi obat sakit kepala, apakah kamu akan bertanya kepada dokter atau fashion designer? Tentu dokter. Hal ini dikarenakan kita yakin bahwa seorang dokter memiliki pengetahuan yang baik dalam bidang kesehatan. Sama halnya dengan kita, bila kamu seorang akuntan yang ingin mempromosikan diri terhadap calon client, kamu dapat mengembangkan kredibilitas kamu dengan cara mendapatkan CPA. Alternatif lain adalah dengan melakukan personal branding di social media untuk menunujukkan bahwa kamu merupakan expert dalam bidang tersebut. Contohnya, saat ini sedang ramai banyak influencer saham di social media dimana mereka memberi edukasi mengenai pasar saham. Bila seseorang tahu bahwa kamu merupakan seseorang yang kredibel, mereka akan lebih mempercayai dan yakin dengan apa yang kamu sampaikan.

3. Kenali tujuan persuasimu untuk menargetkan orang yang tepat

Tentunya, kamu harus tahu motivasi dan tujuan kamu dalam mempersuasi orang. Misalnya, bila kamu seorang social media marketer yang ingin mempromosikan jasamu kepada suatu perusahaan, kamu perlu cari tahu siapa yang akan mengambil keputusan. Dengan mengidentifikasi hal tersebut, usaha kamu lakukan akan lebih tepat sasaran. Kamu juga bisa dengan proaktif menyempatkan waktu berbicara dengan santai ataupun coffee talk dengan si decision maker supaya mereka lebih nyaman berkomunikasi denganmu kedepannya.

Hal lain yang dapat kamu lakukan dalam mempersuasi adalah memudahkan lawan bicaramu untuk say yes. Bagaimana caranya? Dalam kasus seorang social media marketer, kamu dapat menujukkan problem yang dihadapi perusahaan tersebut sebelum mereka menggunakan jasa kamu sekaligus menunjukkan solusi apa saja yang telah kamu siapkan. Dengan memperlihatkan poin-poin tersebut, mereka akan lebih yakin dan percaya bahwa kamu adalah orang yang mereka perlukan.

4. Meminjam Keahlian orang lain

Bila kamu adalah seorang professional yang ingin mengajukan ide ekspansi bisnis kepada atasan kamu, kamu bisa saja meminjam keahlian orang lain agar lebih menyakinkan. Apa maksudnya? Meminjam kemahiran orang lain artinya kita melakukan research mengenai fakta, teori, dan data dari sumber-sumber terpercaya. Dengan mengumpukan data tersebut, alasan yang kamu sampaikan untuk melakukan ekspansi bisnis akan menjadi lebih berdasar dan tidak asal. Tentunya kamu pun harus melakukan analisis cost-benefit serta menerangkan resiko-resiko apa saja yang dapat terjadi sesuai dengan research yang telah kamu lakukan. Lawan bicaramu pastinya akan lebih yakin oleh karena gagasan yang kamu berikan datang dari analisis mendalam. Hal ini pun akhirnya memudahkan kamu dalam melakukan persuasi.

Nah, berikut adalah 4 trik yang dapat kamu lakukan untuk meningkan kemampuan persuasif. Dengan memberikan first impression yang baik, menunjukkan kredibilitas, mengenali lawan bicara, serta meminjam ekspretis orang lain, kamu akan lebih mudah untuk menyakikan lawan bicara tentang ide-ide yang ingin kamu sampaikan. Semoga berguna buat kamu yang ingin terus upgrade diri ya!

Jika Sobat ACE ada pertanyaan, boleh tuliskan comment di bawah ini. Jangan lupa juga untuk subscribe ACE Commerce Community untuk konten seputar entrepreneurship dan upgrade diri lain nya. Untuk kalian yang mau belajar lebih dalam, bisa cek juga Online Course kita website ini.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *