Pengelolaan Finansial dan Akuntansi Bisnis Kamu Belum Efektif? Ini 5 Penyebabnya!

Hai Sobat ACE Commerce Community!~~

Balik lagi di weekly article blog Komunitas Entrepreneur ACE Commerce yang kali ini berbicara tentang finansial dan akuntansi bagi bisnis. Pasti kamu sudah punya kesepahaman ya bahwa peran pengelolaan finansial dan akuntansi bisnis kamu sangatlah penting karena dapat mempermudah kamu melakukan kontrol kondisi keuangan hingga alokasinya, dan membantu kelancaran proses operasional bisnis kamu. 

Finansial dan akuntansi bagi sebuah bisnis tentunya berfokus kepada pencatatan keuangan seperti biaya operasional, biaya permodalan barang, alokasi gaji hingga alur kas bisnis. Manajemen finansial bisnis sangat penting nih sobat, karena berguna untuk kamu melakukan perencanaan keuangan, mengetahui jumlah utang, perhitungan untuk dana tak terduga (cadangan) dan untuk menghindari kesalahan dalam penggunaan dana bisnis. Buat kamu yang melakukan akuntansi bisnis, perlu diperhatikan juga nih sobat! Akuntansi bisa dibedakan dari aspek internal dan eksternal. Perincian akuntansi yang fokusnya internal berfungsi untuk melakukan manajemen berdasarkan analisa dari riwayat catatan arus data keuangan untuk melihat prospek bisnis kamu kedepannya. Perincian akuntansi yang fokusnya eksternal berfungsi untuk menentukan nilai keseluruhan berdasarkan pencatatan keuangan dari masa lalu yang nantinya bisa dipertanggungjawabkan kepada pihak eksternal bisnis kamu.

Pengelolaan Finansial dan akuntansi sangat krusial bagi sebuah bisnis
Source: Stock Clips

Nah sobat! faktor-faktor yang menyebabkan kenapa bisnis kamu belum berkembang itu bisa jadi karena pengelolaan keuangan bisnis dari sisi finansial dan akuntansi yang belum efektif loh! Mau tahu apa saja beberapa penyebabnya? Mari kita breakdown satu satu ya sobat!

1. Mengabaikan Persentase Alokasi Anggaran Untuk Operasional Bisnis 

Penentuan pembagian dana itu sangat krusial bagi bisnis terutama untuk berjalannya operasional. Biasanya pembagian persentase itu dibuat sesuai dengan kondisi keuangan sebuah bisnis. Jika pembagian alokasi dananya yang sebenarnya tidak sama dengan jumlah persentase yang telah ditentukan maka bisnis kamu bisa rugi sobat, jadi berhati-hatilah! Terlebih jika kamu memiliki banyak kerjasama dengan pihak eksternal, kamu harus memperhatikan seberapa besar jumlah dana yang beredar dalam kerjasama tersebut.

Budget Allocation yang tepat merupakan tujuan dari akuntansi bisnis
Source: Armani Media Agency

2. Perputaran Uang Kas Yang Macet 

Ini juga menjadi faktor penting nih sobat, yaitu uang kas bisnis. Bisnis yang sehat ialah bisnis yang memiliki persediaan uang kas yang terkontrol dan juga terdapat cadangan kasnya. Uang kas bisa dikatakan sebagai nyawa penggerak bisnis kamu, karena uang kas lah yang membayar beban usaha bisnis seperti gaji, tagihan untuk operasional kantor hingga biaya logistik dengan supplier. Itu akan sangat mempengaruhi proses kegiatan akuntansi bisnis kamu loh! Kamu harus mampu untuk selalu mempertahankan konsistensi kamu dalam menggunakan dana kas yang ada dengan sebaik-baiknya, dengan begitu kamu bisa mengurangi potensi bisnis kamu tersendat.

3. Memiliki Partner Bisnis Seperti Supplier / Vendor Yang Tidak Menghadirkan Win-Win Solution 

Sebagai pebisnis, kamu harus bisa menemukan partner bisnis yang dapat memberikan keuntungan bisa dari pemanfaatan waktu yang efektif yang bisa berdampak kepada keuntungan secara finansial. Namun apabila kebalikkannya, jika partner bisnis kamu tidak menjalankan fungsinya sesuai dengan kerjasama yang telah disepakati akan berimbas negatif kepada bisnis kamu terutama dari sisi finansial. Jadi intinya sobat, kenali, identifikasi dan analisa dulu sebelum kerjasama dengan calon partner bisnis kamu ya!

Partner Bisnis kamu harus bisa menghadirkan Win-Win Solution untuk kedua belah pihak
Source: The Financial Gazette

4. Pembayaran Tagihan Operasional Bisnis Yang Telat

Jika hal ini terjadi maka akan sangat mengganggu persediaan uang kas bisnis kamu tentunya. Karena kamu pada akhirnya akan menambahkan beban lebih untuk periode setelah pembayaran tagihan yang semestinya dibayarkan secara tepat waktu. Pengeluaran kas yang terlalu berlebih ke tagihan bisnis kamu bisa jadi akan menghambat kegiatan operasional bisnis lainnya seperti tunggakan gaji karyawan. Jadi sobat, kamu harus bisa memperhitungkan secara matang-matang bahkan sampai dipersiapkan worst case scenario-nya terhadap keuangan bisnis kamu.

5. Utang Bisnis Yang Menumpuk 

Kamu bisa memiliki utang bisnis dan hal tersebut masih sering dijumpai dan menjadi jalan keluar bagi pebisnis yang kesulitan dalam mendanai bisnisnya. Namun perlu diingatkan kembali ya sobat, utang bisnis yang tidak terkontrol bisa menjadi bumerang yang menyakitkan untuk bisnis kamu dan bisa menyebabkan kebangkrutan, menyedihkan bukan? Nah untuk menghindari itu, kamu harus sebisa mungkin membayar utang bisnis kamu dengan tepat waktu, atau jika dibayarkan secara berkala, kamu bisa memperhitungkan penyisihan dari uang kas untuk membayar utang bisnis kamu ya sobat!

Gimana sobat, aspek-aspek diatas semuanya penting ya untuk dihindari untuk bisnis kamu? Nah, sekarang ada kesempatan EMAS yang bagus untuk kamu menggali lebih dalam lagi tentang cara mengembangkan bisnis dengan pengelolaan finansial dan akuntansi yang baik. ACE Commerce Community akan mengadakan event talkshow bersama CEO Mekari dengan tema “How To Scale Your Business With Great Finance and Accounting”. Untuk info pendaftaran dan pembelian tiket, Tetep stay tune di IG ACE Commerce ya sobat! See you on ACE Commerce Community Event!

Instagram : @acecommerceid
https://www.instagram.com/acecommerceid/
Youtube : ACE Commerce ID https://www.youtube.com/channel/UCSRIGwXSNwy5Mq9ahmhVwbQ

*Stay Tune di IG ACE Commerce Community

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!