New Normal Dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis

Setelah self quarantine, social distancing dan stay at home. Saatnya kita siap-siap menghadapi Era New Normal. Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai New Normal dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis. Tapi sebelum itu, apa kamu paham mengenai apa yang dimaksud dengan New Normal ini sendiri?

Apa itu New Normal

Yap, secara sederhana New Normal adalah cara hidup baru di tengah pandemi virus Corona yang angka kesembuhannya semakin meningkat. Sejak beberapa bulan terakhir, kegiatan dilakukan secara online. Namun, kini sudah mulai dapat menjalankan aktivitas secara normal dengan berpergian ke beberapa tempat. Hanya saja, kamu harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Protokol kesehatan seperti menjaga kebersihan tangan, pakai masker, memperhatikan etika batuk bersin, menjaga jarak dan menjaga kesehatan tentunya. Hal ini guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Dikutip dari Economy Institute for Development of Economics and Finance Bhima Yudhistira mengatakan, “Konsumen yang berbelanja secara fisik berkurang, berubah menjadi porsi digital yang lebih besar,” Pernyataan ini dapat membuat kita berpikir, nampaknya New Normal paska pandemi virus corona memang akan membuat bisnis menjadi berbeda. Kecenderungan perubahan konsep dalam dunia bisnis bisa terjadi lantaran terjadinya penerapan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Secara sadar atau tidak perubahan perilaku pada manusia, kecenderungan, preferensi konsumen dalam memilih produk juga diramalkan akan berubah.

Di samping itu, saat ini Indonesia juga mengalami peningkatan jumlah orang miskin. Dikutip dari katadata berita, jumlah penduduk di bawah garis kemiskinan diperkirakan menjadi 30,8 juta orang atau 11,7 % dari total penduduk Indonesia pasca pandemi Covid-19. Menyusul melonjaknya angka pengangguran akibat PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) yang dilakukan oleh banyak perusahaan. Kondisi sulit ini tentunya berpengaruh pada berbagai sektor bisnis karena daya beli masyarakat yang kian menurun.

Bisnis di Era New Normal

Jika kamu salah satu pebisnis yang tengah bersiap menghadapi penyambutan Era New Normal, lima hal ini harus kamu perhatikan dalam menjalankan Bisnis kamu :

  • Tetap Perhatikan Protokol Kesehatan Dalam Usaha

Jika kamu berpergian ke tempat umum seperti pusat perbelanjaan, transportasi umum dan semua tempat-tempat ramai yang dikunjungi kamu pasti akan bertemu dengan protokol kesehatan. Protokol kesehatan sangatlah penting untuk kamu lakukan dalam bisnismu secara langsung. Jika dalam tiga minggu berturut-turut perusahaan atau industri tidak melaporkan ke kementerian perindustrian, sanksi tegas berupa pencabutan izin usaha kamu akan diterapkan. Jadi, jangan lupa untuk perhatikan protokol kesehetan dalam bisnis kamu, ya!

  • Mengatasi Manajemen Krisis

Apakah bisnis kamu memiliki tim khusus menangani manajemen krisis? Pusat komando krisis untuk mengelola tantangan logistik dan strategis dan memberikan informasi terkini untuk seluruh pimpinan eksekutif perusahaan dan karyawan harus tahu melakukan apa. Kerugian selama Pandemi Covid-19 dapat meliputi tigas jenis, yaitu kenyamanan umum yang terganggu, kerugian finansial dan kerugian reputasi. Para manajemen harus bertindak langsung untuk merespon krisis terkait. Kamu sebagai pemilik dapat memantau, membantu dan mendampingi proses pengembangan pesan atau informasi yang akan dikirim pada instansi-instansi terkait.

  • Perubahan Wajib Pajak

Tahukah kamu pemerintah mengubah peraturan pemungutan wajib pajak? Melalui Menteri Keuangan, pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 23 Tahun 2020 (PMK 23 Tahun 2020) tentang Insentif Pajak untuk Wajib Pajak Terdampak Wabah Virus Covid-19. Pemberian Insentif ini sebagai respon dari pemerintah atas menurunnya produktivitas para pelaku usaha. Ketika kamu ingin mengembangkan strategi bisnis kamu dan menghidupkan kembali operasi bisnis pada masa New Normal, kamu dapat menggunakan stimulus pemerintah dan opsi utang ekuitas lainnya. Cermatlah dalam melihat peluang yang memanfaatkan bisnis kamu, ya!

  • Perkuat Transformasi Digital

Jangan karena New Normal telah membuat orang-orang melakukan aktivitas seperti sedia kala, bisnis kamu mulai timpang dalam pemasaran dan fokus terpecah bela. Kamu tidak lagi memperhatikan pemasaran secara online. Banyaknya persaingan market place yang sama dengan bisnis kamu, bahkan dengan harga yang lebih menggiurkan tentu membuat kamu harus lebih gencar dalam pemasaran digital. Kamu harus tetap lakukan transformasi bisnis dan ide-ide kreatif pemasaran digital seperti promo cashback, diskon dan aktifitas promosi lainnya. Jadi, selain secara langsung jangan lupa untuk tetap memperhatikan promosi online kamu, ya!

  • Strategi Pemasaran dan Merek

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan adalah melindungi pertumbuhan dan profitabilitas usaha kamu dengan pahami pasar saat dan pelajari tren yang terjadi saat era new normal. Banyak sekali perusahaan yang akan berlomba dalam memasarkan bisnis mengikuti tren yang terjadi selama era New Normal. Misalnya, saat Pandemi Covid-19 berlangsung, seluruh masyarakat dirumahkan dan menjalankan sebagian besar aktivitas diluar rumah secara online. Saat itu banyak perusahaan yang berdalih menjual produk secara online dan menerapkan sistem pengiriman secara gratis sebagai strategi pemasaran mereka. Jadi, jangan lupa untuk pelajari tren yang terjadi saat Era New Normal dimulai.

Begitu banyak bisnis yang melakukan PHK saat Pandemi Covid-19 berlangsung. Angka kemiskinan di Indonesia semakin melonjak dari waktu ke waktu. Tentu saja hal seperti ini mempengaruhi perekonomian Indonesia, jadi jangan heran jika banyak artikel bisnis yang mulai bermunculan dimana-mana. Hal-hal seperti ini sangat bermanfaat untuk kamu.

Kamu bisa belajar untuk tetap mempertahankan bahkan memaksimalkan bisnis yang kamu jalani. Mulailah memikirkan perencanaan untuk masa depan dengan mengoptimalkan segala sumber daya termasuk menggunakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi pengetahuan kamu terhadap bisnis.

Beberapa waktu yang lalu ACE Commerce membahas mengenai pandangan orang-orang tentang persiapan mereka menghadapi Era New Normal dan tips-tips serta beberapa produk yang nantinya bisa laku keras saat Era New Normal. Kamu dapat mengikuti instagram ACE di @acecommerceid dan @acecommerceorg untuk tahu lebih lanjut mengenai pembahasan Era New Normal. Dan jangan lupa subscribe channel Youtube ACE Commerce ID atau kunjungi website resmi  https://acecommerce.org untuk belajar lebih jauh perkembangan bisnis Indonesia.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dan jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar atau dm instagram kami, ya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!