Negara Tujuan Ekspor Indonesia

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekspor Indonesia pada Oktober 2020 sebesar 14,39 miliar dolar AS. Angka ini meningkat 3,09 persen jika dibandingkan posisi bulan sebelumnya, yakni September yang sebesar 14,01 miliar dolar AS. Di artikel sebelumnya, kita membahas mengenai negara asal impor Indonesia. Kali ini kita akan membahas negara tujuan ekspor Indonesia.

1. Tiongkok

Nilai ekspor mencapai 3 miliar dolar AS pada 2020. Sedangkan pada 2019 lalu, Tiongkok juga ada di tempat teratas dengan nilai ekspor mencapai 2,58miliar dolar AS. Bahan bakar mineral menjadi produk terbesar yang di ekspor ke Tiongkok, yaitu sebesar 6,2 miliar dolar AS. Produk terbesar selanjutnya adalah lemak dan minyak hewan/nabati sebesar 3,6 miliar dolar AS.

2. Amerika Serikat (AS)

Adapun di tempat kedua ada Amerika Serikat. Nilai ekspor barang dari AS mencapai sebesar 1,86 miliar dolar AS pada Desember 2020. Sedangkan pada 2019 lalu, nilai impor dari Amerika Serikat mencapai 1,78 miliar dolar AS. Untuk lima produk ekspor andalan Indonesia ke Amerika Serikat yang bakal ditingkatkan kembali kontribusinya adalah produk pakaian, hasil karet, alas kaki, produk elektronik dan furnitur. 

3. Jepang

Di tempat ketiga ada Jepang. Ekspor barang ke Negeri Sakura itu dapat mencapai 1,28 miliar dolar AS pada Desember 2020. Sementara itu pada 2019, Jepang juga ada di tempat ketiga dengan nilai ekspor RI dari Jepang tahun lalu mencapai 1,38 miliar dolar AS. Komoditas yang diekspor Jepang ke Indonesia antara lain: udang frozen, nikel, kayu, karet, minyak kelapa sawit, kopi, alas kaki, ikan filet, cocoa butter.

4. India

Indonesia ternyata turut mengekspor sejumlah barang ke India. Pada Desember 2020, nilai ekspor RI ke India mencapai 1,01 miliar dolar AS. Sedangkan pada 2019, nilai ekspor RI ke India sebesar 1,17 miliar dolar AS. Ekspor utama Indonesia ke India yaitu: batubara, minyak kelapa sawit dan turunannya, produk baja, karet alam, dan asam lemak monokarboksilat industri.

5. Singapura

Indonesia ternyata juga mengekspor barang ke Negeri Singa ini.  Di tahun 2020, nilai ekspor Indonesia ke Singapura mencapai 853 juta dolar AS. Sedangkan di tahun 2019, nilai ekspor ke Singapura mencapai 943 juta dolar AS. Komoditas utama yang diimpor Singapura dari Indonesia adalah logam mulia, perhiasan permata, mesin, perlengkapan listrik, tembakau, dan rokok

6. Malaysia

Negeri Jiran Malaysia menjadi negara kedua di Asia Tenggara dengan nilai ekspor dari Indonesia yang tertinggi pada 2020. Nilainya mencapai 700 juta dolar AS. Sedangkan pada 2019 lalu, nilai ekspor RI dari Malaysia mencapai 766 juta dolar AS. Komoditas yang diimpor Indonesia dari Malaysia antara lain: sirkuit elektronik, dioda, transistor, alat semikonduktor, set telefon, emas, aksesoris.

7. Filipina

Sementara itu, Filipina menempati posisi ketujuh dengan nilai ekspor 585 juta dolar AS. Sedangkan pada 2019 lalu, nilaiekspor dari RI ke Filipina mencapai 675 juta dolar AS. Komoditas yang diekspor Indonesia adalah kendaraan bermotor, batu bara, kopi instan, dan minyak kelapa sawit.

8. Korea Selatan

Negara Ginseng ini masuk dalam 10 besar negara yang mengekspor barangnya dari Indonesia. Nilainya mencapai 560 juta dolar AS pada 2020. Pada 2019 lalu, nilai ekspor dari RI ke Korea Selatan mencapai 610 juta dolar AS. Sementara komoditas impor utama Indonesia dari Korea Selatan adalah batu bara, bijih tembaga, karet alam, kayu lapis, dan timah.

9. Thailand

Thailand menempati posisi ke-9. Nilai ekspor RI ke Thailand sebesar 454 juta dolar AS pada 2020. Adapun pada 2019 lalu,nilai ekspor RI ke Thailand mencapai 546 juta dolar AS. Komoditas ekspor dari Indonesia ke Thailand  merupakan besi dan baja, mesin-mesin, otomotif, kimia dasar, pengolahan tembaga dan timah, makanan dan minuman, elektronika, tekstil, pulp dan kertas, alat listrik, minyak kelapa sawit, plastik.

10. Vietnam

Pada 2020, posisi kesepuluh ekspor Indonesia diisi oleh Vietnam dengan nilai ekspor mencapai 492 juta dolar AS. Sedangkan pada 2019, nilai ekspor dari Indonesia ke Vietnam mencapai 514 juta dolar AS. Adapun komoditas yang diimpor Indonesia dari Vietnam meliputi komputer, peralatan dan komponen listrik, bahan kain, telepon, telepon selular dan suku cadang, serta besi dan baja.

Berikut 10 negara tujuan ekspor Indonesia. Setelah mengetahui tujuan barang ekspor yang dimiliki Indonesia, Anda dapat mencari supplier yang ada di Indonesia dan mencari peluang untuk menjual barang itu ke luar negeri. Sebelum memulai, jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah ini ya!

Semoga edukasi di atas dapat bermanfaat untuk bisnis Sobat ACE ya! Jika Sobat ACE ada pertanyaan mengenai bisnis, Sobat ACE dapat meninggalkan komentar di bawah ini. Untuk belajar lebih lanjut, Sobat ACE bisa mendaftarkan diri di website ACE Commerce dan follow Instagram ACE Commerce Community dimana Sobat ACE bisa mendapatkan berbagai pengetahuan baru mengenai bisnis.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *