Mengimpor Produk dari Alibaba Suppliers

Mengimpor Produk dari Alibaba. Sobat ACE, jika Anda ingin memulai bisnis online atau mendiversifikasi penawaran untuk meningkatkan bisnis e-niaga Anda saat ini, Anda memerlukan dua hal yang sangat spesifik:
– Ide produk.
– Metode sumber.
– Ide produk bisa jadi sulit didapat, terutama ide dengan kelangsungan pasar yang sebenarnya.

Tetapi menemukan ide seringkali kurang menantang daripada mencari sumber produk-produk itu – jadi saya mengetahuinya.

Pengadaan adalah proses bisnis yang penting bagi setiap pengecer, dan ada empat cara utama untuk melakukannya:
Make
– Manufacture
– Dropship
– Wholesale (Grosir)

Ada pro dan kontra untuk setiap metode dan banyak pengecer menggunakan kombinasi, atau keempatnya, untuk benar-benar menskalakan.

Biasanya, hanya merek dengan pendapatan dan margin tinggi yang dapat memperhitungkan pengeluaran awal, dan pemeliharaan berkelanjutan, yang diperlukan untuk menawarkan pelanggan yang terbaik dari semua metode sumber: produk unik yang dikombinasikan dengan apa saja dan segala sesuatu yang mungkin mereka cari.

Merek-merek ini sering dianggap merek gaya hidup, menawarkan semua yang mungkin dibutuhkan pelanggan untuk hidup dengan cara tertentu –– seperti Goop, ShopBop, Madewell, ModCloth, dan lainnya.

Bisnis kecil telah lama terhalang oleh batasan harga di sini, tetapi satu merek besar yang menjadi berita utama mengubah semua itu – masukkan, Alibaba.com.

Apa itu Alibaba? Mengimpor Produk dari Alibaba.
Jika Anda mengikuti berita bisnis atau e-commerce, Anda pasti pernah mendengar tentang Alibaba, perusahaan e-commerce China yang menyediakan opsi sumber manufaktur untuk bisnis dari semua ukuran dengan harga yang sangat terjangkau.

Secara keseluruhan, Alibaba tidak beroperasi persis seperti perusahaan e-commerce lain di luar sana.

Untuk satu hal, Alibaba adalah direktori pemasok yang komprehensif, menghubungkan mereka langsung ke pembeli dari seluruh dunia (yaitu pengecer). Alibaba menghadirkan jutaan produk ke sumbernya, semuanya dari pemasok itu sendiri.
Intinya, Anda mendapatkan harga pemasok dengan tarif orang dalam, biasanya pada titik harga yang hanya dapat ditangkap oleh pedagang senior dan yang memiliki koneksi serius. Alibaba menyamakan bidang permainan sumber untuk merek lama dan bisnis kecil.

Sobat ACE bisa melakukan hal di bawah ini untuk perencanaan impor Alibaba:

  • Lakukan riset pasar untuk menemukan produk untuk dijual

Dengan menggunakan Google Trends, kita dapat memahami volume penelusuran dan minat pada sejumlah produk yang berbeda. Google Trends sering kali menjadi tempat yang tepat untuk mencari tahu apakah suatu item sedang tren.
Dan kemudian suatu hari, bola lampu pepatah itu menyala.

Misalnya Sobat ACE adalah penggemar berat musik yang menghadiri sejumlah konser dan festival musik, maka Sobat ACE dapat memperhatikan kebutuhan akan tas yang lebih ringan dan ringkas yang dapat menampung kebutuhan festival, seperti:

– Kacamata hitam.
– Botol air.
– Dompet.
– Kunci.
– Pembatasan keamanan mencegah penggunaan ransel dan tas yang lebih besar.

  • Putuskan ke mana Anda akan mencari sumber

Sobat ACE dapat memilih opsi:

– Dropshippers seperti Printful dan Printify.
– Pasar grosir seperti Alibaba dan DHGate.
– Produsen / grosir lokal.

Mengapa memilih Alibaba?

Di Alibaba, ada aturan tentang bagaimana produsen dan pemasok harus bersikap. Ada juga alat di luar sana untuk memudahkan pencarian sumber di Alibaba. Ada ulasan produsen, opsi jaminan perdagangan, berbagai tuas keamanan. Semua hal ini memberi saya kepercayaan diri untuk menjelajahinya sebagai platform sumber. Di Alibaba, kita juga dengan cepat dapat menemukan produk yang sesuai dengan anggaran, produsen yang senang bekerja sama, dan yang memberi kita kepercayaan diri untuk beralih ke langkah berikutnya dalam membangun bisnis.

Sekarang saya telah memilih Alibaba, mari selami apa yang terjadi selanjutnya dan bagaimana Anda dapat melakukan hal yang persis sama.

Cara Tepat Menggunakan Alibaba untuk Sumber Produk

  1. Siapkan akun Alibaba Anda.

Langkah pertama untuk menggunakan Alibaba adalah mengatur ID Pengguna dan kata sandi. Ini cukup mudah dilakukan dan langsung. Meskipun Alibaba berbasis di China, antarmuka pengguna dalam bahasa Inggris (dan bahasa lain) dan melayani sejumlah pasar yang berbeda.

  1. Pahami Alibaba.

Saat Anda masuk ke Alibaba (setelah Anda memutuskan suatu produk), Anda pasti ingin mencari produsennya.

Di Alibaba, Anda memiliki 2 jenis pabrikan:

Pabrik: Ini adalah pabrik sebenarnya yang akan memproduksi barang-barang bersumber Anda. Banyak pabrik memiliki tim penjualan sendiri untuk berurusan dengan pengecer seperti Anda. Seringkali, perusahaan perdagangan akan mengambil sumber dari pabrik.

Perusahaan Dagang: Perantara yang mengambil langsung dari pabrik dan menjualnya kepada Anda. Dalam beberapa kasus, mungkin sulit menemukan pabrik yang memproduksi barang Anda, tetapi perusahaan dagang dapat membantu.

Penting untuk memilih opsi yang tepat untuk bisnis Anda. Banyak dari pabrikan ini fleksibel dalam cara mereka menangani bisnis Anda.

Baik perusahaan dagang atau langsung dari pabrik bisa menjadi pilihan yang baik, jadi terserah Anda untuk menentukan bagaimana Anda ingin bekerja, hubungan dan tingkat kenyamanan Anda dengan perusahaan, kualitas produk, dan sebagainya.

  • Cerdaslah dalam mencari Alibaba.

Dalam contoh ini, kita akan mengambil peran sebagai produsen topi hipotetis dimana memenuhi kriteria yang kita tetapkan sebelumnya (mudah dikirim, biaya rendah, dll.).

Menemukan Supplier
Memilih Supplier
Menghubungi Supplier
Mengamankan Supplier
Meninjau Sampel Anda
Menempatkan Pesanan Mass Quantity Anda

Dalam hal ini, kita akan (bersama-sama) memulai perusahaan topi.

Topi dipilih karena memenuhi semua kriteria sumber:
Topi ringan dan mudah dikirim
Topi memiliki sedikit risiko kesehatan
Ada pasar untuk topi.

Pertama, buka Alibaba dan ketik “topi” ke dalam bilah pencarian di bawah “produk” dan tekan Cari.

Dalam contoh ini, kami telah memilih istilah penelusuran yang luas, tetapi semakin spesifik Anda, semakin baik.

Misalnya jika Anda mencari “beanie musim dingin untuk wanita” maka Anda harus mulai dengan pencarian istilah seperti itu untuk memberi Anda pilihan pemasok terbaik.

Di sana Anda akan menemukan sejumlah opsi. Segera, Anda akan bertanya pada diri sendiri “bagaimana saya memilih …”

Untuk menavigasi Alibaba, berikut adalah “lembar sontekan” tentang perlunya mengetahui istilah.

Kosakata Alibaba:

MOQ: Ini adalah persyaratan Kuantitas Pesanan Minimum (MOQ) di Alibaba. Ini menentukan jumlah terendah dari produk tertentu yang ingin dijual pemasok. Jika Anda tidak dapat mencapai persyaratan MOQ, maka pemasok tidak bersedia memasuki produksi.

OEM: OEM adalah singkatan dari Original Equipment Manufacturing. Anda dapat datang dengan spesifikasi Anda sendiri, kebutuhan Anda sendiri, visi rinci Anda sendiri tentang produk Anda dan menyerahkannya ke pabrik OEM. OEM akan mulai membuat produk Anda dari awal. Ini adalah jenis pemasok yang harus Anda cari jika Anda menginginkan produk unik dengan nama merek Anda.

ODM: ODM adalah singkatan dari Original Design Manufacturing. Pabrik ODM akan memberi Anda ide produk. Berikan pabrik beberapa fungsi yang diharapkan, beberapa kinerja yang diharapkan dan beberapa ide konsepsi yang diharapkan dan pabrik akan menyarankan beberapa opsi produk akhir. Tidak tahu cara membuat produk? Pabrik ODM dapat membantu.

Jaminan Perdagangan: Jika Anda memiliki perselisihan dengan pemasok Anda, Anda dapat mengajukan klaim ke Alibaba. Mereka akan memeriksanya, dan jika mereka setuju dengan pabriknya tidak menepati janji mereka, mereka mungkin mengembalikan uang Anda. Ingatlah bahwa sejak awal perjanjian penjualan Anda harus mencantumkan poin-poin yang dapat menyebabkan perselisihan, seperti QC, waktu tunggu, dll.

Supplier Emas: Pabrik membayar Alibaba untuk tampil lebih disukai di hasil penelusuran. Itu hal yang bagus. Pabrik mendorong bisnis mereka ke depan, jadi anggap itu sebagai pertanda baik.

Supplier yang Dinilai: Alibaba telah meminta perusahaan pihak ketiga mengunjungi pabrik untuk memeriksa fasilitas mereka.

Proses QC: Alibaba memiliki banyak proses dan ketentuan kontrol kualitas. Kita mulai:

IQC: Kontrol Kualitas Masuk berarti kontrol bahan mentah atau apapun yang masuk ke pabrik (tempat kerja) untuk pembuatan barang dan produk.

OQC: Kontrol kualitas keluar berkaitan dengan barang jadi yang siap untuk dikirim.

QC & QA: Quality Control dan Quality Assurance adalah cara kualitas dikontrol dan dijamin selama semua proses.

IPQC: Kontrol Kualitas Dalam Proses dibuat selama semua langkah pembuatan produk tertentu.

FOB: Free on Board (atau Freight on Board). Ini berarti bahwa biaya pengiriman barang ke pelabuhan terdekat sudah termasuk tetapi ANDA, sebagai pembeli, bertanggung jawab atas pengiriman dari sana dan semua biaya lain yang terkait dengan pengiriman barang ke negara / alamat Anda.

CIF: Asuransi biaya dan Pengangkutan (bernama pelabuhan tujuan). Penjual harus membayar ongkos dan ongkos angkut sudah termasuk asuransi untuk membawa barang ke pelabuhan tujuan. Namun, risiko dialihkan kepada pembeli setelah barang dimuat di kapal.

Jadi, melihat pencarian topi kita sekali lagi, kita punya sejumlah pilihan. Selain itu, untuk perlindungan tambahan, saya memilih “Pemasok Emas”, pemasok utama Alibaba. Meskipun Alibaba sebagian besar aman, masih ada berbagai pemasok di sana dan ini dapat membantu Anda merasa lebih yakin bahwa Anda akan berinteraksi dengan pemasok yang jujur.

Untuk lebih mempersempit pencarian saya, sepenuhnya mengetahui bahwa saya baru memulai, saya memilih pabrikan dengan MOQ rendah 100.

Anda dapat memilih MOQ yang Anda rasa nyaman tetapi 100-200 adalah rentang yang baik untuk baru memulai.

Harga per unit akan mulai menjadi jauh lebih murah pada kisaran 500+, tetapi Anda akan sampai di sana pada waktunya.

  • Pilih pemasok di Alibaba

Setelah memasukkan kriteria ini, sejumlah pemasok akan muncul.

Saat Anda melihat-lihat opsinya, Anda sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal:

Harga.
Jumlah Pesanan Minimum.
Waktu terdaftar di Alibaba.
Waktu terdaftar sebagai Pemasok Emas.
Reputasi dan ulasan pemasok.

Dalam mengevaluasi reputasi dan ulasan pemasok, saya mengajukan beberapa pertanyaan kepada diri saya sendiri saat mengevaluasi apakah pemasok itu sah.

Sebagai contoh:

  • Seberapa terstruktur dan detail halaman mereka?
  • Apakah mereka punya foto pabrik? Informasi lengkap tentang lokasi dan sejarah?
  • Apakah mereka memiliki deskripsi dan gambar produk secara profesional?
  • Apakah mereka menjelaskan proses QC dan waktu pengiriman?

Mengajukan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini harus menghilangkan ketakutan dari pencarian Alibaba Anda dan dapat membantu memastikan bahwa Anda bekerja dengan pabrik dan pemasok yang sah.

Sangat disayangkan, tapi pasti ada scammer dan penipu di Alibaba. Namun, ada cara untuk menghindarinya.

Banyak detail dalam artikel ini dapat membantu memastikan Anda bekerja dengan produsen yang bermaksud baik, bereputasi, andal, dan aman.

Dalam contoh ini, kita harus dengan cepat mengidentifikasi pemasok yang memiliki rekam jejak yang baik, jumlah transaksi, dan tingkat respons yang baik.

  • Hubungi pemasok

Sekarang setelah Anda mengidentifikasi beberapa pemasok yang memenuhi kriteria Anda (MOQ rendah, emas, perdagangan, dll.), Anda akan dapat memberi mereka catatan dan mendapatkan detail tambahan.

Berikut beberapa tip tentang penjangkauan:

  • Tetap pendek dan manis
  • Perkenalkan diri Anda & bisnis Anda
  • Jelaskan apa yang Anda minati
  • Tanyakan tentang waktu pengiriman dan biaya sampel
  • Singkatnya, tujuan akhir Anda adalah menentukan pemasok mana yang dapat memenuhi kebutuhan dasar Anda.

Bergantung pada anggaran Anda, Anda sebaiknya melibatkan beberapa pemasok untuk produk Anda. Saya biasanya menjangkau 5-10 dan melacak temuan saya di Google Sheet atau spreadsheet Excel.

Saat Anda melibatkan pemasok ini, Anda akan berinteraksi dengan mereka untuk mendapatkan sampel.

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang sampel: Sampel penting karena Anda ingin melihat produk sebelum menjualnya dan menginvestasikan lebih banyak uang ke dalam inventaris.

Banyak pabrikan akan mengenakan biaya untuk pengiriman ekspres melalui DHL, UPS, FedEx untuk memastikan Anda mendapatkan sampel dengan cepat.

Dalam beberapa kasus, mereka juga akan menagih Anda untuk sampel, yang seringkali dapat dikembalikan setelah Anda mengambilnya dan melakukan pemesanan yang lebih besar.

Mengapa Supplier Alibaba Mengenakan Biaya untuk Sampel?

Supplier dari Alibaba sering kali mengenakan biaya sampel dan pengiriman sampel ke dokter hewan bahwa Anda serius tentang hubungan bisnis. Kedua belah pihak (Anda dan pabrikan) ingin membangun kepercayaan.

Untuk bisnis yang baru memulai, saya juga menyarankan untuk tetap berpegang pada MOQ rendah untuk menguji dan memvalidasi produk sebelum masuk secara menyeluruh.

Hal ini memungkinkan Anda membangun kepercayaan dengan produsen untuk memastikan mereka dapat mengirimkan pesanan berkualitas tinggi yang lebih besar saat waktunya tiba.

Saat Anda membangun hubungan dengan pemasok Alibaba, Anda akan dapat membeli dalam jumlah besar, yang akan memberi Anda lebih rendah per unit item.

Namun pada tahap awal ini, Anda berfokus pada menghasilkan produk yang layak.

Catatan seperti ini seharusnya berfungsi:

Hi,
I am a retailer exploring supplier options for my business in Austin, Texas. I am interested in a sample of your hat and am curious as to how much it will cost to ship this item to Austin, Texas. Additionally, I would like to confirm the price per order for your minimum order quantity, as well as turn-around and delivery time.
Sincerely,
<x>

Sebagian besar pemasok Alibaba merespons dalam waktu 24-48 jam. Dalam komunikasi Anda, Anda perlu memperhatikan beberapa hal:

  • Apakah calon pabrikan menjawab semua pertanyaan saya?
  • Apakah mereka berkomunikasi dengan jelas?
  • Apakah mereka menunjukkan bahwa mereka dapat memenuhi kebutuhan dasar Anda?
  • Saya sangat terkesan dengan manajemen hubungan yang ditawarkan pemasok Alibaba. Serius, tidak ada keluhan sama sekali.

Karena itu, pemasok Alibaba dibombardir dengan email setiap hari dan penting untuk memberi tahu mereka bahwa Anda adalah pelanggan yang sah.

Mengimpor Produk dari Alibaba. Nah itu dia Sobat ACE, penjelasan seputar bagaima mengimpor produk dari Alibaba. Apabila Sobat ACE ingin membaca artikel lebih lanjut mengenai bisnis ekspor impor, digital marketing, entrepreunership, copywritingbrand awareness, reseller, dan masih banyak lagi seputar dunia pemasaran atau bisnis, maka Sobat ACE dapat mengunjungi situs ACE Commerce Community. Sobat ACE juga dapat mengunjungi Online Course ACE Commerce Indonesia untuk mendapatkan banyak ilmu terkait dunia marketing ataupun bisnis yang dapat dikembangkan. 

mengimpr produk dari alibaba

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!