Mengenal Landing Page dan Tips Membuat Landing Page

Mengenal Landing Page dan Tips Membuat Landing Page. Sobat ACE, landing page yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan konversi untuk PPC atau kampanye pemasaran email kita, loh. Membuat landing page yang efektif tidak sama dengan membuat situs web yang sukses atau buletin email. Ada pedoman tertentu yang harus kita patuhi untuk memaksimalkan kesuksesan page.

Jadi, apa itu landing page?
Landing page adalah suatu halaman yang dirancang secara khusus untuk mengarahkan user ke arah yang diinginkannya. Landing page berisi informasi detail dan spesifik tentang produk, service, penawaran, dll. Sehingga bisa disimpulkan jika landing page merupakan laman yang dikhususkan untuk mindset marketing.

Apa Tujuan Landing Page?
Landing page, seperti bagian lain dari persenjataan pemasaran online membutuhkan adanya sasaran. Tanpa tujuan yang spesifik dan konkret, tidak ada cara untuk membuat halaman yang efektif. Tujuan Sobat ACE harus jelas sebelum mulai mendesain halaman.

Kita juga membutuhkan ekspektasi khusus untuk landing page guna mengukur keberhasilannya. Harapan ini dapat didasarkan pada pengalaman sebelumnya, bukti anekdotal, atau angan-angan saja. Tetapi akan sangat membantu jika kita memiliki angka tertentu untuk membandingkan hasil yang sebenarnya. Ini bisa menjadi jumlah total konversi atau jumlah orang yang berhasil melewati landing page kita berdasarkan tujuan yang telah kita tetapkan sendiri. Mengenal Landing Page dan Tips Membuat Landing Page



Tips Membuat Landing Page

1. Buat headline yang efektif
Headline ini menjadi kunci landing page kamu sebelum melakukan action. Sobat ACE harus membuat headline yang singkat, padat, jelas, dan menarik. Ini karena hampir keseluruhan pengunjung akan melihat headline terlebih dahulu sebelum mengunjungi lebih dalam mengenai landing page yang kamu buat.

Cobalah batasi headline hingga tidak lebih dari 20 kata dan letakkan subheadline kamu tepat dibawah headline. Buat subheadline yang lebih memperinci headline. Kemudian jelaskan lebih spesifik mengenai headline dengan kaidah yang jelas, singkat dan menarik.

2. Berikan deskripsi yang jelas pada setiap poin
Deskripsi pada setiap poin sangat penting guna memperjelas mengenai apa yang mau kamu berikan kepada para customer kamu. Kamu bisa mendeskripsikan setiap poin pada subheading atau gambar pada landing page, tetapi jangan terlalu bertele-tele.

3. Buat ilustrasi yang simpel dan unik
Berikan ilustrasi yang simpel dan unik pada landing page. Tujuannya adalah untuk meningkatkan rasa penasaran dan partisipasi pengunjung laman. Hal unik yang berada di laman kamu tentunya harus memperhatikan UX dan UI yang tepat sesuai karakteristik user dan customer kamu.
Laman harus mudah diakses dengan tampilan mobile friendly, interaction design, desain adaptif, dan hal lainnya yang dapat membuat customer tertarik untuk mengunjungi landing page secara berkelanjutan.

4. Lampirkan URL menuju halaman privacy policy dan term of service pada landing page kamu
Hal ini cukup penting, di mana Sobat ACE harus mencantumkan url yang menuju halaman privacy policy dan terms of service. Terutama untuk kamu yang lebih memfokuskan kepada service di landing page ini.

Hal ini juga untuk menhindari hal-hal yang seharusnya tidak terjadi setelah adanya after sales, Misalnya komplain yang seharusnya bukan lagi menjadi urusan kamu. Maka dari itu kamu harus mencantumkan privacy policy dan terms of service. Kamu bisa mencantuman URL laman tersebut pada bagian footer.

5. Tools untuk mengoptimalkan landing page
Nah ini dia tools yang dapat membantu Sobat ACE dalam mempermudah pengaplikasian dan managemen pembuatan landing page.

1. OptinMonster
OptinMonster berfungsi untuk mengkonversi pengunjung landing page kamu menjadi subscriber dan customer.

2. Mailchimp
Mailchimp digunakan sebagai media untuk newsletter, yang mana ini akan sangat berguna untuk prospek marketing ke depannya.

3. Google Analytics
Google analytics dapat membantu melakukan analisis pada laman landing page guna meningkatkan strategi marketing.

4. WP Forms
WPForms adalah builder form dengan fitur drag and drop untuk WordPress yang mudah dan powerful.

5.Google Search Console
Google Search Console sangat membantu dalam melakukan optimasi landing page, yakni mulai dari Mobile friendly test, Optimasi Keyword, dan masih banyak lagi.

Mengenal Landing Page dan Tips Membuat Landing Page.  Apabila Sobat ACE ingin membaca artikel lebih lanjut seputar digital marketing, bisnis, entrepreunership, ekspor-impor, copywriting, brand awareness, reseller, dan masih banyak lagi seputar dunia pemasaran atau bisnis, maka Sobat ACE dapat mengunjungi situs ACE Commerce Community. Sobat ACE juga dapat mengunjungi Online Course ACE Commerce Indonesia untuk mendapatkan banyak ilmu terkait dunia marketing ataupun bisnis yang dapat dikembangkan. 

Mengenal Landing Page dan Tips Membuat Landing Page

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *