Tips Merintis Bisnis Bagi Masih Mahasiswa dan Fresh-Graduate!

Sebagai generasi milenial, kita tau bahwa remaja khususnya anak kuliahan dituntut untuk kreatif agar dapat mandiri dan tidak hanya mengandalkan orang tua. Di antara kalian pasti ada yang memikirkan bagaimana caranya berbisnis sambil tetap kuliah, atau bagi kalian yang baru lulus dan ingin berbisnis. Dengan bekal kreativitas, jeli melihat peluang, dan berani mengambil risiko, banyak peluang bisnis yang tepat untuk kalian tanpa mengeluarkan modal besar. Oleh karena itu, masa-masa berkuliah adalah menjadi saat yang tepat bagi mahasiswa untuk merintis bisnis. Mengapa? Karena mahasiswa suatu saat akan menghadapi tantangan dunia kerja sehingga akan lebih baik mempersiapkan diri sedari awal.

Tidak lupa dengan fleksibilitas jam kuliah membuat mahasiswa memiliki cukup banyak waktu luang. Ada beberapa hal positif yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang tersebut, yaitu; mengikuti organisasi mahasiswa, diskusi intelektual, hingga mencari ide bisnis untuk dijalani. Apalagi fresh graduate, kan?

Merintis Bisnis Untuk Mahasiswa dan Fresh Graduate

Nah sobat ACE, simak yuk langkah-langkah merintis bisnis untuk mahasiswa maupun fresh graduate menurut ACE Commerce!

Rajin mengikuti seminar atau workshop mengenai ilmu tentang dunia bisnis.

Sobat ACE pasti paham bahwa langkah pertama untuk sukses adalah from the humble start. ACE Commerce sendiri pun rutin mengadakan seminar tentang hal bisnis, cara membuat event, marketing target pasar, dan sebagainya. Kamu bisa mengikuti seminar itu semua dengan gratis bersama ACE Commerce loh! Tidak lupa dengan mengundang pembicara yaitu CEO dari beberapa perusahaan dan startup dan para entrepreneur terkenal. Maka dari itu, jangan bosan-bosan belajar ya sobat ACE dengan mengikuti seminar! Oh iya.. selama pandemi Covid-19 dan diberlakukannya PSBB, ACE Commerce mengadakan seminar dengan sistem online, atau nama lainnya webinar.

Mempertimbangkan modal awal yang dimiliki.

Bisnis tentu akan selalu membutuhkan sejumlah modal awal untuk menjalankannya, dimana hal ini patut menjadi sebuah pertimbangan khusus bagi kamu, Sobat ACE. Dalam hal ini kamu akan membutuhkan perhitungan yang akurat, dimana kamu perlu menghitung potensi keuntungan dan juga tingkat risiko yang akan diberikan oleh kedua sumber modal tersebut, kamu jago dalam desain, ya coba jalani bisnis itu. Beberapa dari kamu jago fotografi? Ya jadikan itu sebagai sumber pemasukan. Kamu pintar dalam membuat artikel? Ada banyak platform yang memudahkanmu menemukan pekerjaan terkait tulis menulis.

Lakukan perhitungan dan juga perbandingan yang tepat ya Sobat ACE, seandainya kamu menggunakan sejumlah modal dari pihak luar dengan ketika kamu kelak akan memberi modal sendiri bisnismu.

Tidak perlu ragu atau malu untuk mencari seorang mentor.

Mentor atau pembimbing akan bantu Sobat ACE ke arah yang lebih tepat. Kita ingatkan kembali, tidak usah malu untuk selalu belajar, sebab hal ini akan membantu langkahmu menuju kesuksesan. Gunakan status dan keberadaan Sobat ACE di kampus untuk mendapatkan bimbingan dari mentor terbaik, dimana keberadaannya akan mendukung untuk menjalankan bisnis Sobat ACE dengan lebih terencana dan matang. Kampus adalah tempat para ahli dan profesor berkumpul.

Susunlah proposal untuk mematangkan ide bisnis

Sejumlah rencana dan juga ide bisnis yang cemerlang mungkin telah Sobat ACE miliki sejak lama. Namun, bukan berarti semua itu adalah rencana yang tepat dan bisa mendatangkan keuntungan. Penting bagi Sobat ACE untuk membuat dan mengatur segala sesuatunya yang terkait dengan bisnis tersebut di dalam sebuah proposal bisnis. Kalau sudah ada proposal, akan memudahkan kamu dalam membutuhkan partner dalam berbisnis.

Memanfaatkan media sosial sebagai target marketing pemasaran

Mengingat remaja kuliahan adalah generasi milenial yang aktif dan mengikuti perkembangan teknologi, maka kamu juga harus memiliki kemampuan untuk memanfaatkan hal tersebut di dalam bisnis. Tips dari kita adalah, kalau Sobat ACE ingin launching produk, kamu bisa membuat video teaser yang menarik dan kreatif. Kamu juga perlu mengatur feed (untuk media sosial Instagram). Dan untuk media sosial lainnya, disesuaikan dengan karakteristiknya masing-masing.

Pantang menyerah dan mampu mengatasi suatu kegagalan.

Sobat ACE harus menanamkan sejak awal bahwa apapun yang akan kamu jumpai selama menjalankan bisnis, entah itu pengalaman pahit sekalipun, kamu tidak boleh berhenti berproses. Mental yang baik sejak awal, akan membantu kamu bertahan dalam situasi apapun. Gagal adalah suatu hal yang sangat wajar kok Sobat ACE, namun yang membedakan soal kegagalan sesorang dengan yang lainnya adalag ketika orang tersebut selalu bisa bangkit dan memperbaiki kegalalannya.

Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat untuk bisnis Sobat ACE, ya! Jika ingin bertanya lebih lanjut mengenai merintis bisnis dan semua hal yang berkaitan dengan bisnis, kamu dapat meninggalkan komentar di bawah ini. Selain itu, untuk belajar lebih lanjut kamu bisa mendaftarkan diri di website resmi ACE Commerce https://acecommerce.org/ karna setelah itu kamu bisa join dengan Komunitas ACE Commerce di whatsapp dimana setiap harinya kami membahas berbagai pengetahuan baru mengenai bisnis. So, see you later!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!