Masih bingung tentang marketplace? yuk simak beberapa hal tentang marketplace!

Hai sobat Ace!

Pernahkah kalian mendengar istilah Marketplace ? Pasti kamu sudah tidak asing dengan istilah ini. Apalagi, pada saat ini marketplace menjadi marak di lingkungan sosial atau dapat dikatakan sudah sangat menjamur pada lingkungan masyarakat. 

Marketplace dapat diartikan sebagai media online yang yang berbasis internet, dimana nantinya media tersebut akan digunakan sebagai tempat berinteraksi antara penjual dan pembeli. Pada marketplace juga terdapat berbagai macam variasi barang yang dapat kamu pilih. Sebagai pembeli, kita dapat memilih barang yang  diinginkan dari berbagai kriteria yang ada. Sedangkan sebagai penjual anda dapat menaruh barang yang ingin anda perjual belikan di dalam media tersebut, yang nantinya akan terjadi hubungan dua arah antara penjual dan pembeli. 

Menurut salah satu artikel yang terdapat di dalam forbes, marketplace merupakan aplikasi ataupun website yang menyediakan tempat bagi masyarakat untuk berbelanja dari berbagai sumber yang ada pada media tersebut. Selain itu, marketplace juga dapat diartikan sebagai ruang terbuka tempat orang menjalankan kegiatan membeli dan menjual barang. Sama halnya dengan istilah pasar, dimana sebagai penjual harus dapat menjual dengan harga yang tepat. 

Marketplace online disebut sebagai salah satu web e-commerce, dimana nantinya akan terdapat banyak pihak ketiga yang memberikan informasi mengenai barang dan jasa yang ditawarkan. Terdapat beberapa jenis dalam marketplace, seperti beberapa pedagang memulainya dengan membuka toko di dalam website yang pada akhirnya juga memasukkan penjual yang lain di dalamnya. Selain itu, beberapa pedagang lokal juga sudah memiliki pasarnya sendiri. 

Apa saja sih jenis-jenis marketplace?

Beberapa jenis marketplace yang dimaksud dibagi menjadi 3, yaitu;

1. Vertikal

Merupakan pasar yang menjual barang dari berbagai sumber, akan tetapi mempunyai jenis produk yang sama dan berkaitan. Seperti halnya perhiasan maka barang yang terdapat disana merupakan semua barang yang tergolong sebagai perhiasan. 

2.Horizontal

Dapat dikatakan bahwa pasar ini biasanya menjual produk dari berbagai jenis, akan tetapi produk tersebut memiliki karakteristik tersendiri. Jadi, barang yang dijual merupakan jenis barang yang masih memiliki hubungan satu dengan yang lainnya. Misalnya, kamu ingin menjual barang – barang fashion maka yang dijual merupakan barang seperti baju, sepatu, celana dan lain lain. 

3.Global

Pasar ini biasanya menjual segala jenis barang, barang yang dijual tentunya tidak harus memiliki hubungan satu sama lain dan beragam jenis produk yang dijual didapatkan dari banyak sumber. Biasanya barang yang dijual merupakan barang kebutuhan sehari-hari mulai  dari produk kesehatan, produk rumah tangga, otomotif, elektronik dan lainnya. Salah satu contohnya adalah eBay yang lumayan terkenal di luar negeri dikarenakan eBay merupakan salah satu marketplace yang menjual berbagai macam barang dan terkenal dikarenakan ragam variasi produk yang dimilikinya. Hal ini membuat pengguna sangat mudah dalam mencari barang yang diinginkannya serta harga yang diperlihatkan sangat transparan, sehingga pembeli tidak segan-segan dalam berbelanja. 

Seiring dengan berjalannya dan berkembangnya perdagangan, pusat berbelanja juga mulai berkembang. Dengan munculnya marketplace maka banyak juga pasar hybrid lainnya yang dibentuk oleh perusahaan e-commerce. Hal ini menjadi sesuatu yang umum dikarenakan dengan berkembangnya industri ritel maka pasar juga ikut berkembang, dengan adanya pasar online, pasar harus dapat menunjukkan bahwa mereka dapat bersaing dan menunjukkan keunggulannya dimana dengan adanya marketplace, konsumen lebih efisien dalam berbelanja. 

Dengan adanya marketplace tentunya dapat membantu pelaku usaha yang bergerak dibidang online. Marketplace dapat membawa kemudahan bagi para penjual karena mereka tidak perlu bersusah payah untuk mencari maupun mendatangkan calon konsumen untuk membeli produk mereka. Maka dari itu sebagai penjual, kamu harus memaksimalkan keberadaan toko kamu di dalam marketplace. 

Selain menjadi tempat berkumpul, marketplace juga dapat dijadikan sebagai media untuk bertukar informasi dan strategi terutama bagi penjual untuk membangun hubungan baik dengan pedagang lainnya yang berkaitan dengan bisnis yang sedang dijalankan. Marketplace juga mempunyai keuntungan dalam transaksi yang aman, dimana dengan adanya rekening bersama yang disediakan oleh marketplace dapat membantu kamu sebagai penjual dan pembeli untuk menjaga keamanan dalam bertransaksi sehingga kamu tidak perlu takut akan kehilangan uang jika berbelanja di dalam marketplace. 

Terkadang marketplace juga membantu kamu untuk menghemat sedikit dari uang yang kamu miliki dengan disediakannya banyak promosi gratis yang dikelola oleh pihak marketplace, seperti adanya gratis ongkos kirim dengan minimal pembelanjaan, caschback dalam setiap pembelanjaan tertentu, dan sebagainya. Dengan banyaknya produk yang ada di dalam marketplace, membantu kamu sebagai konsumen dalam mencari barang yang diinginkan dan tentu saja dengan adanya keuntungan ini sebagai penjual peluang untuk menjual barang yang dimiliki lebih besar! 

Nah, sekarang kamu sudah lebih tahu kan apa itu marketplace?

Tapi, apa saja sih marketplace terbesar yang ada di Indonesia? 

Kita punya beberapa infonya untuk kamu nih sobat Ace! Berikut beberapa marketplace terbesar yang ada di Indonesia;

1.Tokopedia 

Tokopedia pasti sudah tidak asing lagi kan bagi kamu?

Sebagai salah satu pencetus marketplace online. Tokopedia menjadi salah satu penguasa pasar lokal indonesia yang sudah memiliki lebih dari 770 ribu produk dan sudah menjual sebanyak 13.4 juta produk terhitung pada tahun 2014. Pastinya kamu sering melihat pemasaran iklan yang dilakukan oleh mereka melalui siaran televisi, media sosial, hingga media lainnya. Selain itu, Tokopedia juga tercatat telah menerima dana lebih dari 100 juta US dollar dari Softbank Jepang dan perusahaan teknologi terkenal di Amerika yaitu Sequoia Capital dan sekarang tercatat memiliki kegiatan jual beli sebesar 148.500.000 per tahun 2019. 

2.Shopee 

Sebagai salah satu pesaing terbesar nomor 2 setelah Tokopedia yang berdiri pada tahun 2015, tentunya kamu juga tidak asing dengan promosi yang diberikan yaitu gratis ongkos kirim yang disediakan oleh Shopee. Selain di Indonesia, Shopee juga merupakan salah satu marketplace yang berada di Asia Tenggara dan Taiwan yang menyediakan banyak produk bervariasi di dalamnya hingga memiliki kegiatan jual beli sebesar  95.300.000 per tahun 2019. 

3.Bukalapak 

Sebagai pesaing terberat dari Tokopedia, tentunya bukalapak juga harus dapat ikut bersaing dengan pesaingnya untuk menjadi salah satu marketplace yang dapat diandalkan oleh masyarakat. Sekarang ini, Bukalapak memiliki jumlah traffic sekitar 95.100.000, bukalapak juga memberikan kemudahan bagi konsumennya dalam mencari, mendaftar, dan membeli suatu produk sehingga website dan aplikasi yang disediakan dapat digunakan oleh orang awam sekalipun. 

Selain daripada ketiga marketplace terbesar tersebut, di Indonesia juga terdapat beberapa marketplace lainnya seperti; Blibli, Zalora, JD.id, dan lainnya.

Adanya perkembangan tentunya dapat mempengaruhi lingkungan sekitarnya, dengan adanya marketplace online yang diciptakan oleh beberapa perusahaan besar beberapa tahun kebelakang ini memang sangat membantu masyarakat dalam mencari dan menjual barang yang diinginkannya. Serta dengan adanya kemudahan tersebut tentunya barang yang kita inginkan akan diterima dengan cepat oleh kita sehingga kita tidak perlu lagi untuk mencari barang yang diinginkan secara tradisional. 

Sedikit banyak yang telah kita jelaskan mengenai marketplace, 

Bagaimana sobat, apakah sudah terjawab tentang marketplace? Jika kamu masih penasaran dan mau membahas bersama dengan komunitas Amazing Cross-Border & E-Commerce, kamu bisa isi kolom komentar dibawah ini dan kamu juga bisa banget untuk daftar langsung terlebih menjadi member ACE  agar tidak ketinggalan konten-konten menarik serta Informasi event yang bisa berguna untuk pengembangan bisnis kamu!

Ohiya, Jangan lupa hadir juga ya sobat Ace di event kita bulan ini yaitu;

 

UK BURUAN DAFTAR!! Slot nya terbatas loh!

Berikut info untuk sobat Ace yang ingin #joineventACE bulan ini :

Presale 1 (12 – 19 Februari 2020) : IDR 70.000

Presale 2 (20 – 27 Januari 2020) : IDR 100.000

Normal Price (28 Februari 2020) : IDR 125.000

MAHASISWA: IDR 50.000

Waktu : Jumat, 28 Februari 2020, 19.00 – 21.00 (Regist dimulai 18.30)

Tempat : Apiary Coworking Space Lippo St. Moritz Office Tower (Floor 9), Jl. Kedoya Duri Jl. Puri Indah Raya, South Kembangan, Kembangan, Jakarta 11610

Kamu bisa langsung isi pendaftarannya disini!

Sampai bertemu di event Ace nanti ya sobat Ace! Selamat sukses! 🙂

Instagram : acecommerceid & acecommerceorg
Youtube : ACE Commerce ID 


Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!