Kreativitas Pengusaha Bisnis Online di Tengah Pandemi Covid-19

Wabah COVID-19 membuat berbagai sektor di Indonesia terpukul bahkan lumpuh, khususnya pada sektor ekonomi. Banyak pengusaha kelimpungan menjalankan bisnisnya yang terhambat bahkan mungkin tidak akan selamat. Dalam kondisi seperti ini, kreativitas pengusaha bisnis ditantang untuk lebih kreatif dan inovatif bahkan rela banting setir untuk bertahan dan harus mampu menangkap sekecil apapun peluang yang hadir untuk bisa ditransformasikan menjadi sebuah ide dan strategi bisnis. Jadi dalam dunia usaha saat ini dibutuhkan kreativitas, inovasi serta memanfaatkan teknologi dan proses digital semaksimal mungkin. Skenario terburuknya jika kita tidak segera melakukan inovasi dan perubahan dalam keadaan yang tidak tahu kapan akan sepenuhnya normal, akan semakin banyak usaha yang tutup dan pengangguran dimana-mana.

Di tengah pandemik COVID-19 ini, ada sejumlah sektor usaha yang bisa menjadi peluang. Dengan begitu dapat menciptakan peluang usaha untuk kamu yang mungkin sedang dirumahkan atau mengalami PHK. Berbagai peluang usaha yang bisa dicoba untuk peluang bisnis kamu seperti usaha di bidang kuliner, kesehatan, pendidikan dan jasa pengantaran. Wabah COVID-19 ini juga akan mengubah perilaku konsumen dan terjadi pergeseran konsumsi masyarakat.

Berbagai cara yang dilakukan pengusaha untuk bertahan di tengah pandemik COVID-19 ini mungkin bisa menginspirasi kamu

1. Memproduksi Frozen Food

Jika kamu adalah seorang pelaku usaha di bidang kuliner dan mempunya restoran/café/rumah makan yang biasanya hanya menyajikan makanan siap saji, usaha kamu pasti sangat terpukul di tengah pandemi ini karena anjuran pemerintah yang mengarahkan kita untuk stay at home berdampak pada hampir semua restoran/café/rumah makan ditutup demi memutuskan rantai penyebaran COVID yang semakin besar. Oleh karena itu, cara paling efektif saat ini adalah dengan memproduksi makanan siap saji menjadi frozen food karena produk akanan ini tahan lama sebagai persediaan makanan untuk mengurangi frekuensi untuk belanja.

2. Beralih ke Penjualan Online

Melek teknologi dan proses digitalisasi sangat penting di tengah-tengah pandemi ini. dengan teknologi kamu bisa menjual berbagai produk kamu secara online. Jika biasanya kamu menjual secara offline atau di toko, namun sekarang masyarkat tidak akan keluar rumah. Oleh karena itu kemudahan akses dalam pembelian produk sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Contoh jika kamu adalah pelaku usaha di bidang retail/fashion kamu bisa mulai memasarkan produk kamu secara online dengan membuat sosial media di Instagram, dan Facebook atau bahkan berjualan di e-commerce. Dengan kemudahan ini konsumen juga diudahkan karena bisa melihat catalog produk secara online, memilih hingga membayar secara online dan tidak perlu ke toko langsung.

3. Menjual Produk Minuman Literan

Pengusaha kuliner minuman seperti kedai kopi tentu terdampak besar dalam keadaan ini. Kedai kopi terpaksa ditutup agar tidak ada masyarakat yang berkumpul. Penghasilan mereka jadi sangat sedikit dibandingkan dulu ketika kedai kopi masih bisa beroperasional seperti biasa. Kreativitas mereka membawa para pengusaha kedai kopi untuk berinovasi dalam kemasan kopi mereka. Mereka menyediakan kopi ukuran 500ml sampai 1liter untuk konsumen agar bisa dibawa pulang untuk persediaan selama maksimal 3 hari. Meskipun keutungan bisnis tidak seperti biasanya, namun inovasi ini terbukti ampu untuk paling tidak bertahan di tengah-tengah pandemi.

4. Memberikan Free Pick Up dan Free Ongkir

Fasilitas seperti free pick up dan free ongkir untuk pelaku usaha dan bisnis bisa menjadi pilihan dan salah satu cara untuk menarik konsumen. Seperti usaha laundry dan cuci sepatu, biasanya kita yang mengantar pakaian dan sepatu kotor. Namun beberapa pengusa laundry dan shoes care sekarang menyediakan online order dan free pick up untuk baju dan sepatu kotor. Dengan itu konsumen tidak perlu keluar rumah, hanya mengorder melalui whatsapp dan nanti aka nada petugas laundry yang mengambil lalu akan diantarkan kembali jika sudah selesai.

5. Pengajaran Melalui Online Course/Training

Untuk pelaku usaha di bidang pendidikan dan pelatihan ini juga harus berputar otak agar bisnisnya tetap bertahan. Salah satu caranya adalah dengan mengganti pengajaran yang biasanya dilakukan offline atau bertatap muka langsung dengan online course atau onine training. Saat ini sudah banyak institusi pendidikan dan pelatihan yang memberikan free online training seperti seminar dan berbagai pelatihan. Pelatihan ini dapat diakses melalui zoom dan tidak sedikit juga yang bisa diakses oleh semua orang secara gratis. Berbagai pelatihan ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kreativitas pengusaha selama pandemi ini. Sama halnya dengan online course, dengan mengikuti online course tentu akan menambah pengetahuan kamu. Online course juga ada yang berbayar dan gratis, biasanya yang berbayar jika kamu ingin mendapatkan serifikat. Namun, jangan khawatir online course yang gratis salah satunya kamu bisa akses di website ACE Commerce!

Hanya dengan mendaftar menjadi member kamu bisa mengakses berbagai topik online course gratis terlebih lagi materi online course seputar bisnis, marketing, reseller dan e-commerce tentunya akan membantu kamu dalam mengeksplor seputar bisnis dan entrepeneurship. Yuk, jangan ragu untuk mengisi waktu luang kamu dengan mengikuti online course di website kami!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!