Kisah Haru Pengusaha Muda Ini Menginspirasi Generasi Milenial

Di Indonesia banyak sekali kisah sukses para pengusaha muda yang membangun usahanya dari bawah atau nol. Salah satu yang pastinya membekas di hati masyarakat adalah perjalanan seorang pengusaha muda, Habibie Afsyah. Pemuda difabel yang memiliki keterbatasan fisik dan kini sukses menjadi internet marketer dengan penghasilan ribuan dollar. 

Pria kelahiran Jakarta, 6 Februari 1988 ini menderita penyakit Muscular Dystrophy Progressive tipe Becker. Pada saat tahun kelahiran pertamanya, Habibie terdeteksi mengidap kelainan bawaan pada saraf motorik. Saat melewati usia balita, pertumbuhannya kemudian terhambat dan mengalami keterbatasan fisik karena saraf-saraf motoriknya rusak. Habibie harus mengenakan kursi roda sepanjang hidupnya. Bentuk tubuhnya juga tidak sempurna karena penyakit yang dideritanya. Sang Ibu kemudian membawa Habibie untuk berkonsultasi kembali dengan beberapa dokter saraf dan rehabilitas medik lainnya. Namun, betapa kagetnya salah satu dokter bahkan sempat memprediksi umur Habibie hanya sampai 25 tahun saja.

Apa yang dialami Habibie tidak membuatnya menyerah begitu saja. Di samping penyakit yang di deritanya, Habibie adalah seseorang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Penyakit tidak menjadi salah satu alasan untuk membuatnya berhenti belajar. Sama seperti anak-anak lainnya, Habibie kecil juga memiliki banyak mimpi yang ingin ia wujudkan suatu hari nanti. Habibie memiliki keinginan yang kuat untuk membahagiakan kedua orang tuanya khususnya sang Ibu.

Kedua orang tua Habibie mengaku jika anaknya kerap sering mendapat perlakuan diskriminatif dari lingkungan sekitarnya. Salah satu kejadian yang membekas di ingatan kedua orang tuanya adalah saat Habibie tidak dapat diterima di Sekolah umum terkemuka. Pihak sekolah memberi alasan dimana mereka tidak dapat menyediakan fasilitas khusus untuk penyandang disabilitas. Kedua orang tua Habibie tidak pernah menyerah, mereka terus mencari sekolah yang dapat menerima kondisi anaknya, dengan harapan Habibie akan mendapatkan pendidikan terbaik disana.

Setelah kelulusan SMA, orang tua Habibie mendaftarkan anaknya untuk mengikuti pelatihan Internet Marketing. Ini merupakan awal mula Habibie menumbuhkan kecintaannya pada bisnis online. Perlahan namun pasti, Habibie mengaplikasikan semua ilmu-ilmu yang didapatinya semasa ia menjalani pendidikan. Habibie kemudian mencoba untuk mendaftarkan diri di beberapa program situ dunia, salah satunya adalah affliate situs Amazon. Dengan memperhitungkan biaya laba yang akan di dapatkannya, Habibie melakukan penjualan pertamanya, yaitu produk game PS3.

Berkat usah, kerja keras dan optimisme yang tinggi, Habibie terus berusaha sehingga ia bisa mendapatkan komisi $124, $500, $1000, dan $2000 dari Amazon.

Uang penghasilan dari Amazon dipakai Habibie untuk mengikuti kursus-kursus internet marketing lain, seperti Eprofitmatrix, Dokterpim, dan Indonesia Bootcamp. Dari berbagai kursus dan pengalamannya Habibie menerbitkan Ebook Panduan Sukses dari Amazon dan membuat situs Listing Rumah (rumah101.com). Habibie berhasil menjadi entrepeneur yang sukses dari hasil kerjanya sebagai internet marketer di usianya yang ke 20 tahun. Ia juga mampu mendirikan Yayasan Habibie Afsyah untuk memberdayakan orang-orang seperti dirinya. Akhirnya usaha Habibie di bisnis online mengantarkan Habibie menjadi mandiri dan sukses secara finansial. Kini ia dikenal sebagai pengusaha sukses dan motivator.

Pada era globalisasi dan modern seperti ini, tentunya bisnis online semakin marak dan bisa menjadi salah satu kesuksesan bagi setiap orang yang mau belajar dan berusaha. Bisnis online dilihat menjajikan karena kebutuhan yang dibutuhkan masyarat pun sudah beralih dari transaksi offline ke online. Masyarakat lebih tertarik jika semua kebutuhannya dapat terpenuhi secara mudah, instan, dan tidak membutuhkan banyak waktu, oleh karena itu bisnis online menjadi platform utama bagi para pengusaha dan pembisnis. Namun, apakah hanya pengusaha yang dapat mencapai kesuksesannya dalam berbisnis online?

Anda pun bisa seperti Habibie, memulai dari awal hingga sukses melalui bisnis online. Namun, keterbatasan pengetahuan dan keahlian Anda dalam berbisnis masih sangat awam? Kini tidak perlu lagi khawatir karena komunitas ACE Commerce akan membantu Anda untuk berbisnis secara online, mulai dari social selling, market research, digital marketing dan masih banyak yang lainnya. Dengan fitur terbaru kami yaitu Online Course, setiap orang yang mendaftar dan menjadi member kami, dapat mengakses Online Course secara gratis.

Langsung daftarkan dirimu di tautan https://acecommerce.org/ dan nikmati layanan online course yang disediakan Ace Commerce secara gratis!

 “Kalau Saya yang punya keterbatasan seperti ini saja bisa, Anda pasti bisa! Kemandirian dan kesuksesan adalah kodrat Anda” Demikian tulis Habibie Afsyah dalam bukunya berjudul “Kelemahanku adalah Kekuatanku untuk Sukses”.

Jadi jangan mudah menyerah dan jangan berhenti untuk belajar, kisah Habibie dapat menginspirasi kita bahwa kekurangan bisa menjadi kelebihan bagi kita yang senantiasa mau berusaha dan berjuang.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!