Kenalan bersama Ace Commerce yuk!

Halo Sobat Komunitas Amazing Cross-Border E-Commerce!

Kamu sudah kenal lebih dalam dengan Ace Commerce belum? Apasih Ace Commerce itu? Bedanya apa ya Asia Commerce dengan Ace Commerce? Yuk! Kita bahas dengan tuntas di artikel ini untuk kamu yang ingin tau lebih dalam perihal Ace Commerce!

Ace Commerce merupakan sebuah komunitas di Indonesia untuk kamu yang tertarik belajar tentang Ekspor, Impor, Dropship Internasional, Cross Border E-commerce & menjadi Pengusaha Bisnis dengan Menjelajahi Peluang dalam berbagai Perdagangan (E-commerce, Perdagangan Offline, Perdagangan Grosir).

Perkembangan perdagangan produk-produk asing yang dijajakan dari aplikasi belanja online lintas negara atau biasa disebut dengan (cross-border e-commerce) mulai menjadi tren baru pada tahun ini. Meskipun masih tumbuh sangat kecil, akan tetapi pemerintah mengkhawatirkan gempuran produk-produk asing yang trennya terus mengalami peningkatan. Oleh karena itu terbentuklah Ace Commerce untuk menjadi wadah bagi setiap orang yang ingin belajar lebih dalam perihal Bisnis Online.

Sebelum kamu mengenal lebih dalam lagi dengan Ace Commerce, kita mau sedikit jelasin nih istilah apa ajasih yang biasa nya ada di E-Commerce?

Berikut ini beberapa istilah yang ada dalam E-Commerce :

1. E-cash/electronic cash

E-cash juga disebut Digital Cash atau Digital Money. Uang tunai yang biasa digunakan sebagai alat pembayaran kini dapat digunakan secara elektronik dengan cara mengirimkan nomor dari satu komputer ke komputer lain. Nomor tersebut kemudian diisukan oleh sebuah bank dan merepresentasikan sejumlah uang yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran seperti biasa.

2. E-wallet/electronic wallet

Melalui metode pembayaran e-wallet pembayaran dilakukan dengan cara menyimpan nomor kartu kredit anda ke hard disk dalam kondisi terenkripsi dengan aman. Pada e-commerce yang mendukung sistem pembayaran dengan e-wallet ini, ketika tombol “pay” ditekan maka proses pembayaran melalui kartu kredit akan dilakukan secara aman oleh server perusahaan tersebut.

3. Credit Card dan Smart Card

Dalam transaksi e-commercecredit card atau kartu kredit digunakan sebagai sarana untuk berbelanja yang memungkinkan untuk pembayaran tidak langsung dilunasi saat pembelian dilakukan, sehingga produk yang dibeli dapat dicicil hingga beberapa kali. 

4. Dropshipping

Dropshipping adalah sebuah tipe e-commerce dimana si distributor atau produsen dari suatu produk mengirimkan produknya langsung kepada si pembeli (sudah dalam keadaan dikemas), sehingga si dropshipper tidak perlu menjadi perantara tetapi ikut mengambil untung dari hasil penjualan tersebut.

5. Payment Per Click (PPC)

PPC adalah sebuah bentuk periklanan online dimana setiap ada orang yang meng-klik pada suatu produk atau iklan pada website e-commerce tertentu, si penjual atau pemilik toko online tersebut akan membayarkan sejumlah uang yang jumlahnya telah disepakati sebelumnya. Contohnya adalah pada e-commerce jenis marketplace.

6. Payment Getaway

Payment getaway adalah prosedur pembayaran yang dilakukan untuk setiap transaksi pada sebuah e-commerce. Metode ini bisa dilakukan secara onsite maupun offsite, tergantung mana yang paling cocok dengan modelnya.

7. Wholesaler dan Retailer

Jika dalam perdagangan di dunia nyata dikenal istilah pedagang grosir dan eceran, maka dalam e-commerce pun dikenal pula wholesaler dan retailerWholesaler adalah suatu unit usaha yang membeli atau menjual kembali produknya kepada para pengusaha (yang bukan merupakan pengguna akhir). Sementara itu, retailer adalah orang yang membeli barang dalam jumlah besar kemudian dijual kembali kepada pembeli individu.

8. E-checks/electronic checks

Alat pembayaran e-commerce ini memungkinkan customer untuk melakukan pembayaran kepada penjual dengan mengirimkan check elektronik via e-mailCheck berisi pesan yang memuat semua informasi yang diperoleh dari check yang sebenarnya tetapi bisa ditanda tangani secara digital atau surat kuasa. Tanda tangan elektronis tersebut ditulis dalam bentuk sandi dengan cara mengenkripsi melalui kunci rahasia customer, kemudian penjual mengesahkan dengan kunci private. Pesan yang dihasilkan akan disandikan dengan kunci rahasia pihak bank hingga disediakan kunci pembayarannya.

9. Cash on Delivery (CoD)

COD merupakan suatu metode pembayaran e-commerce dimana si pembeli menyerahkan uang atau membayar sejumlah uang kepada si penjual saat terjadi pengiriman barang sesuai kriteria yang telah disepakati. 

Sudah jelas dengan istilah yang ada di e-commerce? Sekarang kita lanjut ya kira-kira apa ajasih keuntungan yang akan kamu dapatkan kalau join member Ace Commerce?

Keuntungan untuk kamu yang join menjadi member Ace Commerce, nantinya kamu bisa banyak mendapatkan pengetahuan dari beberapa mentor yang ada di Ace Commerce loh! Kamu bisa mempelajari bagaimana membuka bisnis online, dan mengembangkan bisnis mu untuk bisa bersaing dengan pasar. Selain itu Ace Commerce juga bekerjasama dengan Asia Commerce yang merupakan perusahaan ekspor-impor dan Fulfillment yang tentunya bisa mempermudah kamu dalam mencari barang atau produk apapun dari luar negeri, dan begitupun sebaliknya, menjual barang kemanapun di luar negeri.

Ace Commerce memiliki beberapa kegiatan diantaranya event expert talk sekali setiap bulannya, publikasi konten seputar Ace Commerce di Instagram dan Youtube, dan Online Course yang dimentori oleh para expert seputar marketing yang dikhususkan untuk member Ace. Event yang telah di selenggarakan oleh Ace Commerce bertujuan untuk mengedukasi dan menjadi suatu kesempatan untuk pengusaha muda yang ingin berdiskusi dengan pembicara yang expert di bidangnya.

Di dalam struktural Ace Commerce sendiri dibagi menjadi dua divisi yaitu, Content dan Procurement. Dari kedua divisi tersebut tentunya memiliki tugas yang berbeda ya sobat Ace! Untuk divisi content memiliki tugas membuat dan mengelola seluruh social media yang digunakan oleh Ace Commerce. Sedangkan Procurement bertugas untuk membantu suplier local memasarkan produknya didalam market place yang dimiliki Ace Commerce yaitu Indo Buy Buy.

Setiap masing-masing divisi bertanggung jawab pula untuk mengelola akun online store, yaitu sebuah web untuk kamu yang ingin memulai bisnis online tanpa modal dan tanpa memikirkan barang dagangannya. Gimanasih caranya kita jualan tanpa modal? Nah… itulah keuntungannya kalo kamu join member Ace ataupun menjadi bagian dari Ace Commerce. Selain mendapat banyak pelajaran perihal dunia E-Commerce kamu juga mendapat keutungan punya usaha sendiri loh!

Ada salah satu peribahasa yang mengatakan “Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui juga sekali tepuk dua lalat” artinya satu kali melakukan pekerjaan, mendapatkan beberapa hasil (atau keuntungan) sekaligus. Kalau kamu yang bergabung dengan kita hal ini bisa kamu dapatkan loh! Caranya adalah kamu harus bisa memanfaatkan waktu untuk menjalin relasi dengan rekan  pengusaha lain dan selalu mencari cara untuk mengembangkan usaha kamu agar dapat di kenal banyak orang.

Sedikit banyak nya sudah kita jelasin nih tentang Ace Commerce, kalau kamu ada yang tertarik join member kita boleh banget loh contact kita lewat web Ace Commerce! Atau kalau kamu masih mau bertanya perihal Ace Commerce bisa juga follow Instagram kita di @acecommerceid dan tanya langsung via Direct Massage kita. Di Instagram kita juga ada banyak info perihal kegiatan Ace Commerce loh!

Buat kamu sobat Komunitas ACE Commerce yang punya pandangan mengenai artikel ini ataupun ada ide dan saran, silahkan isi kolom komentar dibawah ini, selamat sukses! 🙂

Instagram : acecommerceid & acecommerceorg
Youtube : ACE Commerce ID

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!