Jastip Jadi Salah Satu Bisnis Commerce baru, Yuk Pelajari Tips & Tricknya!

Jastip dong, Sis”

“Harga udah belum termasuk ongkir jastip ya”

“Yang mau, langsung pc aku ya. barang nya limited jadi first pay first get ya”

Source: Tirto.id

Kalimat-kalimat diatas tentu sudah tidak asing bagi kalian yang rajin berselancar di sosial media terutama Instagram. Yap, bisa ditebak, adalah bisnis jasa titip atau yang lebih popular disebut dengan jastip yang 3 tahun belakangan ini sedang naik daun di Indonesia. Hanya dengan bermodalkan smartphone dan budget yang relative tidak terlalu besar, kalian bisa meraup keuntungan hingga puluhan juta perbulan, dengan catatan dijalankan dengan serius ya, sobat!

Dengan potensi keuntungan yang bisa mencapai ratusan juta, tentu menjadi hal yang wajar bagi para traveler Indonesia yang senang berbelanja yang awalnya hanya ingin liburan dan memenuhi hasrat belanja sambil membeli barang-barang unik dan menarik, akhirnya menjadikan jastip sebagai salah satu ‘pekerjaan’ di tengah-tengah liburan.

Seperti yang dilakukan oleh Astie yang awalnya hanya mencoba bisnis jastip dengan pergi ke mal-mal di kawasan Bandung, Jawa Barat untuk membeli barang titipan khusus anak. Dengan gencarnya promosi yang dilakukan dan ssemakin bertambahnya jumlah customer, kini Astie mulai membuka jastip dengan rute mulai dari Singapura, Thailand, hingga ke Jepang. Omzet bersih yang didapatkan bisa mencapai angka Rp 40-50 juta hanya dalam sekali belanja keluar negeri. Sebelum berangkat ke luar negeri, Astie sudah memiliki target barang yang akan dibeli disana. Selanjutnya para pelanggan penuh sebelum keberangakatan.

Lain cerita dengan yang apa yang dialami oleh Pipit, sapaan akrabnya, yang menjalankan bisnis jastip ini bersama dengan suaminya, Rudini Saputra. Demi menekuni bisnis jasa titip, pasutri ini rela meninggalkan pekerjaan tetapnya di salah satu perusahaan rokok ternama di Indonesia. Rudini, yang belajar banyak tentang strategi pemasaran di kantornya, sudah sejak lama melihat bisnis jastip ini sebagai peluang besar dan bisa menjadi pendapatan utama keluarga. Perputaran angka yang dihasilkan dari bisnis jastip ini juga tidak main-main lho sobat! Tercatat dalam sebulan mereka bisa meraup pendapatan hingga Rp500 juta! Dengan semakin berkembangnya bisnis ini, Rudini dan Pipit sampai harus memperkerjakan dua karyawan untuk membantu mengemas barang yang akan dikirim ke pelanggan.

Nah, untuk bisa berhasil dalam menjalankan bisnis jastip ini, selain harus memiliki fisik yang kuat dan tidak mudah lelah selama berbelanja barang pesanan customer, tentu pemilihan tiket pesawat, tempat penginapan, dan segala keperluan traveling yang sesuai budget  sebelum berpergian keluar negeri juga menjadi faktor pendukung keberhasilan bisnis jastip lho, sobat! Terlebih lagi bagi kalian yang baru saja ingin merintis bisnis ini. Mau tau gimana caranya? Yuk simak tips dan trik traveling ke luar negeri dengan budget murah:

  1. PILIH WAKTU YANG TEPAT

Hal pertama yang harus kalian pertimbangkan ketika travelling ke luar negeri adalah pemilihan waktu yang tepat, sebab ini akan berkaitan langsung dengan jumlah biaya yang akan dibutuhkan selama perjalanan kalian nanti.  Ketika kalian travelling, sangat dianjurkan untuk kalian memilih melakukan perjalanan di low season, dimana harga tiket serta penginapan cukup terjangkau. Berbeda halnya jika memilih waktu liburan di high season, sudah pasti biaya yang dikeluarkan juga cukup mahal.

  • CARI PENGINAPAN ALTERNATIF SELAIN HOTEL

Salah satu cara untuk menghemat budget, kamu bisa memilih hostel sebagai alternative yang biasanya lebih murah dari hotel biasa. Kalau kamu pergi beramai-ramai, bisa juga mempertimbangkan menyewa rumah atau apartemen sebagai pilihan.  

Source: Quora
  • KEJAR TIKET PROMO MAUPUN PROGRAM DISKON
source: Google

Salah satu biaya terbesar untuk melakukan perjalanan adalah biaya tiket transportasi menuju dan kembali dari tempat tujuan. Untuk itu, mengejar tiket promo adalah salah satu kunci untuk pergi traveling keluar negeri. Ada 2 cara untuk bisa mendapat tiket ekonomis ini. Pertama, menunggu offline maupun online travel fair dari maskapai peneerbangan. Umumnya, mereka sudah punya jadwal setiap tahun, sehingga kamu bisa menyesuaikan penawaran dai maskapai yang paling sesuai dengan rencana perjalanan kamu ya sobat! . Kedua rajin mengecek penawaran special dari OTA (Online Travel Agent). Kamu hanya perlu rajin menghitung, kode promo mana yang paling menguntungkan untuk kamu.

Kalo kamu tertarik untuk tau lebih lengkap gimana tips-tips traveling lain yang akan semakin memudahkan kamu berpergian keluar negeri, kamu bisa dateng ke salah satu event Ace Commerce dengan pembicara Founder dari TX Travel, Anton Thedy. Dari event ini, selain jadi tahu tips dan trik traveling ke luar negeri, kamu juga tentu bisa tahu lebih dalam tentang bagaimana bisnis Travel berkembang di era digital seperti saat ini.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa check di akun instagram kami di @acecommerceid ya sobat!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!