Cara menentukan menentukan produk apa yang kamu jual untuk bisnis online kamu

Menjadi seorang pengusaha yang sukses tentunya memerlukan beberapa hal yang diperlukan dalam menjalankan usahanya. Setiap pengusaha menginginkan untuk memiliki banyak pembeli terutama memiliki banyak penghasilan dan dikenal oleh masyarakat akan produk yang dijualnya. Sebagai seorang penjual, kita harus memiliki ketentuan akan produk seperti apa yang akan kita jual dan siapa target pasar yang diinginkan. 

Beberapa cara sering dilakukan oleh pengusaha pemula untuk menentukan produk apa yang akan dijual dan terkadang sering mengalami kesulitanuntuk mendapatkan pendapatan yang diinginkan. Maka dari itu sebagai pengusaha baru kita harus betul-betul memahami produk apa yang ingin kita jual di dalam bisnis online kita. 

Pertama-tama sebagai pengusaha kita harus memulai dengan hal yang kita ketahui dengan baik. Seperti halnya jika anda ingin membuka usaha servis mobil tentunya pasti anda memahami dengan betul mengenai spare part kendaraan. Contoh lainnya mungkin saja anda sudah sering membeli pakaian formal untuk pesta, tentunya anda jadi mengetahui bahan baju pesta seperti apa yang cocok untuk anda. Maka dari itu sebagai langkah pertama kita harus mengetahui dimana letak bidang yang kita kuasai. 

Setelah mengetahui bidang apa yang paling anda kuasai, tentunya dalam memulai suatu usaha kita harus mengetahui produk apa saja yang sedang diperbincangkan oleh pasaran dan melihat seberapa besar peluang yang dapat dijalankan. Dengan mengetahui seberapa besar peluang anda sebagai pengusaha tentunya dapat mempermudah anda dalam memasarkan produk yang anda jual. 

Jika telah melakukan pencarian mengenai seberapa besar peluang anda, anda dapat membuat brand produk anda semenarik mungkin agar terdengar oleh masyarakat. Dengan membangun suatu brand tentunya dapat membangun pola pikir masyarakat, maka dari itu anda harus mengidentifikasi target pasar anda seperti apa sehingga anda dapat menyesuaikan nilai produk anda dengan target pasar. Di dalam bisnis online tentunya penting bagi anda untuk menciptakan brand yang unik agar dapat menjadi suatu ciri khas produk anda dan dapat bersaing dengan brand-brand lainnya yang telah lebih dulu mengeluarkan produk di bidang yang sama dengan anda. 

Selain menciptakan ciri khas tersendiri dari suatu produk yang anda jual, tentunya menciptakan ataupun menjual produk yang dapat mengobati rasa sakit masyarakat tentunya akan sangat membantu anda dalam menentukan produk anda. Seperti halnya jika anda sedang ingin berpergian ke dalam suatu acara formal, anda pastinya akan mencari suatu pakaian hingga aksesoris yang dapat membantu anda untuk terlihat rapi pada acara tersebut. 

Menjual produk yang dapat mengobati rasa sakit masyarakat tentunya penting, akan tetapi lebih dari pada itu anda juga harus mensimulasikan dengan cara menciptakan sample produk untuk dijual dan setelah itu anda harus mengukur apakah masyarakat benar tertarik dengan produk anda atau tidak. Bila pasar masih kurang menerima produk anda jangan takut karena anda bisa mencoba kembali memasarkan produk anda dengan cara yang lain seperti meminta ulasan akan produk yang anda jual dari para konsumen yang telah menggunakan produk anda. 

Dalam menentukan produk apa yang ingin anda jual, anda juga harus memeriksa apakah produk yang akan anda jual ini sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah. Apakah ada regulasi yang kurang atau ada larangan tertentu tentang penjualan produk tersebut. Sehingga nantinya pada saat menjual produk tersebut anda tidak memiliki hambatan dalam penjualannya. 

Sebagai pengusaha anda juga harus mempelajari kemungkinan dari ketersediaan produk yang akan anda jual. Apakah produk yang anda jual tersedia sumber daya nya sehingga anda harus memastikan konsistensi ketersediaan barang yang anda jual. Hal ini biasanya dilakukan untuk mencegah konsumen untuk berbelanja di tempat lain. Maka dari itu juga anda harus mencari pemasok/supplier yang dapat membantu anda dan terbukti dapat memasok barang yang anda inginkan secara terus menerus.  

Untuk mendapatkan keuntungan yang anda inginkan,anda harus menentukan apakah produk yang anda jual diperuntukan untuk diri sendiri? Jika seperti itu maka anda hanya perlu membayar bahan yang diperlukan untuk membuat produk tersebut. Akan tetapi dengan cara melibatkan diri anda sendiri sepenuhnya maka anda dapat mendapatkan kerugian seperti memiliki waktu yang kurang untuk melakukan persiapan hingga memproduksi barang anda sendiri hingga pada akhirnya jika permintaan barang anda meningkat maka anda harus mulai mempekerjakan beberapa orang untuk memproduksi barang anda. 

Selain memasok sendiri anda juga dapat membeli barang yang anda inginkan dari pemasok grosir, dimana dengan membeli produk yang sudah dapat langsung dijual dan dibuat dengan bahan yang paling sederhana dan menguntungkan tentunya untuk penjualan online pada saat ini sesuai dengan tren yang sedang berlangsung. Akan tetapi resiko dari mengambil pemasok dengan jenis ini dapat membawa masalah seperti kemungkinan anda salah menghitung maupun mengukur permintaan anda dikarenakan bisa saja pesanan anda berkurang dan jumlah barang yang telah anda sediakan menjadi tidak berguna 

Setelah kedua pilihan tersebut anda dapat menggunakan teknik yang sekarang ini sedang menjadi suatu trend yaitu dropshipping. Dimana hal ini melibatkan cara menjual barang kepada orang lain akan tetapi anda bertindak sebagai perantara dari pembuat produk tersebut dengan konsumen anda. 

Selain menjual barang yang sudah bertahan lama di pasaran, anda juga dapat menjual barang yang sulit ditemukan di pasaran lokal. Seperti halnya pada saat anda membutuhkan peralatan rumah tangga anda pastinya akan pergi ke pusat perbelanjaan yang memang khusus menjual barang tersebut seperti IKEA maupun Informa. Akan tetapi anda pergi kesana tidak mungkin mencari alat pengintai barang maupun aksesoris baju yang biasanya dapat anda dapatkan di tempat lain. 

Maka dari itu penting bagi seorang pengusaha untuk menentukan produk yang diinginkan dan dapat dijual pada bisnis online. Sebagai pengusaha juga kita harus dapat memilih produk yang tepat agar kita dapat mendapatkan sasaran yang tepat.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!