PANDUAN CONTENT MARKETING YANG EFEKTIF DI LINKEDIN

LinkedIn saat ini adalah salah satu platform marketing yang paling efektif untuk menjangkau target audiens dan salah satu tempat terbaik untuk bertemu para profesional dan berjejaring dengan mereka. Semakin luas jaringan Anda, semakin baik prospek Anda untuk menjangkau target audiens. Dengan tren content marketing yang berkembang, orang-orang mulai mempertimbangkan LinkedIn sebagai platform terbaik untuk mencari konten yang relevan secara profesional. Tidak diragukan lagi, dengan format konten yang sudah ditargetkan, LinkedIn melampaui Twitter untuk content marketing dan menjadi pusat untuk mempromosikan setiap jenis konten terkait bisnis.

Bagi Anda yang ingin memaksimalkan content marketing di LinkedIn, Anda dapat mempertimbangkan langkah-langkah berikut:

Siapkan Halaman Perusahaan Anda

Halaman bisnis Anda menawarkan identitas untuk brand Anda dan merupakan tempat di mana Anda harus meletakkan detail tentang sifat bisnis Anda. Tambahkan logo perusahaan Anda sebagai gambar profil yang akan ditampilkan kepada pengikut Anda.

Karena halaman perusahaan adalah inti dari distribusi konten Anda, maka dari itu harus disajikan dengan cara terbaik. Halaman perusahaan juga membantu brand Anda untuk mendapatkan visibilitas di mesin pencari serta di laman pencarian LinkedIn itu sendiri.

Melalui halaman perusahaan, menyampaikan berita kepada pengikut menjadi lebih mudah. Buat rencana dan pastikan untuk membagikan perkembangan mingguan mengenai topik seperti:

  • Saran terkait bisnis
  • Berita perusahaan
  • Tren industri
  • Berbagi perkembangan rutin untuk menjaga minat pengikut Anda dan membantu mereka untuk tetap update.

Buat Content Marketing yang Berorientasi pada Tujuan

Untuk menjangkau audiens Anda secara efektif, Anda perlu menyusun strategi content marketing yang berorientasi pada tujuan. Tujuan Anda seperti:

  • Berikan informasi asli kepada pembaca: Jangan selalu mencoba untuk menjual, lebih baik untuk membantu pengikut Anda dengan membagikan pengetahuan unik. Cobalah untuk membantu mereka dengan berbagi pembaruan dan ide binsis yang mungkin dapat mereka manfaatkan
  • Jadilah menarik: Kita semua tahu bahwa tidak ada yang suka membaca hal-hal yang membosankan. Mengapa tidak menambahkan beberapa grafik yang cerah dan menyenangkan untuk membuat bacaan yang tidak membosankan bagi pengikut Anda
  • Jangan mementingkan diri sendiri: Cobalah aktif di grup dan forum lain agar konten Anda diperhatikan oleh pengikut Anda. Jika Anda meluangkan waktu untuk membaca dan mengomentari konten mereka, kelak mereka juga akan memperhatikan konten Anda.
  • Tulisan Anda harus cukup layak untuk memicu diskusi: Konten yang menarik selalu membantu menarik lebih banyak orang

Buat Rencana yang Relevan pada Konten Perusahaan Anda

  • Anda tahu bahwa LinkedIn penuh dengan pencari kerja; mengapa tidak berbagi tip pekerjaan dengan mereka atau mengundang mereka untuk wawancara langsung di perusahaan Anda?
  • Bagaimana dengan memberi tahu mereka tentang peluang kerja relevan lainnya di pasar? Tidakkah menurut Anda itu adalah rencana yang tepat?
  • Akan sangat baik jika Anda memposting sesuatu yang menginformasikan tentang pengembangan keterampilan mereka
  • Beri tahu mereka tentang prospek perusahaan Anda dan apa yang Anda miliki untuk keperluan profesional lainnya
  • Beri tahu kepada mereka tentang tautan situs web atau video Anda, karena itu akan mendorong mereka untuk memeriksa tautan tersebut

Oleh karena itu, mengetahui jenis konten apa yang terbukti berguna untuk strategi content marketing Anda akan membawa rencana Anda ke arah yang benar.

Pilih dan Bergabunglah dengan Group yang Tepat

Apakah perusahaan Anda berdedikasi untuk menawarkan layanan pemasaran digital? Jika iya, maka berpartisipasi dalam grup yang berkaitan dengan niche Anda harus menjadi tujuan utama Anda. Ada banyak grup di LinkedIn yang selalu dapat Anda ikuti untuk terhubung dengan sesama pesaing.

Hal tersebut akan berkontribusi pada bisnis Anda dengan meningkatkan lalu lintas perusahaan Anda serta dapat menawarkan visibilitas yang lebih baik ke bisnis Anda pada saat yang bersamaan. Bagikan ide Anda dengan mereka untuk mendapatkan kembali informasi terkait.

Untuk menemukan grup yang tepat, lihat jumlah anggota di sana dan volume interaksi yang terjadi di dalam grup. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai interaksi dengan mencentang kotak statistik di sisi kanan layar. Carilah jumlah artikel yang telah diposting dalam sebulan terakhir dan jumlah komentar yang diterima pada masing-masing artikel. Fitur tersebut menawarkan gambaran tentang rasio anggota aktif dan budaya interaksi mereka.

Buat Konten Anda dalam Bentuk SlideShare

Apakah blog dan e-book Anda tidak bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan? LinkedIn memberikan solusi lain dalam bentuk SlideShare. Platform tersebut dibeli oleh LinkedIn untuk memberikan kesempatan kepada para para Content Marketer untuk memposting konten visual melalui SlideShare. Cukup buat akun perusahaan Anda di SlideShare dan tautkan ke halaman perusahaan LinkedIn Anda. Setiap kali Anda membuat presentasi baru di SlideShare, presentasi tersebut akan otomatis muncul sebagai pembaruan di Halaman LinkedIn Anda.

Satu SlideShare yang berhasil dapat menghasilkan keterlibatan yang lebih tinggi dengan konten Anda dan hasilnya daftar pengikut Anda juga turut akan bertambah. Pilih topik yang sedang tren, tambahkan gambar visual yang menarik dan periksalah hasilnya dari fitur ‘readability’ dan ‘shares’. Anda dapat dengan mudah mendaftarkan bisnis Anda pada SlideShare, dan membagikan konten dengan cara yang menarik secara visual.

Beberapa bisnis sudah mempertimbangkan, atau bahkan memulai untuk memaksimalkan potensi mereka dengan memanfaatkan content marketing di LinkedIn. Cobalah untuk masuk ke dalamnya dengan persiapan dan strategi yang lebih matang, kelak Anda akan melampaui memangkan persaingan ini.

Semoga edukasi di atas dapat bermanfaat untuk bisnis Sobat ACE di masa pasca pandemi nanti, ya! Jika Sobat ACE ada pertanyaan mengenai bisnis, Sobat ACE dapat meninggalkan komentar di bawah ini. Untuk belajar lebih lanjut, Sobat ACE bisa mendaftarkan diri di website ACE Commerce acecommerce.org dan juga bisa join dengan online course di website dimana ada berbagai pengertahuan baru mengenai bisnis.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!