Cara Efektif Memulai Bisnis Impor dari China

cara efektif memulai impor dari china

Cara efektif memulai impor dari China. Sobat ACE, di era pertumbuhan bisnis perdagangan internasional saat ini, China dengan cepat menjadi kekuatan super produksi yang mana memproduksi sebagian besar produk konsumen dunia. Mengimpor dari China telah membuktikan taktik yang berhasil dalam pencarian sumber global untuk banyak bisnis. Ini menghadirkan peluang yang luar biasa bagi Anda sebagai pembeli dan pengecer.

Namun, ini bukanlah tugas yang mudah, terutama bagi para pemula. Proses pengimporan bisa sangat rumit, membingungkan, dan mahal. Keuntungan yang diharapkan seringkali dapat terhapus oleh waktu transit yang lama, biaya pengiriman yang naik atau berfluktuasi, biaya regulasi, dan penundaan yang tidak terduga.

Impor dari China
Berikut adalah Panduan langkah demi langkah yang bisa Sobat ACE terapkan. Mari kita lihat cara mengimpor dari China, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat prosesnya lebih lancar dan efisien.

1. Identifikasi hak impor Anda.
Ketika Anda membeli barang dari sumber luar negeri, Anda menjadi importirnya. Kurir seperti DHL / UPS / FedEx akan menangani semuanya dan mengirimkan ke pintu Anda jika paket Anda kecil dan hanya digunakan untuk penggunaan pribadi atau nilainya tidak terlalu besar. Jika demikian, Anda akan menghemat banyak waktu dan uang.

Tetapi sebelum membeli barang komersial ke negara Anda, sebagai bisnis atau individu, Anda perlu mengidentifikasi apakah Anda memiliki hak impor.

Banyak peraturan impor hanya berlaku untuk barang yang diimpor untuk tujuan komersial – bisnis atau dijual kembali. Dan hanya otoritas bea cukai yang dapat membuat keputusan tentang apa yang memenuhi syarat sebagai penggunaan pribadi. Beberapa setelan yang identik atau sejumlah tas yang sangat mirip akan kesulitan melewati uji kredibilitas sebagai barang untuk penggunaan pribadi.

2. Identifikasi barang yang ingin Anda impor.
Perusahaan perdagangan menghasilkan uang dengan menjual produk. Memilih produk yang salah berarti Anda kehilangan waktu dan uang. Jika Anda ingin menjadi importir yang sukses, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih produk yang tepat untuk dijual kembali.

Anda membutuhkan sesuatu yang akan berdiri tegak jika Anda akan meletakkan nama Anda di belakangnya, jadi temukan sesuatu yang bisa dibanggakan tentang penjualan. Produk Anda menentukan bisnis Anda. Produk Anda adalah bisnis Anda!

Pertimbangan utama Anda adalah memilih produk yang bisa Anda jual. Dalam kebanyakan kasus, akan bijaksana untuk memilih produk yang akan Anda beli atau setidaknya Anda ketahui banyak. Produk yang Anda jual sangat penting untuk semua yang Anda lakukan. Mereka akan memengaruhi pemasaran Anda, margin keuntungan Anda, dan desain yang Anda gunakan. Pembatasan logistik dan hukum juga ikut berperan.

Pastikan Anda telah melakukan penelitian dan Anda tahu ada pasar atau ceruk untuk produk yang ingin Anda impor. Selain itu, Anda harus mengetahui kira-kira berapa harga produk Anda seharusnya untuk menghasilkan keuntungan yang memadai dari penjualan.

Sebaiknya Anda mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang barang yang ingin Anda impor. Dapatkan literatur deskriptif, informasi komposisi produk dan, jika memungkinkan, sampel produk. Informasi ini akan menjadi penting ketika tiba saatnya untuk menentukan klasifikasi tarif. Nomor klarifikasi tarif (Kode HS) akan digunakan untuk menentukan tarif bea yang akan diberlakukan untuk barang Anda.

Disarankan agar Sobat ACE dapat memilih produk yang paling Sobat ACE sukai, yang mana Sobat ACE juga akan dengan semangat mengerjakannya. Kemudian pilihlah keunikan produk, yang mana Sobat ACE dapat menjualnya dengan harga tinggi. Yang terakhir, pilih produk yang dapat Anda kirim dalam jumlah banyak dengan biaya pengiriman rendah per unit.

Perhatian:
Sebaiknya Anda tidak selalu mengejar produk ‘panas’ atau produk ‘murah’. Kebanyakan orang terjebak mencari ‘produk yang sempurna’ dan tidak pernah memulainya sama sekali. Tidak ada produk yang sempurna. Setiap produk memiliki tantangan untuk diatasi, dan keuntungan bagi mereka yang melakukannya. Tugas Anda adalah menemukan produk ANDA dan meluncurkannya, lalu berkembang dari sana.

3. Pastikan barang yang ingin Anda impor diizinkan masuk ke negara Anda.
Barang tertentu tidak boleh diimpor. Negara yang berbeda memiliki produk terlarang yang berbeda. Pastikan juga apakah barang yang ingin Anda impor tunduk pada izin, larangan, atau peraturan apa pun oleh pemerintah Anda.

Merupakan tanggung jawab importir (ANDA) untuk memastikan bahwa barang mematuhi berbagai aturan dan regulasi khusus. Anda harus menghindari produk yang tercantum di bawah ini:

Keju, Susu, dan Produk Susu
Buah-buahan, Sayuran, dan Kacang-kacangan
Serangga
Ternak dan Hewan
Produk Daging, Unggas dan Telur
Tanaman dan Produk Tanaman
Biji
Bahan Pengepakan Kayu
Produk Terkait Tembakau
Kembang api
Kain yang Mudah Terbakar
Korek Api Multiguna
Makanan, Obat-obatan, Kosmetik, Dan Alat Kesehatan
Emas dan perak
Bulu binatang
Merek Dagang dan Nama Dagang
Minuman beralkohol
Kendaraan Bermotor Dan Kapal

Mengimpor barang yang tidak aman, yang gagal memenuhi persyaratan kode kesehatan, atau yang melanggar batasan dapat mengakibatkan Anda mengeluarkan banyak uang dalam denda dan denda. Paling tidak, barang semacam itu akan ditahan, dan kemungkinan dimusnahkan.

4. Klasifikasikan barang Anda dan hitung biaya pendaratan.
Tentukan 10 digit nomor klasifikasi tarif untuk setiap item yang Anda impor. Nomor-nomor ini bersama dengan Surat Keterangan Asal digunakan untuk menentukan tarif bea yang harus Anda bayar saat mengimpor. Kemudian lakukan penghitungan biaya tanah.

Perhatikan Incoterms, dan hitung total biaya mendarat sebelum Anda melakukan pemesanan. Misalnya, FOB berarti menjumlahkan tiga hal berikut ini bersama-sama.

Dapatkan harga produk dari pemasok
Dapatkan biaya pengiriman dari agen pengiriman (jika pengiriman ke pintu, itu sudah cukup)
Dapatkan biaya bea cukai, bea & pajak, transportasi darat dari pendaratan ke gudang Anda
Sangat penting untuk mendapatkan biaya pendaratan lebih awal; tidak ada yang mau kehilangan pelanggan (karena memperkirakan biaya terlalu tinggi) atau pendapatan (memperkirakan biaya terlalu rendah). Jika lebih tinggi dari yang Anda perkirakan, Anda dapat mencoba mencari cara untuk mengurangi elemen biaya. Jika sesuai dengan anggaran Anda, Anda dapat melanjutkan dan memulai prosesnya.

Anda mungkin tidak mengetahui secara pasti biaya sesuatu sampai kiriman Anda tiba. Dalam kasus ini, Anda perlu memperkirakan biaya Anda seakurat mungkin. Dapatkan taksiran dari perusahaan tempat Anda bekerja dan lihat biaya dari pengiriman sebelumnya untuk mendapatkan gambaran tentang jumlah yang harus Anda bayarkan.

Biaya tak terduga yang mungkin muncul selama pengiriman terkadang akan menyebabkan fluktuasi dalam total biaya darat Anda, yang sangat normal. Meskipun Anda harus menentukan sebanyak mungkin biaya Anda di muka, perkiraan yang terinformasi bisa sangat bermanfaat. Kemudian, setelah Anda mendapatkan biaya akhir aktual, gabungkan dengan taksiran yang Anda gunakan.

5. Temukan pemasok Anda di Cina dan lakukan pemesanan.
Tempatkan pesanan Anda dengan vendor, pengirim atau eksportir dan tentukan persyaratan pengiriman yang akan digunakan.

Setelah Anda memilih pemasok Anda, mintalah P / I (Proforma Invoice atau Lembar Penawaran) untuk pembelian prospektif Anda untuk menyertakan nomor sistem yang diselaraskan, deskripsi & nilai per item. P / I Anda harus menunjukkan berat & dimensi yang dikemas serta jangka waktu pembelian Anda.

Apa itu faktur proforma? Ini adalah dokumen tidak mengikat yang membantu menganggarkan pembelian Anda di masa mendatang. Ini bukan pesanan pembelian juga tidak menciptakan kewajiban hukum.

Perhatian:
1. Pastikan pemasok akan menyetujui pengiriman dengan syarat FOB dari pelabuhan atau bandara terdekat karena hal ini akan sangat mengurangi biaya pengiriman Anda dan memberi Anda kontrol lebih besar atas pengiriman.

Misalnya, jika Anda mengimpor dari China dan pelabuhan terdekat dengan pemasok adalah Shanghai, Anda akan meminta persyaratan FOB Shanghai.

* Jika itu pesanan percobaan atau pengiriman kecil, EXW juga akan baik-baik saja.

2. Perlu diingat pengiriman melalui laut memang cukup lambat, dan ini artinya tentunya membutuhkan perencanaan jangka panjang yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan pembelian produk dalam negeri. Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk mengekspor barang, termasuk dokumentasi, perjalanan darat, bea cukai, dan penanganan pelabuhan atau terminal untuk satu kontainer barang bisa memakan waktu hingga 7 hari.

Secara umum, kami merekomendasikan memesan minimal 3 bulan sebelum Anda membutuhkan barang di depan pintu Anda.

Sobat ACE disarankan untuk TIDAK:
1. Selalu mencari harga terendah.

Jika Anda menemukan kutipan yang jauh lebih murah daripada yang lain, angkat bendera merah. Anda harus tahu bahwa tidak ada harga terendah di China, hanya harga yang lebih rendah dan lebih rendah. Harga terendah selalu disertai dengan resiko tinggi, mungkin kualitas, kuantitas atau reputasi.

Temukan saja pemasok yang dapat diandalkan dan tumbuh bersama mereka dengan cara yang sehat.

2. Gagal mengklarifikasi detail produk.

Jika Anda tidak terlalu paham dengan pemasok Anda tentang spesifikasi yang Anda butuhkan, ada kemungkinan besar Anda akan menerima apa yang tidak Anda inginkan. Tidak jelas berarti pabrik akan membuat keputusan untuk Anda berdasarkan penghematan biaya.

Pastikan Anda memeriksa ulang bahan dan proses pembuatan setiap penawaran sehingga Anda dapat merasa yakin dengan produk yang Anda beli.

Pastikan pemasok Anda telah benar-benar mengkonfirmasi setiap spesifikasi produk target Anda, termasuk kemasannya. Terkadang, sampel perlu dikirim untuk diperiksa ulang.

3. Menunjukkan ketidakpercayaan terhadap pemasok Anda.

Perdagangan internasional didasarkan pada rasa saling percaya. Jika Anda tidak mempercayai pemasok Anda, tidak ada yang akan menjaga produksi Anda di pabrik, dan tidak ada yang dengan tulus akan membantu Anda saat masalah terjadi.

6. Atur transportasi kargo Anda.
Ada banyak biaya yang terkait dengan pengiriman barang, termasuk biaya peti kemas, pengemasan, penanganan terminal, dan biaya perantara. Untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang biaya pengiriman, masing-masing faktor tersebut harus diperhitungkan.

Setelah puas dengan penawaran pengiriman, Anda harus mengirimkan atau meneruskan detail kontak pemasok Anda kepada kami. Kami akan mengambilnya dari sana. Kami akan terus berhubungan dengan Anda dan pemasok Anda, memastikan transportasi pengiriman Anda cepat dan aman.

Cek detailnya:

1. 2 hal teratas yang perlu dipertimbangkan saat pengiriman dari China
2. Angkutan laut
3. Angkutan udara
4. Layanan kurir

Sobat ACE disarankan untuk: 
1. Selalu pertimbangkan bahwa penundaan mungkin terjadi selama proses, seperti barang mungkin tidak diproduksi tepat waktu, kapal mungkin tidak berlayar sesuai jadwal, barang mungkin ditahan oleh bea cukai. Bersiaplah dan rencanakan dengan tepat.

Jangan berharap kargo Anda akan segera meninggalkan pelabuhan setelah selesai dibuat di pabrik. Karena dibutuhkan minimal 1 ~ 2 hari untuk pengangkutan cargo anda dari pabrik ke pelabuhan. Dan proses Pemberitahuan Pabean membutuhkan kargo Anda untuk tinggal di pelabuhan setidaknya selama 1 ~ 2 hari.

Selain itu, hanya ada satu frekuensi rute setiap minggu dalam beberapa kasus. Merindukan hari dalam minggu ini, Anda harus menunggu hingga minggu depan.

2. Pilih mitra pengirim barang yang baik.

Logistik adalah aspek bisnis modern yang sangat dihargai. Biaya pengiriman mencakup biaya langsung dan tidak langsung untuk mengangkut produk dari tempat asalnya ke pasar tujuan.

Jika mereka melakukannya dengan benar, dan memilih penyedia logistik yang baik; mereka dijamin operasi yang lancar, biaya yang dapat dikelola, dan arus kas yang berkelanjutan.

Jika mereka salah, paling tidak mereka dapat meningkatkan biaya dan pemborosan. Paling buruk, mereka mungkin menghadapi model bisnis yang gagal yang pada akhirnya harus ditutup. Perusahaan akan terus merugi jika logistiknya tidak dikelola dengan baik.

7. Lacak kargo Anda dan bersiaplah untuk kedatangan.
Pengiriman barang secara internasional membutuhkan waktu. Misalnya barang yang dikirim dari China, rata-rata butuh waktu sekitar 14 hari untuk sampai di Pantai Barat Amerika Serikat atau 30 hari untuk sampai di Pantai Timur.

Biasanya penerima barang akan diberitahu melalui pemberitahuan kedatangan dalam waktu 5 hari atau kurang dari kedatangan di pelabuhan, oleh agen tujuan yang tercantum di B / L.

Saat pengiriman mencapai AS,importir tercatat (yaitu, pemilik, pembeli, atau perantara pabean berlisensi yang ditunjuk oleh pemilik, pembeli, atau penerima barang) akan mengajukan dokumen entri untuk barang dengan direktur pelabuhan di pelabuhan masuk barang. Cara efektif memulai impor dari China.

Dokumen entri adalah:

Bill of lading yang mencantumkan barang yang akan diimpor.
Faktur resmi yang mencantumkan negara asal, harga pembelian, dan klasifikasi tarif barang yang diimpor.
Daftar pengepakan yang merinci barang impor.
Pemberitahuan kedatangan yang diberikan oleh agen pengiriman.
Anda akan mempercepat pembersihan barang Anda melalui perbatasan jika Anda:

Faktur barang Anda secara sistematis,
Tunjukkan jumlah persis setiap item barang di setiap kotak, bale, case, atau paket lainnya,
Beri tanda dan nomor pada setiap paket,
Tunjukkan tanda atau nomor pada faktur Anda berlawanan dengan perincian barang yang terkandung dalam paket yang memiliki tanda dan nomor tersebut.
Itu selalu menjadi tanggung jawab importir tercatat untuk mengatur pemeriksaan dan pengeluaran barang. Jika timbul masalah yang perlu Anda atasi, Anda harus mengetahui langkah-langkah yang dilalui barang Anda saat dibersihkan oleh bea cukai negara Anda.

8. Dapatkan kiriman Anda.
Saat barang tiba, buat pengaturan untuk perantara pabean Anda untuk mengurusnya melalui bea cukai (dan karantina jika ada). Jika semuanya berjalan lancar, Anda berhak mengambil kiriman Anda.

Setelah Anda menerima barang Anda dan telah memastikan kualitas, kemasan, petunjuk dan labelnya, Anda sebaiknya mengirim email ke pemasok Anda dan memberi tahu mereka bahwa Anda telah menerima barang Anda tetapi belum memeriksanya. Beri tahu mereka bahwa Anda akan menghubungi mereka setelah Anda meninjau item dan mudah-mudahan, buat pesanan lain. Cara efektif memulai impor dari China.

Cara efektif memulai impor dari China. Nah itu dia Sobat ACE, penjelasan seputar bagaimana cara efektif memulai bisnis impot dari China. Apabila Sobat ACE ingin membaca artikel lebih lanjut mengenai bisnis ekspor impor, digital marketing, entrepreunership, copywritingbrand awareness, reseller, dan masih banyak lagi seputar dunia pemasaran atau bisnis, maka Sobat ACE dapat mengunjungi situs ACE Commerce Community. Sobat ACE juga dapat mengunjungi Online Course ACE Commerce Indonesia untuk mendapatkan banyak ilmu terkait dunia marketing ataupun bisnis yang dapat dikembangkan. 

cara efektif memulai impor dari china

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!