Bagaimana Cara Memilih Produk E-Commerce Pertama Kamu dengan Baik

Ketika kamu belum pernah menjalankan bisnis sebelumnya dan baru ingin merintis sebuah bisnis, mungkin kamu akan merasa kebingungan dan bimbang kira-kira produk seperti apa yang sesuai dengan karakteristik dari bisnis yang kamu mau? Faktanya, zaman sekarang perkembangan E-Commerce sudah semakin luas sehingga kamu harus tahu betul terhadap produk atau barang apa yang kamu jual, yang memang dibutuhkan oleh target pelanggan kamu dan memiliki daya tarik untuk dibeli. Betul sekali! Selain kemampuan kamu dalam melakukan marketing bisnis kamu, produk kamu juga harus memiliki nilai tersendiri sehingga dapat menarik minat target pelanggan kamu untuk membelinya. Terkadang banyak dari penjual yang belum mengerti dan bingung tentang nilai-nilai dari produk yang mereka jual. 

Betapa pentingnya jenis suatu produk sehingga akan mempengaruhi aspek lain misalnya, bisa seperti keunggulan dari produk, bahan baku produk, harga jual hingga penyesuaian promosi / branding dari tiap jenis produk. Jenis suatu produk juga bisa mempengaruhi biaya logistik dan perijinan yang bisa berimbas kepada hasil penjualan dan keuntungan yang didapat tidak maksimal. Sebagai contoh ya sobat, kamu menjual produk furnitur, apa yang menjadi keunikan dan nilai jual produk kamu sehingga dapat bersaing dengan kompetitor yang sudah besar seperti Ikea atau Informa? Dan bagaimana dengan rincian biaya bahan baku, produksi, hingga pendistribusian yang bisa menjangkau seluruh domestik hingga ekspor (jika mau ekspansi). Pemilihan produk untuk dijual itu terdengar simple namun kenyataannya cukup rumit bukan?

Persoalannya sekarang adalah, bagaimana cara agar kamu tidak salah dalam memilih produk pertama yang akan kamu jual? Mari kita bahas satu-persatu!

1. Ketahui Kebutuhan Target Pelanggan

Ini adalah pengetahuan wajib yang basic ketika baru akan memulai bisnis apapun. Keadaan dalam pasar bisa berubah sewaktu-waktu karena faktor permintaan dan penawaran yang dilakukan oleh pembeli dan penjual. Perubahan yang terpengaruh bisa berupa harga, jumlah kuantitas barang yang beredar dan biaya jasa serta pengiriman produk barang. Hal ini pun berlaku juga pada bisnis ecommerce, kita tahu saat ini platform ecommerce mampu menghadirkan jenis produk apapun selama produk tersebut dibutuhkan oleh masyarakat. Kuncinya ialah selalu mengikuti perkembangan yang ada di pasar, dan mendengarkan apa yang dibutuhkan masyarakat. Di saat kamu sudah menentukan latar belakang, karakter, dan keunikan dari ecommerce kamu, selanjutnya penyesuaian pemilihan produk pertama kamu akan lebih mudah.

Source: Pifcapital

2. Sesuai Dengan Passion Kamu

Kebanyakan orang akan senang dalam melakukan berbagai kegiatan selama itu masih termasuk kedalam passion-nya. Begitupun saat akan memulai bisnis ecommerce, jika kamu tidak menyukai dunia ecommerce dan tidak cepat adaptasi untuk paham tentang bagaimana proses berjalannya maka akan sulit untuk bertahan. Kamu bisa menyalurkan passion kamu dalam pemilihan produk di bisnis ecommerce kamu, terlebih jika ini sebagai produk pertama. Seperti apa contohnya? Bisa dari hanya sekedar hobi kamu, atau obsesi kamu terhadap suatu benda atau barang yang kamu sukai dan kagumi. Jika kamu suka mobil dan alat transportasi lainnya, kamu bisa memulai bisnis ecommerce yang segmen produknya berhubungan dengan otomotif seperti komponen spareparts. Atau, jika kamu suka menjadi fashionable dengan casual style, maka produk pertama yang kamu pilih bisa kaus, jacket jeans, skinny jeans ataupun sneakers. Jadi, jangan salah tentukan pilihanmu sobat!

3. Harus Untung!

Jika berbisnis maka kamu haruslah usaha untuk mendapatkan keuntungan. Ini adalah prinsip dasar yang harus dimiliki bagi para pebisnis, termasuk pegiat ecommerce. Dan pemilihan produk pertama kali kamu, akan sangat mempengaruhi penilaian dari target pelanggan kamu. Mengapa? Karena terkadang first impression akan selalu melekat difikiran orang terhadap sesuatu yang mereka nilai dan hal tersebut akan sulit untuk di ubah. Berbicara tentang produk yang menghasilkan keuntungan, pilihlah produk berdasarkan analisa kamu akan menghasilkan keuntungan yang konsisten dari sisi penjualan kuantitas produknya. Semakin banyak produk yang terjual otomatis akan meningkatkan keuntungan yang kamu raih.

4. Selalu Cek Yang Trending

Apa produk yang lagi hot saat ini? Pertanyaan itu harus sering kamu searching di internet, di platform marketplace apapun misalnya. Saat kamu tahu produk apa yang lagi trending, akan memudahkan kamu dalam memilih produk pertama kamu untuk di jual. Tren itu penting, karena akan sangat mempengaruhi arah masyarakat dalam membeli produk. Kamu akan sangat beruntung jika mampu mengikuti tren yang ada.

Source: Washington Media Services

5. Apa Keunikan Produk Kamu?

Keunikan suatu produk bisa meningkatkan citra brand dan nama dari bisnis tersebut. Fakta tersebut memang benar adanya, dan dampak positif yang ditimbulkan ialah, produk bisa menjadi terkenal, mulai disukai masyarakat, sampai pada akhirnya masyarakat membutuhkan produk kamu. Namun keunikan juga bisa membuat bisnis kamu fail, ketika masyarakat tidak suka dengan keunikan dari ciri khas produk tersebut. Yang perlu dilakukan adalah, lahirkan produk yang punya keunikan, namun tetap menjunjung apa yang dibutuhkan oleh masyarakat terlebih dahulu.

6. Penyimpanan & Pengiriman

Memang betul bahwa terkadang kita terlalu excited terhadap peluang bisnis yang ada didepan mata kita dan memilih produk yang sesuai dengan passion kita, namun mengabaikan aspek lain dalam proses bisnis kamu kedepannya. Apakah kamu mampu memenuhi segala kebutuhan dari segi penyimpanan dan pengiriman produk kamu demi menjaga kualitas sekaligus memastikan kuantitasnya? Disarankan untuk memilih produk pertama yang efektif dan efisien dari sisi ukuran dan bahan baku sehingga akan memudahkan kamu dalam memulai ecommerce.

Memilih produk yang tepat sangat penting untuk setiap bisnis e-commerce, dan jika Anda ingin menemukan kesuksesan, kamu harus berusaha. Dengan tips ini, kamu akan siap untuk menemukan produk yang sempurna. Buat kamu yang mau menjadi pegiat ecommerce dan menjadi sukses, kamu bisa menjadi member dari AsiaCommerce dengan berbagai paket yang bisa kamu pilih. AsiaCommerce dapat membantu kamu dalam E-commerce Fulfillment, Penanganan Supplier, Layanan Door-to-Door, Pengecekan Barang, Penyediaan Katalog Online dan dibantu oleh tim Product Seeker

Buat kamu sobat Komunitas ACE Commerce yang punya pandangan mengenai artikel ini ataupun ada ide dan saran, silahkan isi kolom komentar dibawah ini, selamat sukses 🙂

Instagram : acecommerceid & acecommerceorg
Youtube : ACE Commerce ID 

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!