5 Strategi Jitu Untuk Bangun Bisnis Kuliner Online!

Saat ini, membuka sebuah bisnis kuliner memang sangat digandrungi banyak orang. Kalau dulu bisnis kuliner harus memiliki toko atau gerainya, kini bisnis kuliner bisa dilakukan secara online. Bisnis kuliner merupakan sebuah lahan usaha yang kerap kali dianggap memberi banyak keuntungan. Dengan modal yang tak besar, kamu bisa mengambil untung hingga 100%.

Seperti yang kita tahu Jakarta lagi-lagi menerapkan PSBB jilid kedua setelah melonjaknya kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta. Tentunya,  kegiatan dan usaha kita beberapa ada yang terkena dampak apalagi jika kamu punya bisnis kuliner offline alias punya café atau restoran. Keadaan seperti ini memaksakan kita untuk terus berinovasi dan adaptif dengan perubahan yang ada karena dengan kembali diberlakukannya PSBB, semua tempat café dan restoran tidak diperbolehkan untuk dine-in atau maan ditempat, hanya diperbolehkan untuk takeaway dan pesan melalui aplikasi online saja. Sudah seharusnya dong melakukan berbagai inovasi baru untuk tetap mempertahankan bisnis kuliner kita. Jangan menyerah dulu ya Sobat ACE!

Strategi Bisnis Kuliner

Kini, ACE Commerce punya strategi yang bisa kamu tiru untuk bisnis kuliner online kamu. Yuk disimak!

Aktif di Sosial Media

Ketika kamu memutuskan untuk berjualan online tentu kamu harus aktif di media sosial. Dengan aktif dalam media sosial, kamu akan lebih update terhadap jenis makanan apa yang sedang digemari oleh masyarakat. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan inspirasi dari makanan-makanan yang sedang viral saat ini. Media sosial seperti Instagram sangat cocok untuk bisnis kuliner karena platform ini berfokus pada gambar dan video. Mintalah seorang profesional untuk melakukan tugas ini. Mereka biasanya memiliki teknik tersendiri agar produk makanan atau minuman Anda terlihat lebih menarik.

Menampilkan proses pembuatan salah satu menu andalan Anda juga merupakan ide yang bagus. Cara ini memungkinkan audiens Anda dapat melihat secara langsung bagaimana menu tersebut dibuat. Jadi, pastikan dapur Anda terlihat bersih dan higienis agar konsumen Anda tidak merasa terganggu.

Lakukan berbagai promosi

Saat awal kamu membuka bisnis ini cara yang terbaik adalah mengenalkan makanan andalan dengan gencar. Jangan ragu untuk menerapkan promosi khusus pada bisnis kamu. Dengan promosi potongan harga, atau voucher, kamu tidak hanya dapat menarik konsumen untuk membeli, tetapi juga mendapatkan kesempatan agar makanan kamu dicicipi dan yang paling penting adalah direkomendasikan kepada calon konsumen yang lain. Pemberian diskon pada waktu-waktu khusus juga bisa menari konsumen untuk membeli produk makanan.

Bekerjasama dengan aplikasi Ojek Online

Pelanggan Anda akan senang ketika mereka dapat membeli produk Anda secara online, misalnya menggunakan jasa pihak ketiga (menjadi mitra ojek online) karena terbukti transaksi melalui aplikasi ojek online kerap kali memudahkan pelanggan dan penjual. Memesan makanan secara online sudah menjadi budaya baru sejak munculnya ojek online. Hanya dengan beberapa sentuhan di layar smartphone, makanan akan dikirimkan oleh driver ojek online ke alamat pelanggan hanya dalam beberapa menit.

Terlebih dalam masa PSBB, pelanggan tidak diperbolehkan untuk dine-in di café/restoran jadi mereka akan memilih untuk melakukan pesan antar online yang lebih praktis dan efesien. Sebuah kerugian besar jika Anda tidak menerapkan sistem ini di bisnis kuliner Anda.

Melakukan Endorsement kepada Food Vlogger/Influencer

Food vlogger adalah orang-orang yang memiliki channel YouTube bertema makanan. Mereka biasanya memiliki subscriber orang-orang yang tertarik kepada makanan. Mintalah seorang food vlogger untuk datang ke tempat Anda dan mengulas produk andalan Anda. Dengan bekerja sama dengan food vlogger, Anda akan menjangkau audiens yang memang memiliki ketertarikan khusus terhadap makanan.

Ulasan positif dari seorang food vlogger umumnya mampu memberikan dorongan ke audiensnya untuk datang ke tempat Anda. Jadi, bersiaplah untuk menyambut mereka. Selain promosi yang gencar kamu juga dapat mempertimbangkan jasa endorsement yang sekarang marak digunakan gerai makanan untuk memperkenalkan bisnis makanan online mereka. Salah satunya adalah dengan meminta influencer untuk me-review rasa dari menu makanan atau minuman yang kamu jual. Pastikan juga Anda menggunakan influencer yang terkenal, atau sering me-review makanan di media sosial.

Membuat Bisnis Kuliner Yang Inovatif

Saat bisnis kamu sudah dimulai, jangan berjalan dengan statis ya! Terus gali dan kenali perubahan serta kebutuhan konsumen kamu. Dengan begini, bisnis jadi lebih hidup serta ide-ide kreatif untuk menginisiasi inovasi bagi bisnis kamu pun selalu ada.

Membangun usaha kuliner, meskipun pasarnya sangat luas, tetapi cukup ketat persaingannya. Bisa dikatakan di setiap harinya ada puluhan usaha kuliner tumbuh dan berguguran. Oleh karenanya, untuk tetap bertahan dan terus berkembang dalam persaingan di bisnis makanan ini kamu harus terus menciptakan inovasi. Dengan kata lain, jangan cepat berpuas diri.

Kamu bisa menciptakan menu-menu baru, memodifikasi rasa, cara penyajian dan sebagainya. Contoh inovasi lain misalnya membuka pelayanan pesan antar, ekspansi usaha, inovasi design packaging dan masih banyak yang lainnya.

Nah itu dia 5 strategi jitu untuk para Sobat ACE yang ingin membangun bisnis kuliner online. Intinya, jangan mudah menyerah dan terus bisa beradaptasi dengan semua perubahan ya. Dengan kegigihan dan kesabaran pasti bisnis Sobat ACE akan sukses. Selamat mencoba ya Sobat!

Kamu dapat mengikuti instagram ACE di @acecommerceid dan @acecommerceorg untuk mendapatkan lebih banyak tips dan tricks membangun berbagai bisnis untuk ada muda serta konten bermanfaat lainnya. Jangan lupa subscribe channel Youtube ACE Commerce ID atau kunjungi website resmi  ACE Commerce untuk belajar lebih jauh perkembangan bisnis Indonesia.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dan jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar atau dm instagram kami, ya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!