Apakah Blog Masih Menguntungkan Untuk Perusahaan?

Seberapa jauh anda mengenal media “Blog” sebagai salah satu platform di internet sekarang ini? Pada blog ini, kita akan membahas apa itu blog, dan apakah masih menguntungkan untuk sebuah perusahaan untuk menciptakan blog bagi masyarakat umum.

Blog merupakan singkatan dari “Weblog”, yang diciptakan oleh Justin Hall pada tahun 1994 dan mulai dikenal dari penggunaan pertama oleh John Barger pada tahun 1997. Kedua pria ini berasal dari Amerika Serikat, dan dapat disimpulkan bahwa Blog diperkenalkan oleh Amerika Serikat kepada dunia. Blog adalah sebuah halaman di internet yang awalnya digunakan sebagai catatan harian seseorang, namun seiring berjalannya waktu, banyak individu maupun perusahaan yang menjadikan blog sebagai media menulis artikel ataupun untuk melakukan kegiatan pemasaran kepada khalayak umum.

Dapat kita simpulkan bahwa Blog dapat dikategorikan sebagai sebuah sosial media, sama seperti YouTube, Instagram dan lain-lain. Hanya saja fitur dan tampilan dari Blog tersebut yang membedakannya dengan sosial media lain. Jika kita melihat sosial media Instagram, Youtube dan sosial media lainnya, banyak perusahaan pada hari ini yang menggunakan sosial media tersebut untuk terhubung dengan penggunanya. Namun apakah perusahaan tersebut juga menggunakan Blog? Jawabannya adalah, Iya. Perusahaan juga menggunakan Blog untuk terhubung dengan penggunanya dan menjawab kebutuhan-kebutuhan penggunanya dari Blog tersebut.

Source : Bukalapak

Salah satu contoh perusahaan yang menggunakan blog adalah Bukalapak. Blog yang ditulis oleh perusahaan ini dapat diakses pada web blog.bukalapak.com. Topik dan kategori yang ditulis oleh team Bukalapak pun ditujukan kepada pengguna Bukalapak dan orang awam. Salah satu contoh judulnya adalah “Lebih Mudah Bayar Jasa PLN di Bukalapak, dari Pasang Baru sampai Tambah Daya.” yang ditulis pada tanggal 5 Juli 2019. Isi dari Blog tersebut jelas menjelaskan layanan yang disediakan oleh Bukalapak dalam pembayaran jasa PLN dan tentu memudahkan pengguna untuk mencari informasi tentang produk Bukalapak tersebut. Dan apakah Blog tersebut menguntungkan untuk perusahaan? Jawabannya adalah, ya, tentu.

Blog mengambil peran yang cukup besar untuk Search Engine Optimization. Seperti yang kita ketahui, semua orang hampir menggunakan Google di keseharian mereka. Pernahkah kamu membayangkan jika blogmu atau blog perusahaanmu muncul di baris pertama setelah seseorang memasukkan keyword khusus di Google? Dengan adanya blog hadir sebagai hasil dari search engine, maka tentu semakin mudah juga seorang customer mengakses produk dan layanan dari perusahaan tersebut.

Kamu dan perusahaan kamu juga dapat memanfaatkan Blog untuk menjelaskan produk dan layanan yang dihasilkan perusahaanmu. Sama seperti yang sudah dilakukan Bukalapak diatas, blog mereka menjelaskan produk atau layanan mereka. Dengan adanya blog tersebut, pengguna Bukalapak menjadi lebih mengerti kegunaan dari produk atau layanan tersebut.

Source : Taken by Helloquence from Unsplash

Poin terpentingnya adalah, blog dapat dijadikan sebagai salah satu konten dalam melakukan kegiatan marketing atau pemasaran. Salah satu trik marketing yang dapat dilakukan dari blog adalah inbound marketing. Inbound marketing sendiri adalah sebuah taktik dimana sebuah perusahaan menyediakan konten yang relevan dan solutif kepada masyarakat umum atau pengguna produk atau layanan dari suatu perusahaan. Sebagai salah satu contoh inbound marketing, mari kita bayangkan kita adalah owner sebuah perusahaan layanan pembersih sepatu. Contoh konten yang dapat kita sediakan untuk pengguna kita adalah “Tips Dan Trik Membersihkan Sepatu,” atau “Bagaimana Cara Merawat Sepatu Agar Awet,” dan sebagainya. Dari konten tersebut, kita sebagai perusahaan memberi akses kepada pengguna kita untuk mengetahui produk kita dan meningkatkan awareness brand kita ketika blog tersebut dibaca oleh banyak orang.

Pada kesimpulannya, Blog tentu masih menguntungkan perusahaan untuk dilakukan. Dari poin-poin diatas Blog dapat bermanfaat bagi perusahaan untuk digunakan dalam Search Engine Optimization, menjawab kebutuhan dan pertanyaan pelanggan, dan memasarkan produk atau layanan perusahaan. Jika kamu mendirikan perusahaan kamu sendiri, platform marketing mana yang akan kamu gunakan pertama kali?

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!