4 Alasan Digital Marketing Penting Untuk Bisnis Anda!

Digital Marketing

Digital marketing secara umum merupakan metode pemasaran berbasis teknologi. Pebisnis memanfaatkan saluran digital seperti media sosial, email, website, dan blogspot untuk dapat berkomunikasi dengan konsumen dan calon konsumen secara daring. Pemasaran secara tradisional hadir dalam iklan cetak, surat, telepon, ataupun papan iklan. Namun dengan adanya digital marketing, perusahaan bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan karena tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Saat ini, digital marketing menjadi salah satu hal penting bagi bisnis Anda jika ingin bersaing dengan perusahaan lain. Hal ini dikarenakan digital marketing akan meningkatkan kesadaran merek atau perusahaan yang membuat perusahaan berlomba-lomba untuk hadir secara digital untuk pelanggannya.

Mengapa digital marketing penting untuk bisnis Anda?

1. Anda dapat menargetkan calon pelanggan yang kemungkinan besar akan membeli barang atau jasa perusahaan Anda.

Ketika Anda memasang iklan di TV, majalah, ataupun di papan iklan, Anda hanya memiliki sedikit kendali mengenai siapa saja yang dapat melihat iklan Anda. Namun dengan digital marketing, Anda dapat mengidentifikasi target pemasaran Anda dan dapat mengirimkan pesan yang spesifik kepada target Anda. Contohnya, Anda dapat menggunakan SEO (Search Engine Optimization) untuk menyajikan iklan kepada pengguna yang menunjukkan ketertarikan di barang atau jasa yang Anda sediakan. Anda juga dapat menyajikan iklan kepada pengguna yang telah mencari kata kunci yang berkaitan dengan perusahaan Anda. Akhirnya, digital marketing memungkinkan Anda untuk melakukan penelitian untuk mengidentifikasi pembeli Anda. Dengan ini, Anda dapat memperbaiki strategi pemasaran untuk menjangkau calon pelanggan yang akan membeli barang atau jasa dari perusahaan Anda.

2. Lebih menghemat biaya dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

Dengan digital marketing, Anda dapat melacak kampanye Anda setiap harinya dan dapat mengatur pengeluaran yang Anda gunakan di saluran tertentu. Hal ini sangat berbeda dengan pemasaran tradisional di mana Anda akan dikenakan biaya yang sama, tanpa peduli apakah pemasaran itu efektif atau tidak. Digital marketing mempermudah mengontrol pengeluaran Anda, karena Anda dapat memilih saluran mana yang ingin Anda optimalisasikan. Contohnya, apabila website Anda kurang efektif dalam menarik calon pelanggan, Anda dapat memindahkan anggaran itu ke Instagram yang lebih efektif menarik calon pelanggan.

3. Meningkatkan kesadaran merek bagi pelanggan dan calon pelanggan.

Di dunia digital saat ini, semua perusahaan berlomba-lomba untuk mendapatkan eksistensi secara digital. Digital marketing memungkinkan Anda untuk bersaing dengan perusahaan lainnya, karena dapat menyediakan data yang dapat digunakan untuk membuat konten promosi yang efektif. Anda tahu apa saja kata kunci yang harus digunakan untuk meningkatkan eksistensi perusahaan Anda. Hal ini akan meningkatkan kesadaran merek bagi pelanggan dan calon pelanggan Anda. Berdasarkan data yang didapatkan, Anda juga dapat mengirimkan pesan yang dipersonalisasi untuk mendapatkan pelanggan yang loyal terhadap perusahaan Anda.

4. Memudahkan Anda mengevaluasi pemasaran Anda.

Digital marketing dapat menyediakan data yang penting bagi perusahaan Anda karena dapat mengukur jumlah tayangan, pembagian, tampilan, klik, dan lama waktu seseorang di halaman Anda. Dengan software digital, Anda dapat melihat dari mana pengunjung Anda berasal, alat apa yang mereka gunakan untuk menjelajahi web, dan halaman apa saja yang mereka kunjungki. Hal ini dapat membantu Anda memprioritaskan saluran pemasaran berdasarkan jumlah orang yang diarahkan saluran tersebut ke situs web Anda.

Dunia digital merupakan dunia yang sangat luas dan dapat membawa calon pelanggan bagi perusahaan Anda. Namun, Anda harus memastikan konten pemasaran Anda dengan baik dan memperhatikan apa yang kompetitor Anda tampilkan. Pastikan juga untuk berhubungan dengan calon pelanggan Anda melalui media sosial. Media sosial akan memberikan Anda kesempatan besar untuk bersaing dengan kompetitor Anda.

Semoga edukasi di atas dapat bermanfaat untuk bisnis Sobat ACE di masa pasca pandemi nanti, ya! Jika Sobat ACE ada pertanyaan mengenai bisnis, Sobat   ACE   dapat meninggalkan komentar di bawah ini. Untuk belajar lebih lanjut, Sobat ACE bisa mendaftarkan diri di website acecommerce.org dan  juga bisa join dengan online course di website dimana ada berbagai pengetahuan baru mengenai bisnis.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!