Apa Itu Digital Marketing? Apa Kontribusi dan Kegunaan untuk Bisnis Anda?

Apa itu digital marketing? Apa kontribusi dan kegunaan untuk bisnis Anda? Sobat ACE, kita tahu bahwasannya miliaran orang terhubung ke seluruh dunia melalui internet. Dari mencari informasi hingga berbelanja bahan makanan atau perbankan, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari.

Di era COVID-19, ribuan orang mulai beradaptasi untuk beralih ke dunia digital secara lebih dominan. Hal ini menyebabkan kehadiran internet melonjak setidaknya 60% selama periode wabah ini.
Hingga April 2020, hampir 4,57 miliar orang menjadi pengguna internet aktif, yang mana ini adalah 59% dari populasi global!

Dengan lebih dari separuh konsumen dunia online, setiap pemilik bisnis juga harus mempertimbangkan untuk beralih ke digital. Bagaimanapun, ketika berbicara pemasaran, maka pembahasan tidak akan jauh tentang bagaimana menemukan audiens yang tepat di tempat yang tepat, dan pada waktu yang tepat. Untuk melakukannya, kita memerlukan pemasaran digital atau digital marketing.

Jika suatu perusahaan baru mengenal digital marketing dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang apa yang dilakukan oleh agen digital marketing, maka terdapat beberapa hal yang harus diketahui tentang digital marketing itu sendiri. Tanpa basa-basi, mari kita simak pembahasan di bawah ini ya, Sobat ACE. Apa itu digital marketing? 

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing atau pemasaran digital adalah tentang menggunakan data untuk mewujudkan tujuan pemasaran. Ini adalah seni menggunakan wawasan konsumen untuk merumuskan strategi pemasaran yang ditargetkan pada kelompok pelanggan online tertentu.

Digital marketing memanfaatkan saluran digital seperti mesin pencari, media sosial, email, dan situs web untuk membantu klien mereka terhubung dengan pelanggan yang ada serta calon pelanggan. Mereka kemudian melakukan pengumpulan data dari saluran digital seperti memeriksa jumlah tayangan atau likers di Instagram. Google Analytics juga dapat digunakan untuk merencanakan strategi pemasaran mereka.

Keuntungan menggunakan data untuk menjual secara online adalah memungkinkan perusahaan membuat keputusan pemasaran yang dapat diperhitungkan. Mengetahui siapa yang harus ditargetkan dan di mana harus menjual secara online, akan memberi digital marketer kemampuan untuk memperkirakan pengeluaran anggaran guna serangkaian tujuan Return Of Investment (ROI) tertentu.

Baik itu pemasaran masuk atau digital marketing untuk klien, KPI umum untuk digital marketing ini mencakup adanya peningkatan kesadaran merek (brand awareness), perolehan prospek, dan konversi di berbagai saluran digital marketing.

Apa yang Dilakukan Digital Marketing?

Digital marketing memiliki spesialisasi yang berbeda, tetapi mereka sering bekerja sama sebagai tim untuk membuat kampanye dengan ROI mereka. Beberapa departemen yang berbeda meliputi:

  • Tim desain untuk membuat aset kreatif
  • Tim copywriting untuk menulis iklan
  • Tim pemasaran kinerja untuk membuat dan mengelola iklan berbayar
Mengapa Digital Marketing Itu Penting?

Ada banyak statistik yang menyoroti pentingnya digital marketing. Dengan penjualan e-commerce global yang diperkirakan akan mencapai $ 4,5 triliun pada tahun 2021, terlihat jelas bahwa terdapat potensi yang signifikan untuk aktivitas promosi online. Terlebih lagi, 51% pembeli akan meneliti pembelian mereka di Google sebelum melakukannya.

Dengan sekitar 4,5 miliar pengguna internet di seluruh dunia, digital marketing memberi peluang bisnis untuk menjangkau orang-orang di platform tempat mereka menghabiskan banyak waktu dan uang. Ini juga memberi peluang bagi perusahaan kecil untuk bersaing dengan pesaing besar mereka, memungkinkan mereka menggunakan data dan wawasan untuk menargetkan pelanggan.

Apa Saja Jenis Digital Marketing?

Digital marketing seringkali menjadi upaya kolektif, di mana para profesional yang bekerja di beberapa area berbeda menggabungkan pengetahuan dan sumber daya mereka untuk memenuhi tujuan bisnis.
Penting untuk diingat bahwa tidak setiap perusahaan akan menggunakan semua metode ini. Namun, setiap saluran menghadirkan peluang bagi bisnis untuk memperluas jangkauan mereknya serta meningkatkan penjualan.

Search Engine Optimisation (SEO)

Saat kita menggunakan mesin pencari seperti Google, kita akan mengetikkan sebuah kata kunci lalu muncul beberapa daftar hasil. Seringkali, halaman yang kita cari muncul di beberapa link teratas. Tetapi bagaimana mesin pencari mengetahui hasil mana yang akan diberikan kepada kita? Nah, ini adalah terkait dengan berbagai fitur di situs web untuk menentukan seberapa relevan kata kunci tersebut.

Pengoptimalan Mesin Telusur atau SEO ini adalah seni memahami bagaimana situs menyukai data indeks Google serta mengoptimalkan halaman dan kontennya untuk meningkatkan lalu lintas web berkualitas (pengunjung). Tujuan SEO yakni membuat halaman atau situs web tampil setinggi mungkin di halaman hasil mesin pencari tanpa harus membayarnya.

Search Engine Marketing (SEM)

Meskipun SEO berfokus pada metode tidak berbayar untuk meningkatkan visibilitas dalam hasil pencarian, Pemasaran Mesin Telusur atau Search Engine Marketing (SEM) bergantung pada opsi berbayar. Jika Sobat ACE pernah mencari sesuatu di Google dan melihat teks ‘iklan’ di samping hasil teratas, maka Sobat ACE telah melihat bagaimana SEM bekerja. Praktik ini terkadang juga disebut sebagai penelusuran berbayar atau iklan PPC (pay-per-click). Terkadang, orang memasukkan SEO di bawah spanduk yang sama dari SEM.

Dengan bentuk pemasaran digital ini, kata kunci (keyword) menjadi sangat penting. Ini adalah istilah populer yang dicari orang terkait dengan produk atau layanan tertentu.

Social Media Marketing (SMM)

Tidak hanya membantu individu terhubung dan berjejaring, media sosial juga memberi perusahaan sebuah kesempatan untuk memperluas jangkauan merek dan basis pengguna mereka. Dengan menggunakan analitik media digital, pemasar dapat memperoleh wawasan tentang bagaimana pelanggan mereka bertindak secara online, apa yang mereka tanggapi, dan tindakan apa yang harus mereka ambil.

Selain aktivitas seperti memposting gambar dan video, suatu brand juga dapat menggunakan media sosial untuk iklan berbayar. Sasaran mereka adalah mendorong keterlibatan dan klik dari pengunjung sambil membangun loyalitas merek. Kampanye pemasaran media sosial yang efektif terdiri dari banyak elemen berbeda.

Email

Pemasaran email berfokus untuk mendorong keterlibatan pelanggan serta calon pelanggan kita. Mengingat 99% konsumen memeriksa email mereka setiap hari, tidak mengherankan jika ini masih menjadi cara pemasaran yang populer. Profesional di bidang ini fokus pada pembuatan milis, segmentasi pelanggan, penargetan, personalisasi email, dan meningkatkan rasio buka-tayang dan klik-tayang. Dalam hal merangkul teknologi digital untuk pemasaran, email tetap menjadi salah satu keterampilan utama yang harus dikuasai.

Iklan Online

Iklan online dan media berbayar pasti sering kita temukan ketika berselancar di internet maupun media sosial. Selain iklan SEM dan media sosial yang disebutkan di atas, ada juga hal-hal seperti iklan banner, iklan bergambar Google, dan iklan penargetan ulang.
Iklan online membutuhkan banyak wawasan dan perencanaan. Banyak orang menggunakan pemblokir iklan untuk membungkam iklan di halaman web, tetapi jaringan seperti Google Display Network dan Facebook’s Audience Network itu tidak terlalu mengganggu karena relevan.

Afiliasi

Pemasaran afiliasi telah menjadi sangat populer selama beberapa tahun terakhir. Intinya, metode ini mendorong orang untuk mempromosikan produk orang lain. Ketika promosi ini menghasilkan penjualan, afiliasi mendapatkan sejumlah kecil komisi.
Ini adalah teknik yang menguntungkan bagi semua orang yang terlibat. Ketika memiliki produk untuk dijual, kita memiliki jaringan orang yang mempromosikannya.

Konten

Pengenalan ke digital marketing tidak akan lengkap tanpa menyebutkan konten. Satu hal yang konsisten di seluruh aspek digital marketing adalah bahwa setiap pendekatan membutuhkan beberapa jenis yang cocok. Menghasilkan konten berkualitas tinggi, menghibur, dan informatif adalah inti dari strategi pemasaran apa pun. Entah itu postingan blog atau media sosial, infografis, video, podcast, iklan, atau halaman web, tetap saja konten adalah raja.

Pemasaran konten berfokus pada pembuatan konten yang bagus dan menampilkannya di depan audiens yang tepat. Ini tentang strategi, perencanaan, kreativitas, dan analisis.

Viral

Dari semua metode dalam digital marketing, ini adalah hal yang paling sulit dijabarkan. Pada intinya, pemasaran viral mengacu pada jenis promosi yang mengandalkan audiens untuk menghasilkan buzz. Setelah kampanye pemasaran melampaui audiens targetnya untuk dibagikan secara luas, maka pada saat itulah kampanye dianggap telah ‘viral’.

Kampanye ini sering kali memanfaatkan zeitgeist, meme, dan budaya media populer agar menonjol. Namun, itu biasanya bukan sesuatu yang bisa dipaksakan. Viral marketing bergantung pada penyebaran konten organik, yang seringkali dilakukan pada saluran media sosial.

Peran Lainnya

Ada banyak pekerjaan lain yang terkait langsung dengan digital marketing. Peran seperti produksi video, otomatisasi pemasaran, pengembangan dan desain web, analitik data, dan strategi bisnis sangat berperan. Ini adalah industri dengan jangkauan luas dengan banyak potensi.


Apa itu digital marketing? Apa kontribusi dan kegunaan untuk bisnis Anda?

Digital Marketing Jadi Bagian Penting dari Strategi Bisnis Apapun Saat Ini

Digital marketing lebih diminati daripada sebelumnya, terutama pada saat COVID-19 ketika semua orang beralih ke sistem online. Pandemi ini telah menjadi katalisator perubahan perilaku konsumen serta strategi pemasaran. Konsumen dan bisnis sama-sama beralih ke internet karena negara-negara menahan orang-orang di rumah untuk meminimalkan penyebaran virus.

Internet sekarang digunakan dengan kecepatan yang belum pernah dialami sebelumnya dan diyakini bahwa COVID-19 mempercepat transformasi digital bisnis dengan cepat. Menurut Forbes, 70% perusahaan sekarang memiliki strategi transformasi digital atau sedang mengerjakannya.

Perusahaan dengan solusi digital dapat dengan mudah menjawab pertanyaan pelanggan secara online, mengatur ulang pengeluaran anggaran, atau mengalihkan target audiens iklan mereka. Strategi pertumbuhan juga dapat berlanjut karena perusahaan-perusahaan ini dapat memfokuskan kembali investasi dari offline ke online, daripada berhenti berinvestasi sepenuhnya.

Di tengah masa ketidakpastian ini, hanya satu hal yang jelas. Digital marketing kemungkinan akan menjadi bagian penting dari strategi bisnis perusahaan mana pun di masa depan. Jelas juga bahwa digital marketing ini sangat penting bagi perusahaan mana pun untuk tetap dapat beradaptasi dengan situasi pasar apa pun. Perusahaan yang tidak bisa beradaptasi secara digital kemungkinan besar akan tertinggal. Apa itu digital marketing? 

Area Mana yang Ingin Sobat ACE Masuki?

Sobat ACE juga harus mulai menentukan area digital marketing mana yang ingin Sobat ACE fokuskan. Tentu saja, pengetahuan menyeluruh akan selalu bermanfaat, tetapi saat Sobat ACE pertama kali memulai, pemahaman yang lebih mendalam tentang satu area dapat membantu.

Misalnya, jika Sobat ACE tertarik dengan desain web dan sisi pengembangan, Sobat ACE mungkin ingin meningkatkan pengetahuan pengkodean dan pemrograman. Di sisi lain, jika menurut Sobat ACE media sosial adalah tempat yang diinginkan untuk berspesialisasi, Sobat ACE dapat mulai membangun pemahaman tentang berbagai saluran.

Skill Apa yang Dibutuhkan?

Salah satu alasan mengapa ada permintaan seperti para profesional digital marketing adalah karena adanya kesenjangan keterampilan di industri ini. Sulit untuk menemukan orang dengan kumpulan skill digital yang tepat, serta hard skill dan soft skill yang diperlukan untuk menjadi bagian dari tim yang sukses. Jadi, apa yang sebenarnya diperlukan?

Hard Skill
Hard skill ini adalah kemampuan nyata dan terukur yang memungkinkan kita melakukan sesuatu. Mereka dapat diajarkan dan seringkali membutuhkan pengetahuan atau pelatihan teknis. Berikut adalah beberapa hard skill yang berguna untuk bekerja di digital marketing:

Copywriting. Copywriting adalah salah satu keterampilan yang sering dibutuhkan dalam digital marketing. Kemampuan untuk membuat konten yang menarik dan meyakinkan akan sangat membantu di bidang ini.

Analisis. Kemampuan untuk memahami analitik pemasaran dapat membantu Sobat ACE dalam mengidentifikasi tren, pelanggan, dan peluang yang harus ditargetkan dengan pemasaran yang Sobat ACE miliki.

Pengodean. Belajar membuat kode untuk web akan memberi Sobat ACE salah satu keterampilan yang paling dicari saat ini. Dengan pengetahuan ini, Sobat ACE dapat terlibat dalam berbagai bidang digital marketing.

Keterampilan penjualan. Pemasaran pada akhirnya adalah tentang menjual. Memiliki pemahaman yang kuat tentang keterampilan penjualan dapat membuat Sobat ACE menonjol dari yang lain.

Soft Skill
Soft skill adalah kemampuan yang lebih berhubungan dengan kebiasaan dan ciri kepribadian. Mereka adalah keterampilan non-teknis yang dibutuhkan seorang profesional untuk bekerja dengan baik dalam tim dan bisnis. Keterampilan lunak ini sangat dicari di banyak industri, termasuk dalam pemasaran digital:

Kreativitas. Satu hal yang pasti Sobat ACE pelajari dari pengantar kami ke digital marketing adalah Sobat ACE harus cukup kreatif. Tidak hanya perlu membuat konten yang menarik, tetapi juga harus memikirkan cara unik dan menarik untuk memasarkannya.

Penyelesaian masalah. Menggunakan kreativitas untuk memecahkan masalah adalah bakat unik dan merupakan salah satu yang dicari semua jenis pemberi kerja.

Kolaborasi. Digital marketing membutuhkan upaya kolektif dari banyak profesional yang berbeda. Dengan demikian, mereka yang memiliki keterampilan kolaborasi yang kuat akan merasa unggul dalam industri.

Kepemimpinan. Kemampuan untuk mengatur orang lain dan menunjukkan kualitas kepemimpinan yang kuat dibutuhkan secara universal.

Kualifikasi apa Dibutuhkan untuk Menjadi Digital Marketer?

Digital marketing adalah bidang di mana pengalaman sering kali sama berharganya dengan kualifikasi yang diakui. Namun, itu tidak berarti bahwa sesuatu seperti gelar tidak berguna. Gelar sarjana di bidang yang terkait dengan digital marketing akan mengajarkan kita beberapa keterampilan teknis dan konseptual yang diperlukan.

Bagaimana untuk Mendapatkan Pengalaman?

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan adalah bagaimana kita bisa mulai mendapatkan pengalaman digital marketing. Pada kenyataannya, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan:

Tetap up-to-date. Industri digital marketing bergerak dengan sangat cepat, seiring dengan diperkenalkannya teknologi dan teknik baru. Penting untuk memiliki pemahaman tentang tren terbaru dan praktik terbaik. Dengan hal-hal seperti media sosial, copywriting, dan pengkodean, kita dapat mengerjakan proyek sendiri untuk mendapatkan pengalaman. Hal terpenting selama proses rekrutmen adalah kita dapat menunjukkan bahwa kita memiliki pengetahuan kerja tentang digital marketing.

Freelance. Jika Sobat ACE sudah memiliki keterampilan dan pengalaman, maka Sobat ACE dapat memanfaatkan ini untuk bekerja sebagai freelance. Ini tidak hanya membangun keterampilan yang dapat dipasarkan, tetapi juga membantu Sobat ACE menghasilkan uang sampingan.

Cari magang. Ada banyak magang pemasaran di luar sana. Meskipun kompetitif, mereka menyajikan pengantar yang sangat baik untuk industri dan dapat memberikan pengalaman yang berharga.

Mencari pekerjaan. Ada banyak permintaan untuk para profesional digital marketing yang terampil saat ini. Namun, terkadang sulit untuk menemukan peluang ini.

Selain lamaran pekerjaan standar, berikut beberapa cara yang perlu dijelajahi:

Skema lulusan. Jika Sobat ACE baru saja menyelesaikan pendidikan formal, skema pascasarjana bisa menjadi tempat yang bagus untuk memulai karier Sobat ACE.

Koneksi. Koneksi yang efektif adalah bagian sentral dari setiap karier yang sukses. Mengetahui orang yang tepat di industri yang ingin Sobat ACE ikuti itu akan sangat membantu.

Nah itu dia Sobat ACE, sebuah pengenalan tentang digital marketing. Gimana? Sudah mulai paham belum? Yang jelas, digital marketing ini adalah industri yang tumbuh dan berkembang pesat di era kemajuan teknologi sekarang ini. Banyak prospek yang dapat kita ambil jika mau untuk belajar dan menekuni bidang ini. Dengan kemajuan, datang banyak kesempatan bagi individu-individu yang terampil.

Apa itu digital marketing? Apa kontribusi dan kegunaan untuk bisnis Anda?
Jika Sobat ACE bekerja di digital marketing, maka dengan mengembangkan pengetahuan dan kemampuan Sobat ACE di bidang yang relevan itu bisa sangat bermanfaat. Apabila Sobat ACE ingin membaca artikel lebih lanjut seputar dunia bisnis, entrepreunership, ekspor-impor, copywriting, digital marketing, brand awareness, reseller, dan masih banyak lagi seputar bisnis, maka Sobat ACE dapat mengunjungi situs ACE Commerce Community. Sobat ACE juga dapat mengunjungi Online Course ACE Commerce Indonesia untuk mendapatkan banyak ilmu terkait dunia marketing ataupun bisnis yang dapat dikembangkan.


Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *