7 Keuntungan Retailer & Customer Dari Bisnis E-Commerce

Halo sobat komunitas Amazing Cross-Border E-Commerce!

Tren bisnis 2019 sudah semakin luas, termasuk dalam perkembangan e-commerce secara global. Di penghujung tahun ini bagi Indonesia sendiri, kita bisa melihat ke belakang seberapa pesatnya persaingan dalam bisnis ecommerce, dengan munculnya istilah ‘unicorn’ bagi para perusahaan-perusahaan startup yang melebarkan sayapnya di domestik hingga kawasan regional Asia Tenggara. Misalkan bukalapak, zalora & lazada semua menunjukkan keseriusan dalam meningkatkan penjualan dari setiap segmentasi bisnis masing-masing, berupa promosi iklan hingga penawaran discount terhadap harga produk secara masif dan besar-besaran. 

Jadi, bagaimana tentang masa depan e-commerce? Tentu bukan seperti itu mindset yang harus ditanamkan, namun jadikan ecommerce sebagai bisnis modern saat ini. Jika kamu mau memulai bisnis ecommerce, sekarang adalah waktu yang tepat! Karena saat ini ecommerce masih terus berkembang dan mencapai titik puncaknya, sehingga banyak sekali kesempatan dan peluang usaha di e-commerce yang bisa kamu manfaatkan. Berdasarkan hasil penelitian dari Search Laboratory, menunjukkan bahwa Indonesia berada di peringkat kedua dalam estimated annual growth e-commerce, mencapai 17,7% pertahunnya dibawah India dengan perolehan 19,9%. Bagi kamu yang berperan sebagai pengecer maupun pelanggan, secara spesifik apa keuntungan yang bisa kamu dapatkan? Banyak sekali keuntungan yang bisa di dapat, namun tim komunitas ACE Commerce memilih The TOP 7 keuntungan yang sangat berdampak dari ecommerce.

1. Bisa Berbisnis Sepanjang Waktu!

Dengan ecommerce yang selalu buka 24/7, pembeli bisa mengunjungi ecommerce kapanpun dan dimanapun dan bisa mendapatkan produk apapun yang mereka butuhkan. Fenomena dalam berbisnis jaman sekarang bukan hanya sekedar bekerja di jam kantor saja, namun kapanpun bisa dilakukan! Begitupun tidak memandang hari libur atau tidak, kebutuhan setiap pengguna ecommerce dalam mencari sourcing product or services untuk mengembangkan bisnis masing-masing membuat mereka merasakan kemudahan, tentunya karena perkembangan teknologi dan efisiensi. 

Source: Ambianz

2. Investasi Uang & Waktu secara hemat

Dalam melakukan investasi, tujuan utama nya ialah harus meraup keuntungan. Memang benar, dan kamu bisa menginvestasikan uang dan waktu kamu dengan menjalankan bisnis ecommerce. Bisnis ecommerce yang sudah berinovasi membuat performanya dapat menghasilkan keuntungan dengan cepat. Dengan akses melalui mobile apps atau notebook, retailer bisa melakukan monitoring terhadap ecommerce mereka dan customer bisa mencari produk apa saja yang mereka butuhkan, It’s simple and convenient.

3. Kenyamanan & Kemudahan

Mengapa ecommerce begitu familiar dan banyak digunakan di era sekarang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan banyak pelanggannya? Karena faktor kenyamanan dan kemudahan dalam mengakses dan menggunakan pelayanan platform menggunakan internet ini sangat melekat dengan ecommerce. Dan yang paling penting, mereka bisa menggunakan ecommerce kapanpun! Pada saat dirumah sekalipun, setiap orang masih bisa menjalankan bisnis ecommercenya. Beberapa fitur yang menunjang kenyamanan dan kemudahan bisa dari metode pembayaran yang bervariasi, penyediaan inventaris kategori dan tipe-tipe produk atau barang yang bermacam-macam, dan proses pemesanan yang cepat bagaikan kilat!

4. Branding & Marketing yang Luas

Yang dimaksudkan luas itu seperti apa? Yang pasti jangkauan ecommerce bisa melebar sampai ke seluruh dunia. Setiap hari, setiap jam, setiap menit, bahkan setiap detik secara global aktivitas akses ecommerce akan terus berlangsung selama 24/7 dan tidak akan mati. Ini menunjukkan betapa luasnya potensi dan kesempatan pemasaran ecommerce yang sudah melewati lintas batas. Pemasaran melalui periklanan di media sosial bisa kamu temui dengan cepat, ini akan memudahkan calon pelanggan dalam searching product dan bagi retailer sendiri, tidak akan menemui kesulitan dalam melakukan promosi. Selain itu, retailer bisa dengan mudah membuat database customer. Kedua pihak sangat diuntungkan dalam menghadapi masalah efektivitas waktu dan pengeluaran.

5. Mengetahui Trend dengan cepat 

Segalanya ada di sosial media, dengan percepatan penyebaran informasi yang menarik perhatian para penggunanya. Sebagian besar orang mencari apa yang sedang menjadi trending topic, termasuk yang ada di dalam ecommerce seperti hot product. Bagi retailer, sangat penting untuk mengetahui tren yang ada sehingga bisa memaksimalkan pemasaran dari produk atau pelayanan yang lagi nge-tren tersebut. Begitupun customers, tren bisa mempengaruhi perilaku mereka dalam membeli produk atau menggunakan pelayanan yang bisa saja bertujuan untuk mengembangkan bisnisnya kembali.

Source: Branding Compass

6. Mendapatkan Multi-Information

Jika kamu mengunjungi ecommerce yang menyediakan berbagai macam produk, seringkali kamu melihat informasi detil mengenai produk yang kamu sedang cari. Inilah keuntungan yang bisa kamu dapat sebagai pengecer atau pelanggan. Di satu sisi, seorang retailer bisa sangat membantu para pengunjung ecommerce nya dalam mencari produk yang mereka inginkan melalui penjelasan informasi dari setiap produk, syarat dan ketentuan yang berlaku dan sistematika cara pembayaran, ditambah fitur pendukung yang lain seperti live chat.

7. Efisiensi Manajemen Persediaan

Dengan menggunakan sistem manajemen web yang canggih beserta fitur-fitur menarik yang membuat mudah dan nyaman dalam pemakaiannya, pengecer dan penyuplai tidak akan susah-susah dan akan mengeluarkan dana yang sedikit untuk biaya pengaturan persediaan inventaris produk dan barang yang tersedia. Kamu akan mengurangi kerumitan dalam melakukan manajemen persediaan produk dan barang dan mengefektifkan biaya operasionalnya.

Kunjungi sosial media komunitas ACE Commerce, karena banyak konten mengenai tips tentang entrepreneur, Cross-Border & E-Commerce terkini dan wawancara eksklusif dengan tokoh-tokoh entrepreneur sukses!

Instagram : acecommerceid & acecommerceorg
Youtube : ACE Commerce ID 

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!