7 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Saat Melakukan Promosi Online!

Promosi merupakan upaya atau alat komunikasi untuk memperkenalkan suatu produk dari perusahaan tertentu agar dapat dikenal publik dan menarik minat pembeli sehingga meningkatkan penjualan sebuah perusahaan. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, cara promosi yang dilakukan perusahaan-perusahaan juga mengalami perubahan. Jika diperhatikan, dulu promosi dilakukan dengan cara mencetak dan menyebarkan brosur, pamflet dan spanduk. Namun, saat ini promosi secara online kian dilirik dan dinikmati banyak sekali perusahaan.

Hal ini karena dengan perkembangan zaman yang terjadi, kebiasaan masyarakat yang memanfaatkan internet untuk segala keperluannya kian meningkat pula. Sesuatu hal yang tadinya dilakukan secara offline kini berubah menjadi online.  Hal positif lainnya adalah promosi online cenderung lebih mudah, murah dan praktis. Tidak membutuhkan budget yang banyak kamu sudah bisa memasang iklan produk kamu di sebuah situs atau media sosial. Selain itu, dengan menggunakan promosi online kamu mendapat cakupan pasar yang luas dalam memasarkan produk. Dan jika strategi promosi yang kamu lakukan tepat, bisnis kamu akan mampu mendatangkan hasil yang lebih menjanjikan. Kira-kira hal apa saja yang perlu kamu perhatikan saat melakukan promosi online? Di bawah ini kami akan menjelaskan tujuh hal yang harus kamu perhatikan saat melakukan promosi online

  1. Mengenal Siapa Calon Pembeli

Mengenal siapa calon pembeli merupakan hal pertama yang harus kamu perhatikan. Kamu harus menetapkan kira-kira produk atau jasa yang kamu tawarkan memiliki target pasar dan bagaimana karakteristik target pasar yang kamu tuju. Misalnya, produk yang kamu tawarkan adalah tumblr tee, hoodie dan dress dengan target konsumen mahasiswa. Tentunya kamu harus tau, bagaimana desain terkini yang sedang tren di kalangan anak muda, gaya hidup dan tingkat pendapatan mereka. Jangan sampai gaya yang kamu suguhkan terlampau kuno dan harga yang kamu berikan terlalu tinggi untuk kantong mahasiswa, ya!

2. Perhatikan Nama Brand

Meninjau kembali nama brand menjadi faktor terpenting selanjutnya dalam hal promosi online. Usahakan buatlah nama brand dengan karakter yang mudah diingat dan diucapkan orang-orang, singkat, unik, memiliki makna positif, cerminan dari produk yang kamu jual dan tentunya belum pernah digunakan sebelumnya. Contoh dari nama brand yang mengandung enam karakter tersebut adalah Apple, Canon, Coca Cola, Google, Gojek, Nikon, H&M, Zara dan masih banyak lagi perusahaan-perusan besar yang membuat nama brand berdasarkan enam karakter tersebut

3. Strategi Konten Bisnis

Jangan sepelekan pembuatan konten bisnis saat melakukan promosi online. Kamu juga perlu menyusun strategi yang matang untuk pembuatan konten bisnis loh! Pembuatan konten bisnis yang menarik tidak mudah. Sederhana dalam mempromosikan bisnis dengan strategi konten bisnis, kamu dapat membagi konten yang akan kamu buat menjadi dua jenis. Yang pertama, konten yang isinya ringan, dapat dinikmati oleh banyak orang, bahkan berpotensi menjadi konten viral. Kedua, buatlah konten yang isinya lebih mendalam yang memuat bisnis usaha kamu, tidak akan dinikmati banyak orang namun beberapa orang yang membutuhkan akan cinta dengan konten yang kamu buat. Pastikan strategi konten bisnis kamu mendukung dua hal ini. Lakukan juga pemetaan ide konten, misalnya ada konten pengenalan, konten branding dan konten penjualan.

4. Gunakan Marketplace

Jangan berpikir dengan kamu memasarkan produk kamu di beberapa media sosial populer seperti facebook, instagram atau twitter lantas kamu sudah tidak membutuhkan promosi melalui marketplace. Marketplace menjadi salah satu pasar terbesar dalam mempromosikan produk yang akan atau sedang kamu jual. Perkembangan marketplace di Indonesia kian meningkat dari waktu ke waktu. Kamu dapat menggunakan marketplace terpercaya seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada,  Shopee dan lainnya yang pastinya akan membantu kamu dalam promosi online.

5. E-mail Marketing

Jangan lupa untuk menggunakan email marketing. Cara ini mungkin terdengar kuno, tapi cukup efektif untuk kamu yang ingin menggaet konsumen saat melakukan promosi online. Kamu dapat mengabari konsumen dengan berita promosi terbaru dari produk yang kamu jual. Jika konsumen atau pembaca email informatif, maka akan semakin besar tingkat ketertarikan mereka untuk memberikan respon sesuai dengan yang kamu inginkan. Hal ini tentunya berbeda dengan beberapa media sosial yang memiliki keterbatasan dalam memberikan informasi

6. Google AdWords (Google Ads)

Sebelumnya, apa kamu tau apa itu Google AdWords? Ya benar, Google AdWords adalah fitur dari Google atau platform periklanan dimana kamu dapat mengatur iklan bisnis kamu. Dengan menggunakan Google AdWords secara baik dengan benar kamu dapat meningkakan bisnis dan penjualan produk kamu. Bayangkan kamu dapat menargetkan calon pelanggan berdasarkan keyword, lokasi, topik dan waktu sesuai dengan kemauan kamu. Budget untuk Google AdWords pun dapat disesuaikan dengan kantongmu, kamu bisa memulainya dengan Rp 50.000 per hari

7. Memperhatikan Call-to-Action

Cara akhir agar dapat mengefektifkan promosi bisnis online kamu adalah dengan memperhatikan Call to Action (CTA). Jika kamu masih bingung apa itu CTA, CTA adalah bagian dari sebuah iklan yang menerangkan kepada publik dimana kita mengajak publik untuk melakukan sebuah action terhadap apa yang kita buat. Misalnya, disaat kita mengiklankan sebuah produk dan menginginkan konsumen membeli produk yang kita tawarkan, kata seperti “Yuk, beli sekarang!” merupakan salah satu contoh CTA simple yang dapat kamu gunakan saat beriklan. Kamu dapat mencoba membuat Call to Action versi kamu sevariatif mungkin.

Penjelasan di atas adalah tujuh hal yang harus kamu perhatikan saat menjalankan promosi online dalam berbisnis. Ketujuh hal di atas memang merupakan hal-hal sederhana, namun berpengaruh besar saat kamu melakukan promosi online. Lakukan tujuh cara tersebut dengan efektif, dapat dipastikan kamu akan menjangkau calon pembeli yang potensial dan mendapatkan peningkatan dalam penjualan.

Nah. jika kamu ingin mendapatkan lebih banyak tips-tips dan belajar lebih jauh mengenai bagaimana menjalankan bisnis yang baik, kamu dapat mengunjungi website resmi ACE Commerce https://acecommerce.org dan bergabung menjadi anggota ACE Commerce. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan berbagai online course gratis dan informasi mengenai webinar rutin yang dapat kamu ikuti untuk menambah wawasan bisnis kamu, loh!

Yuk, kunjungi https://acecommerce.org sekarang!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!