7 Fakta Kekayaan Bill Gates Bikin Kamu Tercengang!

Siapa yang tidak kenal dengan Bill Gates? Ahli teknologi, pebisnis, investor dan filantropis. Ia merupakan pendiri Microsoft sekaligus orang terkaya di dunia yang mendanai penelitian vaksin Corona untuk 7 Milliar orang.  Sukses dengan bisnis raksasanya Microsoft, dilaporkan pada tahun 2020 kekayaan Bill Gates mencapai USD 108,4 Milliar yang jika dirupiahkan sebanyak (15.400.930.000.000.000 kuadriliun)  naik dari tahun sebelumnya USD 96,5 Milliar (13.710.237.500.000.000 kuadriliun). Selain ahli dalam bidang software, Bill Gates juga merupakan seorang pengusaha yang terhubung dengan perusahaan-perusahaan besar di dunia. 

Bill Gates lahir di Seattle, Washington pada tanggal 28 Oktober 1955 dengan nama William Henry Gates III. Ayahnya bernama William Henry Gates II merupakan seorang pengacara terkenal di Seattle dan Ibunya Marry Maxwell adalah anggota dewan direktur University of Washington dan presiden wanita pertama United Way King County. Bill Gates tumbuh Bersama dua saudara kandung bernama Kristianne Gates dan Libby Gates. Hidup bergelimang harta, Bill Gates memiliki tujuh fakta menarik yang jarang diketahui orang.  

  1. Kekayaan Terus Bertambah Tiap Detik

Menurut laporan Business Insider, Bill Gates setidaknya memperoleh penghasilan 380 dollar AS per detik atau setara hampir 5.5 juta. Dilihat dari pendapatan pertahunan Bill Gates mencapai 1.495 trilliun dan terus bertambah tiap saatnya. Dengan jumlah kekayaan yang dimiliki Bill Gates, ia mampu membeli 81,8 juta troy ons emas, dimana saat ini harga per kilogramnya bisa mencapai 1.285 dollar atau sekitar Rp 18 juta.

2. Kekayaan Bill Gates Melampaui Pendapatan Kapita Beberapa Negara

Kekayaan Bill Gates cukup membuat banyak orang tercengang.  Jika dikalkulasikan jumlah kekayaan yang dimiliki Bill Gates melampaui total pendapatan per kapita gabungan negara Kroasia, Kamboja dan juga Bahama. Semisal harta kekayaan orang terkaya di Asia dan China digabungkan, harta Bill Gates pun tercatat tetap jauh lebih tinggi.

3. Rumah Bill Gates

Bill Gates membangun sebuah rumah berteknologi dan properti tinggi di Medina, Kawasan elite Washington dengan luas 6,131m2. Rumah ini mendapat julukan “Xanadu 2.0” (bumi terlindungi) karena walau berteknologi tinggi, rumah ini terkenal dengan ramah lingkungan dan memiliki danau pribadi. Dibangun selama tujuh tahun dengan biaya diperkirakan sebesar 150 juta dollar AS (2 trilliun). Saat ini harga rumah Bill Gates melonjak menjadi Rp. 4 triliun.

4. Perpustakaan Pribadi Bill Gates Senilai USD 30 juta atau Rp 400 Miliar

Semasa perkuliahannya Bill Gates terkenal dengan julukan “kutu buku” karena ia sering meluangkan waktu untuk membaca buku. Jadi jangan heran jika rumah Bill Gates memiliki perpustakaan pribadi seluas 640 meter persegi dengan atab kubah dan dua rak buku rahasia yang terhubung dengan beberapa ruang rahasia. Salah satunya adalah ruang menuju bar tersembunyi. Bill Gates mengoleksi banyak sekali buku-buku langka dan manuskrip asli Leonardo da Vinci dari abad ke-16, Codex Leicester, manuskrip bersejarah yang ia dapatkan pada acara lelang tahun 1994 dengan harga 400 miliar.

5. Aquarium Berisi Paus dan Hiu

Jangan terkejut dengan fakta yang satu ini, ya. Jika biasanya aquarium yang kalian jumpai berisi ikan mas koki, arwana, lohan dan sapu-sapu. Aquarium milik Bill Gates tentu berbeda. Di Rumah Bill Gates, kamu akan melihat aquarium yang berisi hewan-hewan langka seperti jenis paus, hiu dan lumba-lumba. Jangan khawatir, meskipun berbeda jenis, mereka tidak akan saling memangsa kok.

6. Butuh Ratusan Tahun Untuk Menghabiskan Harta Bill Gates

Bill Gates dikatakan tidak akan pernah kehabisan uang. Kalaupun ada pengeluaran, uang mereka akan kembali dengan berlipat ganda dalam waktu yang cepat. Dikutip dari Tempo.co, Bill Gates membutuhkan waktu 220 tahun untuk menghabiskan seluruh hartanya dengan menghabiskan Rp 12 milliar per hari.

7. Terkenal Dermawan, Gates Sering Membagikan Hartanya

Bill Gates juga dikenal sebagai sosok dermawan yang baik hati, berbelas kasih dan lembut. Bill Gates beserta keluarganya membangun Yayasan bernama Bill & Melinda Gates Foundation yang bertujuan memperbaiki sistem kesehatan dan mengurangi angka kemiskinan di seluruh dunia. Yayasan Gates juga memberi kesempatan pendidikan beasiswa untuk anak-anak yang mau belajar teknologi informasi di Amerika Serikat. Pada saat pandemic virus corona melanda dunia, Bill Gates menyumbangkan USD 255jt untuk vaksin, perawatan dan pengembangan diagnostik beberapa negara.

Itulah tujuh fakta kekayaan Bill Gates yang jarang diketahui orang. Gimana Sobat ACE? Tertarik untuk menjadi the next Bill Gates? Jangan lupa untuk terus belajar dan bekerja keras, ya! Bill Gates pernah bilang, “Jika anda terlahir miskin jangan salahkan diri anda, namun bila anda mati dalam keadaan miskin salahkan diri anda.”

Semoga artikel ini dapat menginspirasi kamu, ya. Untuk mendapatkan artikel-artikel dan fakta menarik lainnya, kamu dapat mengikuti Instagram kami di @acecommerceid dan @acecommerceorg. Dan juga lupa untuk subscribe Youtube ACE Commerce ID atau kunjungi website resmi kami  https://acecommerce.org.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!