7 Cara Efektif Meningkatkan Brand Awareness

Hai Sobat Komunitas Amazing Cross-Border E-Commerce!

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana caranya meningkatkan Brand Awareness. Tapi sebelum itu apa kamu tau, apa sih yang dimaksud dengan Brand Awareness? Brand Awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali dan mengingat suatu merek, produk atau jasa. Merek suatu produk atau jasa ini meliputi nama, simbol, tanda, desain atau kombinasi yang menjadi identitas serta membedakan suatu produk atau jasa layanan dengan produk atau jasa layanan lainnya.

Menurut survey Nielsen Global Product Innovation, hampir 60% konsumen lebih memilih untuk membeli produk yang dibuat oleh brand yang tidak asing bagi mereka dibanding dengan brand yang tidak pernah mereka dengar sebelumnya. Maka dari itu, Brand Awereness dapat dikatakan sangat penting bagi sebuah bisnis yang berjalan, apalagi dengan Brand Awareness yang tinggi kamu dapat memikat loyalitas pelanggan. Nah, kira-kira bagaimana cara agar dapat meningkatkan Brand Awareness? Di bawah ini ada tujuh cara efektif yang dapat membantu kamu dalam meningkatkan Brand Awareness produk atau jasa perusahaan kamu :

  • Iklan Konvensional

Kamu pasti sangat sering melihat berbagai produk atau jasa yang diiklankan di berbagai media konvensional seperti televisi, koran, majalah, radio, baliho dan spanduk. Umumnya iklan konvensional terjadi dalam bentuk hard selling. Iklan konvensional terbukti mampu memapar audiens yang lebih banyak dan luas. Tidak heran perusahan-perusahan besar lebih sering menggunakan iklan konvensional untuk semakin memperkuat brand awareness produk atau jasa mereka. Kamu dapat mencoba strategi jitu ini, mengiklankan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan kamu melalui media konvensional dengan konsep iklan yang unik untuk menarik perhatian konsumen.

  • Melakukan Co-Branding

Tips selanjutnya adalah melakukan co-branding. Co-branding adalah ketika dua merek tertentu melakukan aliansi. Misalnya, produk a bergabung dengan produk b, lalu kedua perusahaan menghasilkan produk c. Hal ini akan menghasilkan keuntungan bagi kedua perusahaan. Saat kamu melakukan co-branding, bukan hanya brand awereness yang akan meningkat. Namun tingkat image dan loyalitas akan mengambil bagian dari kesuksesan co-branding yang dijalankan. Tapi perlu diingat, kamu harus memiliki rancangan kerjasama yang matang, sehingga bisa benar-benar menguntungkan kedua belah pihak, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

  • Menggunakan Influencer

Influencer adalah orang yang memiliki banyak pengikut dan teman di sosial media. Influencer dapat kamu gunakan untuk memasarkan produk atau jasa kamu. Saat ini influencer menjadi salah satu strategi marketing masa kini yang sering digunakan banyak perusahaan. Media sosial yang digunakan influencer berupa blog, facebook, instagram, twitter dan youtube. Dengan menggunakan influencer, kamu juga bisa meminta influencer untuk melakukan video marketing dalam bentuk explainer video, pre-roll video maupun vlog video.

  • Podcast

Selain influencer, podcast menjadi cara baru dalam meningkatkan Brand Awereness saat ini. Dibandingkan dengan berbagai konten lainnya, Podcast memiliki banyak kelebihan. Konten yang disajikan dalam Podcast berbentuk audio dengan durasi yang cukup panjang. Wujud Podcast hampir sama dengan radio, para pendengar bisa menikmatinya sambil fokus mengerjakan kegiatan lainnnya, namun Podcast memiliki keunggulan lain yaitu seseorang bisa memilih topik konten sesuai dengan minat mereka.  Hal ini dapat lebih menunjukkan sisi ramah sebuah brand dan menjadikannya lebih dekat dengan konsumen.

  • Mengadakan Event

Kamu dapat mengadakan event untuk mendongkrak brand awareness perusahaan. Pastikan event yang dilaksanakan akan menjangkau target sasaran yang lebih luas. Hal ini tentunya akan membuat banyak orang mengenal produk atau jasa yang perusahaan kamu tawarkan. Dari yang tadinya tidak mengenal produk atau jasa perusahaan sama sekali, kini tau dan sadar jika produk dan jasa perusahaan kamu bermanfaat untuk mereka yang hadir dalam event tersebut. Kamu juga bisa menggaet beberapa media partner untuk menunjang event perusahaan kamu, loh!

  • Sponsor

Menjadi sponsor dalam sebuah acara publik tentunya salah satu strategi yang baik dalam meningkatkan brand awareness. Misalnya kamu adalah salah satu perusahaan yang memproduksi sepatu olahraga, kamu dapat menjadi sponsor dalam sebuah event running. Peserta yang mengikuti event atau audiens yang berkaitan dengan event tentu akan memperlihatkan dengan jelas logo dan nama perusahaan kamu. Citra perusahaan kamu akan semakin kuat di benak pengunjung atau peserta event. Namun perlu kamu ingat, pilihlah event atau acara yang memiliki pengaruh (impact) serta memberikan kesan mendalam kepada setiap orang yang hadir.

  • Pemberian Merchandise

Saat ini pemberian merchandise dinilai cukup efektif untuk strategi promosi dan menarik perhatian publik. Secara umum, banyak perusahaan yang memberikan merchandise yang bersifat dapat digunakan dalam waktu yang lama. Peran merchandise cukup penting, maka melalui produk tersebut kamu dapat memanfaatkannya sebagai media promosi yang efektif. Bahkan hal ini dapat meningkatkan penjualan perusahaan kamu. Ada banyak merchandise yang disukai konsumen seperti, Jaket, Kaos, Mug atau Tumbler, Notebook Spiral, Tote Bag dan Payung. Pemberian merchandise juga dapat dilakukan dalam bentuk Giveaway melalui media online, loh!. Untuk mempermudah kamu dalam menemukan berbagai macam merchandise, yuk jadi bagian dari ACE Commerce. Dengan mendaftarkan diri di https://acecommerce.org/ kamu bisa mendapatkan berbagai macam merchandise dengan harga yang bersahabat tentunya.

Selain itu, ACE Commerce juga akan membantu kamu dengan layanan online course gratis! Kamu dapat belajar mengenai bagaimana menumbuhkan dan meningkatkan Brand Awareness secara lebih rinci ditambah berbagai topik yang terkait dengan bisnis online lainnya. Jadi, yuk kunjungi dan daftarkan dirimu di https://acecommerce.org/ sekarang.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!