6 Cara Memilih Supplier Yang Baik Untuk Bisnis Kamu!

Halo Sobat Komunitas Entrepreneur ACE Commerce!

Pernahkah kamu berbisnis dan mempunyai supplier yang tidak profesional?
Dan hal tersebut membuat bisnis kamu jadi tidak lancar?

Mungkin seringkali kegiatan bisnis kita terhambat karena alasan satu atau dua hal, tidak terkecuali yang berhubungan dengan supplier ya sobat. Dan dengan bisnis kamu yang macet, pengelolaan keuangan bisnis kamu juga bisa jadi tidak terkontrol. Tapi sebelumnya, apa sih pengertian dari supplier itu? Pada dasarnya supplier sebagai pihak yang menjual atau memasok bahan baku atau barang mentah yang bisnis kamu perlukan yang selanjutnya untuk membantu memenuhi kebutuhan produksi barang yang bisnis kamu hasilkan. Jangan menyamakan fungsi dan tugas supplier dengan distributor ya sobat! Karena fokus supplier hanya kepada penyediaan bahan baku atau barang mentah dan mengatur proses pengiriman kepada client bisnisnya, dan bisa dibilang masih belum siap jual ke pasar. 

Pemilihan supplier jadi hal yang krusial untuk bisnis kamu ya sobat! Kamu harus cermat dan memiliki banyak pertimbangan sebelum melakukan kerjasama dengan supplier bisnis kamu. Apa yang kamu harapkan atas kepentingan bisnis kamu dalam kerjasama yang dijalankan, harus di-mention pada saat proses negosiasi berlangsung. Menjaga komunikasi akan sangat membantu kamu loh! Sekaligus kamu juga harus membuat supplier bisnis kamu puas dengan kerjasama yang kamu berikan. 

Biar engga penasaran, yuk langsung aja kita breakdown tips-tips memilih Supplier yang baik untuk bisnis kamu

1. Tentukan Alokasi Budget Dahulu 

Langkah awal yang paling penting buat kamu dalam memilih supplier, yaitu kamu harus terlebih dahulu menentukan berapa modal yang akan kamu keluarkan untuk budget supplier. Pada dasarnya semakin bagus kualitas bahan baku yang disediakan penyuplai, maka harga yang ditawarkan juga semakin mahal. Nah, disinilah kepintaran kamu dalam bernegosiasi dengan partner supplier kamu sehingga kamu bisa mendapatkan harga yang cocok. Dan akan lebih baik jika kamu melakukan penawaran diskon atau meminta penurunan harga nantinya dengan supplier kamu.

2. Perhatikan Track Record dan Pelayanan Supplier

Supaya kamu bisa mengetahui kualitas dan kredibilitas dari calon partner supplier bisnis kamu, kamu bisa melihat track record mereka, bisa dari informasi sudah berapa client bisnis yang mereka pegang dan telah bekerjasama. Selain itu kamu juga bisa mengecek nomor kontak yang bisa dihubungi dan melihat proses pelayanan mereka, bisa melalui platform sosial media ataupun website mereka.

Hubungan Supplier-Customer yang baik bisa dihasilkan dari pelayanan yang maksimal
Source: PUMNTS.com

3. Lakukan Perbandingan Beberapa Supplier

Jangan hanya terpaku dengan satu supplier! Ini penting karena banyak sekali supplier yang beroperasi di luar sana dan pasti memiliki pelayanan yang terjamin untuk bisnis kamu. Kamu perlu melakukan analisa riset terhadap target supplier yang mau kamu ajak kerjasama sekaligus mencocokkan apakah diantara mereka sesuai dengan apa yang kamu butuhkan untuk bisnis kamu. Atau bahkan, kamu bisa melakukan pendekatan kepada pelanggan target supplier kamu untuk bisa mendapatkan informasi secara langsung tentang pelayanan mereka. 

4. Memiliki Penawaran Harga yang Menguntungkan

Kamu bisa mengukur tingkat keseriusan dan profesionalitas dari supplier, ialah dengan mengetahui seberapa besar harga penawaran yang diajukan kepada kamu. Harga yang ditawarkan tentunya harus berada di bawah batas kewajaran dan sesuai ekspektasi kamu. Besarnya penawaran harga harus sesuai dengan berapa poin kerjasama yang akan dijalani, yang berhubungan dengan quality & quantity bahan baku atau barang mentahnya. Fitur-fitur lain yang bisa kamu negosiasikan dengan supplier misalnya uang muka yang rendah, diskon harga dengan pemesanan jumlah besar, maupun jangka durasi pembayaran yang disediakan lebih panjang.

5. Pastikan Kualitas Bahan Baku Supplier

Ini akan menentukan seberapa lama kerjasama kamu dengan calon supplier kamu, yaitu dengan melihat konsistensi kualitas bahan baku dari supplier. Jangan sampai kualitas bahan baku yang supplier yang buruk akan mempengaruhi penurunan kualitas produksi bisnis kamu sobat! Itu pertaruhan yang sangat penting buat bisnis kamu, karena akhirnya akan berhubungan dengan tingkat kepuasan dan benefit bagi pelanggan kamu. Kamu bisa melakukan survey secara langsung ke tempat supplier kamu untuk memastikan kualitasnya ya sobat!

Bahan baku murah dengan kualitas terjamin menjadi dambaan semua pebisnis
Source: Accurate

6. Kebijakan Pengantaran / Pengembalian Bahan Baku

Ini termasuk kedalam isi kesepakatan antara kamu dengan supplier, dimana kamu harus banget mengerti bagaimana proses pengantaran bahan baku sampai ke tempat bisnis kamu, dan bagaimana cara untuk komplain ke supplier dengan prosedur pengembalian bahan baku yang mengalami kerusakan dan cacat produksi. Jika kamu menguasai prosedur pengantaran akan berhubungan dengan waktu, jika terjadi kesalahan atau keterlambatan maka kamu bisa meminta pertanggungjawaban seperti denda. Sama pun juga dengan kecacatan bahan baku dari supplier. Dan terakhir yang paling penting ya sobat, sebaiknya kamu cari supplier yang punya layanan yang cepat dan responsif ya! Karena akan sangat membantu aktivitas operasional bisnis kamu kedepannya.

Nah gimana sobat! Kamu sudah dapat banyak informasi tentang cara bijak untuk memilih supplier untuk pengembangan bisnis kamu bukan? Jika kamu masih penasaran dan mau melakukan konsultasi yang lebih intens di komunitas entrepreneur ACE Commerce, kamu bisa ikuti event-event talkshow yang knowledgeable dan banyak tips-tips tentang entrepreneur dan follow kegiatan-kegiatan di sosial media kita. Join member ACE Commerce DISINI.

Instagram : acecommerceid & acecommerceorg
Youtube : ACE Commerce ID 

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!