6 Bisnis Tanpa Modal Dari Rumah

Anda ingin memulai berbisnis, tetapi tidak mau mengeluarkan modal? Seiring dengan berkembangnya teknologi, hal ini sangat mungkin dilakukan loh. Untuk menghasilkan uang, Anda tidak perlu keluar rumah ataupun menyewa tempat usaha. Hanya dengan menggunakan gadget dan memiliki koneksi internet, Anda sudah bisa melakukan bisnis tanpa modal dari rumah Anda.  

Nah, berikut adalah contoh bisnis tanpa modal yang dapat Anda jalankan dari rumah:

Bisnis Dropship

Bisnis dropship ini sangat cocok bagi Anda yang mau berbisnis tapi tidak mau menyimpan barang. Sistem dropship merupakan sistem berjualan di mana Anda memesan barang dari toko orang lain dan dikirimkan ke pembeli dengan menggunakan nama bisnis Anda. Perbedaan dropship dengan reseller adalah sistem dropship tidak menggunakan stok barang sehingga Anda dapat langsung menjual suatu produk dengan menunjukkan gambar dan spesifikasi produk tersebut.

Cara memulai bisnis dropship yang pertama adalah menentukan barang apa yang ingin Anda jual. Apabila Anda sudah menentukan barangnya, langkah kedua adalah mencari supplier yang terpercaya. Untuk mencari supplier, Anda dapat mengunjungi beberapa marketplace dan membandingkan supplier yang ada dengan melihat rating dan review yang konsumen berikan. Langkah ketiga, Anda meminta ijin kepada supplier yang sudah Anda pilih untuk ikut menjualkan produknya. Setelah mendapatkan persetujuan, Anda dapat langsung menawarkan produk itu.

Affiliate

Anda bisa mendaftarkan diri sebagai affiliater untuk memulai bisnis tanpa modal. Sistem affiliate ini hampir sama seperti dropship atau reseller di mana Anda menjualkan produk yang sudah ada ke konsumen. Anda mendapatkan penghasilan dari fee affiliate tersebut. Salah satu contoh dari program Affiliate ini adalah program affiliate Shopee. Anda hanya perlu mendaftarkan diri dan mendaftarkan barang apa yang ingin Anda tawarkan ke orang lain, kemudian pihak Shopee akan memberikan link istimewa kepada Anda. Apabila ada pembeli yang menggunakan link Anda, maka Anda akan mendapatkan fee dari pembelian tersebut.

Bisnis Thrift

Apabila Anda memiliki banyak pakaian yang sudah jarang dipakai, Anda dapat membuka bisnis thrift ini. Saat ini, masyarakat semakin melek akan buruknya dampak fast-fashion dan mulai mengikuti tren slow-fashion. Industri fast-fashion merupakan penyumbang polusi kedua terbesar setelah industri minyak yang merusak lingkungan. Selain itu, fast-fashion memiliki dampak negatif bagi manusia karena pekerja dari industri ini berada di negara berkembang dan pekerjanya sering mendapatkan gaji yang minim dan lingkungan kerja yang tidak aman. Kesadaran masyarakat akan dampak negatif fast-fashion membuat mereka mulai berpindah mengikuti tren slow-fashion.

Slow fashion merupakan gerakan untuk mendukung pembuatan dan penciptaan serta pembelian garmen berdasarkan kualitas dan daya tahannya. Salah satu cara untuk mendukung slow-fashion adalah dengan melakukan thrift dan memperpanjang usia suatu pakaian. Menurut data pada Google Trends, pada bulan Juni 2020 terdapat kenaikan signifikan terhadap keyword “thrift”. Anda dapat mengambil kesempatan ini untuk mengubah “sampah” fashion Anda dan menjualnya sehingga dapat menjadi berkah. Dengan melakukan bisnis ini, Anda tidak hanya mendapatkan keuntungan, tetapi Anda juga ikut serta menjaga kelestarian alam.

Jasa Pembuatan Website

Karena perkembangan teknologi semakin pesat, banyak perusahaan atau perorangan yang membutuhkan website. Apabila Anda memiliki kemampuan di bidang Teknologi Informasi untuk membuat website, Anda dapat menawarkan jasa Anda kepada pihak yang membutuhkan.

Anda dapat membuat website untuk menawarkan jasa Anda yang sekaligus berperan sebagai portfolio Anda. Untuk dapat bersaing dengan baik, Anda juga harus mampu memahami SEO, content writing, dan semua seluk beluk pembuatan website. Anda dapat memasarkan jasa Anda melalui berbagai media sosial dan marketplace yang ada.

Jasa Penerjemahan

Jika Anda memiliki kemampuan berbahasa asing, Anda dapat menggunakan kemampuan itu untuk membuka jasa penerjemahan. Yang Anda hanya butuhkan adalah laptop dan koneksi internet untuk memulai bisnis ini. Untuk memulai bisnis ini, Anda dapat menerjemahkan beberapa artikel atau tulisan yang nantinya dapat Anda gunakan sebagai portfolio Anda. Jika Anda memiliki sertifikat kemahiran bahasa tertentu, maka nilai jual jasa Anda juga akan semakin meningkat dibandingkan dengan pesaing lainnya yang tidak memiliki sertifikat kemahiran tersebut.

Jasa Desain Grafis

Jika Anda mempunyai hobi dan kemampuan menggambar, jangan sia-siakan bakat tersebut. Anda bisa memulai bisnis jasa desain grafis dengan menawarkan kemampuan membuat logo, desain materi promo di social media, desain banner, dan lain sebagainya. Namun, selain kemampuan menggambar, Anda juga dituntut untuk bisa mengoperasikan software desain yang umumnya digunakan oleh para desainer grafis.

Semoga edukasi di atas dapat bermanfaat untuk bisnis Sobat ACE ya! Jika Sobat ACE ada pertanyaan mengenai bisnis, Sobat ACE dapat meninggalkan komentar di bawah ini. Untuk belajar lebih lanjut, Sobat ACE bisa mendaftarkan diri di website ACE Commerce dan juga bisa join online course di website dimana Sobat ACE bisa mendapatkan berbagai pengetahuan baru mengenai bisnis.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!