5 Tips Sukses Memulai Bisnis untuk Pemula

Saat ini, banyak anak muda yang memiliki keinginan untuk memulai bisnis sendiri, namun seringkali terhalang oleh modal. Sayangnya, keinginan ini hanya jadi sebatas angan-angan saja, belum lagi bingung dalam menentukan bisnis apa yang cocok untuk dijalankan. Padahal, zaman sekarang kita bisa dengan mudah memanfaatkan teknologi untuk menunjang bisnis kamu. Dengan begitu kamu, dapat menghemat biaya modal yang cukup besar.

Menjalankan usaha dari awal memang membutuhkan upaya yang besar pula. Maka dari itu, kita harus mampu untuk bertahan dalam merintis usaha kita. Tidak sedikit juga banyak orang yang sudah menyerah di awal karena tidak sabar atau tidak mempunya strategi yang tepat untuk bisnisnya. Risiko dan tantangan adalah dua hal yang tidak bisa dihindari dari seorang pengusaha, oleh karena itu kerja keras dan ketekunan bisa membawa kamu dan bisnis kamu berkembang dan keuntungan yang terus meningkat.

Tips Memulai Bisnis

Agar impianmu jadi pengusaha dapat diraih, kali ini ACE Commerce akan menjabarkan lima tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis kamu sejak pemula:

Tentukan Produk yang Akan Dijual

Pertama lakukan analisis untuk memperhatikan produk seperti apa yang saat ini sedang digemari masyarakat saat ini Dengan kamu melakukan riset, kamu bisa menjual barang yang bermanfaat ataupun unik.

Tentukan Visi dan Misi Bisnis

Menentukan visi dan misi sangat penting untuk menentukan arah tujuan bisnis kedepannya, walaupun bisnis masih kecil, tetapi kamu juga harus menentukannya dengan jelas sehingga saat bisnis berjalan, sudah ada tujuan jelas tidak hanya berjalan tapi mempunyai target yang jelas juga.

Memanfaatkan Teknologi dan Media Sosial

Membangun jaringan dan networking untuk bisnis kamu, dapat dimulai dengan penggunaan media sosia secara efektif sehingga dapat menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan. Seorang pengusaha harus belajar melek teknologi dan menggunakan berbagai platform media sosial seperti email, facebook, twitter, linkedin atau website. Promosi adalah salah satu hal wajib yang harus kamu lakukan mengenalkan produk ke calon pelanggan. Semakin sering kamu melakukan promosi, semakin banyak orang yang mengetahui tentang produk yang kamu miliki.

Siapkan Modal

Banyak sekali yang takut memulai usaha karena memikirkan modal yang dianggap besar. Padahal tidak semua usaha membutuhkan modal besar kok. Jika kamu bisa memulai bisnis kecil-kecilan dengan memanfaatkan media sosial yang gratis untuk melakukan promosi. Catat dan hitung apa saja yang bisnis kamu butuhkan dan berapa biayanya. Hindari pembelian barang-barang yang dirasa belum dirasa perlu.

Jauhkan Pikiran dari Kegagalan

Setiap bisnis kita hanya memiliki pilihan gagal atau sukses. Seorang pengusaha sejati tidak pernah takut merasa gagal, walaupun masih menjadi pemula. Jika dari awal sudah merasa tidak yakin dengan bisnis yang dijalani maka dapat dipastikan bisnisnya akan mengalami kegagalan. Mindset sukses dan berhasil harus sering ditanamkan oleh seorang pengusaha. Mental pengusaha akan kuat seiring berjalannya waktu dan rintangan yang telah dihadapi. Jadi, yakinkan dulu kepada diri kamu untuk pantang menyerah.

Semoga edukasi di atas dapat bermanfaat untuk bisnis Sobat ACE ya! Jika Sobat ACE ada pertanyaan mengenai bisnis, Sobat ACE dapat meninggalkan komentar di bawah ini. Untuk belajar lebih lanjut, Sobat ACE bisa mendaftarkan diri di website ACE Commerce dan  juga bisa join dengan online course di website untuk mendapatkan berbagai pengetahuan baru mengenai bisnis.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!