5 Tips Mencari Market Ekspor untuk Bisnis Kamu

Peluang Market Ekspor di Indonesia

Dilihat secara ekspor, Indonesia memiliki banyak sumber daya yang mumpuni dan kualitas bersaing dengan pasar internasional. Potensi barang-barang lokal sangat tinggi untuk dipasarkan di luar negeri. Seperti dalam bidang komoditas dan kerajinan tangan yang memiliki keunikan dan khas asli Indonesia. Dengan melakukan ekspor juga kita turut mempromosikan kebudayaan Indonesia untuk lebih dikenal dan meraih pasar yang lebih luas. Namun, sebelum memulai bisnis ekspor, kita harus menentukan market ekspor untuk bisnis kita terlebih dahulu.

Salah satu kelebihan mengeskpor yaitu memperluas jangkauan market bisnis kamu. Persaingan yang ketat di dalam Indonesia sendiri mungkin dapat menyulitkan kamu dalam berbisnis. Namun, perlu kamu tahu bahwa market internasional sebenarnya sangat tertarik oleh produk-produk dari Indonesia. Pemerintah Indonesia juga sangat mendukung para UMKM untuk berani mengeskpor barangnya dengan cara pembebasan pajak dalam beberapa kategori dan lainnya. Hal tersebut menjadi sebuah kesempatan besar bagi kamu yang ingin mulai memasuki dunia ekspor.

Mencari market ekspor

Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah bagaimana cara mencari market untuk ekspor tersebut? 5 tips ini bisa kamu pertimbangkan untuk mencari market ekspor bisnis kamu :

Mendaftarkan pada exhibition/expo

Exhibiton atau expo adalah salah satu cara yang efektif untuk mencari market ekspor dengan membuka booth. Dengan itu kita berkesempatan untuk mendapatkan traffic dan visitor yang spesifik untuk bisnis kita. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak expo yang terkenal dengan skala internasional, dimana mereka sudah membantu banyak UKM untuk meneskpor barang mereka. Beberapa contohnya adalah Trade Expo Indonesia (TEI), INACRAFT, SIAL Interfood. Biasanya, di dalam espo bertaraf international juga terdapat rangkaian acara “business matching” dimana kita sebagai penjual bisa langsung menawarkan/pitching kepada buter dari luar negeri sesuai kebutuhannya secara langsung.

Membayar website

Cara selanjutnya adalah dengan membayar website. Artinya, melakukan subscribe ke website yang sudah memiliki data dan demand dari pembeli mereka. Biasanya, saat kita menjelajahi internet untuk mencari importir luar negeri kita akan dimasukan ke sebuah website yang memiliki seluruh data pembeli dan mengupdate permintaan terbarunya, namun terkadang saat kita ingin klik informasi pembeli, kita justru akan diarahkan untuk menajadi member website tersebut dan ada dana yang harus dikeluarkan. Memang tidak bisa dipungkiri , bahwa hampir seluruh website yang berpotensi harus membutuhkan dana untuk memulai websitenya. Jika website pilihan kamu tepat, maka akan ada banyak leads yang bisa didapatkan karena informasi pembeli bisa kamu dapatkan.

Menggunakan Sosial Media

Sosial media yang sedang berkembang pusat dalam ajang promosi dan sumber informasi, bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan market ekspor. Apakah bisa? Tentu saja bisa! Platform seperti media sosial Facebook dan Instagram, sangat berpotensi untuk menarik perhatian market internasional loh! Saat kita memberi branding, katalog, serta pricing yang jelas untuk sosial media makan hal itu juga akan secara spesifik menarik perhatian importir luar. Tidak hanya itu, seperti di Facebook kita juga bisa bergabung dengan komunitas importir dalam dan luar negeri sehingga kita bisa memperkenalkan dan mempromosikan produk kita dan akan menarik para market kita melihat produk kita.

Meminta Bantuan dari Kementerian Perdagangan

Nah untuk cara ini, kebanyakan dilakukan oleh pengusaha yang sudah mempunyai pengalaman. Namun tidak menutup kesempatan bagi para pemula untuk mencoba. Beberapa waktu lalu kementerian perdagangan (Kemendag) memberikan fasilitas informasi (customer service center) bagi pelaku usaha yang ingin mengeskpor produknya. Kamu cukup mengklik website Kementerian Perdagangan yang merupakan salah satu layanan online yang dapat dilakukan pelaku UKM untuk mengembangkan produknya.

Melakukan kolaborasi

Salah satu strategi dalam mencri market ekspor adalah dengan cara berkolaborasi dengan beberapa perusahaan yang sudah mengeskpor dengan joint venture. Selain itu, kamu juga dapat melakukan kolaborasi dengan perusahaan logistic.

Seperti yang kita ketahui, perusahaan logistic memiliki banyak data dan koneksi terkait market antar negara. koneksi ini yang sangat dibutuhkan untuk mendapatkan pasar dan memudahkan kita sebagai eksportir baru. namun, tetap harus berhati-hati ya dalam memilih partner bisnis kamu. Harus mencari perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan bisa menguntungkan untuk bekerjasama.

Semoga edukasi di atas dapat bermanfaat untuk bisnis Sobat ACE ya! Jika Sobat ACE ada pertanyaan mengenai bisnis, Sobat ACE dapat meninggalkan komentar di bawah ini. Untuk belajar lebih lanjut, Sobat ACE bisa mendaftarkan diri di website ACE Commerce dan juga bisa join online course di website dimana Sobat ACE bisa mendapatkan berbagai pengetahuan baru mengenai bisnis.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!