5 Langkah Mudah Dalam Menentukan Target Pasar

Salah satu cara menaikkan angka penjualan bisnis adalah tentu saja dengan memperoleh banyak pembeli. Untuk mendapatkan banyak pembeli, pastinya kamu akan melewati berbagai tahap pemasaran. Namun, pernakah kamu merasa semua pemasaran yang kamu lakukan tidak menuai hasil seperti yang kamu inginkan? Coba pikir lagi, mungkin saja hal itu dapat terjadi karena kamu salah menetapkan target. Sebelum itu, yuk kenali dulu pengertian apa sebenarnya yang dimaksud dengan target pasar.

Target Pasar

Target pasar adalah suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan untuk membeli produk yang dijual. Singkatnya, target pasar merupakan sekelompok orang yang kita layani sebagai konsumen dan meliputi orang-orang dengan latar belakang, sifat, usia dan karakter yang hampir sama. Begitu banyak manfaat yang akan didapat, contohnya seperti mempermudah dalam penyesuaian produk dan strategi yang akan kamu lakukan, dapat melayani dengan efektif, bisnis atau perusahaan kamu dapat berada di posisi yang lebih baik. Selain itu target pasar berguna untuk mengantisipasi persaingan dan bisnis yang kamu jalankan dapat menggunakan sumber daya perusahaan yang terbatas secara efektif dan efisien.

Nah, kira-kira apa saja langkah-langkah dalam menentukan target pasar? Langsung saja simak penjelasan di bawah ini :

Mengidentifikasi Konsumen

Identifikasi konsumen yang ingin kamu tuju. Untuk langkah awal, kamu dapat mengelompokkan konsumen menjadi beberapa bagian, seperti :

  1. Geografis, kelompokkan konsumen kamu berdasarkan lokasi atau daerah tempat mereka berada
  2. Demografi, kelompokkan konsumen kamu berdasarkan jenis kelamin, usia, rentang penghasilan dan sejenisnya
  3. Harga, kelompokkan konsumen kamu berdasarkan kekuatan ekonomi masing-masing sehingga kamu dapat menentukan target pasar sesuai harga jual produk yang dapat kamu tetapkan

Setelah identifikasi konsumen, saatnya kamu tetapkan jenis konsumen mana yang kiranya ingin kamu layani. Pastikan jika kamu memilih jenis konsumen yang logis dan sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan.

Pahami Perilaku Target Pasar

Perilaku konsumen dapat kamu identifikasi dari bagaimana cara dia belanja, barang-barang yang ia beli, dan bagaimana passion ketika mereka berbelanja. Pahami bagaimana cara mereka berbelanja, entah datang langsung ke took offline atau berbelanja secara online. Dengan memahami perilaku pasar, kamu dapat meningkatkan pelayanan kamu terhadap konsumen.

Cari Tau Apa Yang Sedang Hits

Lakukanlah pencarian di media sosial kira-kira apa yang sedang hits di kalangan para konsumen saat ini. Kamu bisa bergabung di forum-forum atau kunjungi situs tertentu untuk mengulik tren yang sedang terjadi. Dengan melakukan pencarian, kamu juga berpeluang untuk mendapatkan informasi kira-kira barang dan jasa seperti apa yang sedang dibutuhkan oleh pelanggan namun belum bisa dipenuhi oleh produsen atau penjual lain.

Susun Strategi Pemasaran

Pada dasarnya ada empat strategi pemasaran, yaitu Mass Marketing, Differentiated Marketing, Niche Marketing dan Micro Marketing. Sudah paham mengenai keempat strategi tersebut? Jika belum, mari kita bahas secara singkat. Mass Marketing adalah upaya kamu untuk menjual produk kepada semua orang, biasanya produk yang dijual bersifat umum dan ditujukan untuk semua orang. Yang kedua adalah differentiated marketing, ini adalah strategi yang menuntut kamu untuk menciptakan produk yang berbeda untuk target yang berbeda pula. Misalnya produk yang kamu pasarkan adalah shampoo untuk pria atau wanita, shampoo untuk dewasa atau anak-anak.

Selanjutnya adalah Niche Marketing, strategi target pasar yang lebih sempit karena terkait karakteristik konsumen yang khusus misalnya produk yang kamu jual adalah laptop. Kamu dapat mengelompokkan laptop tersebut menjadi laptop gaming dan laptop untuk pelajar. Jika kamu menerapkan strategi yang baik, kamu dapat menjadi market leader dalam strategi Niche ini. Dan yang terakhir adalah Micro Marketing, target pasar yang lebih kecil. Strategi ini dapat kamu terapkan jika produk perusahaan kamu memiliki keterbatasan dari sisi lokasi, waktu atau jenis barangnya.

Evaluasi Respon Pasar

Setelah kamu menjalankan strategi pasar, jangan lupa untuk melakukan serangkaian uji coba untuk mengevaluasi respon pasar dengan produk dan strategi yang telah kamu jalankan. Buatlah iklan sosial yang secara khusus ditargetkan untuk pasar tersebut dan coba nilai respon yang diberikan oleh konsumen. Gunakan bahasa dan visual yang unik agar dapat menarik perhatian target pasar kamu, ya!

Mengetahui siapa target pasar yang kamu tuju sangatlah penting. Bukan hanya kamu yang ingin memulai bisnis, tapi untuk kamu yang ingin meningkatkan penjualan produk juga perlu mengkaji ulang target pasar yang akan kamu tuju.

Karena target pasar akan membantu kamu untuk membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan calon pembeli dan keberhasilan menentukan target pasar dengan benar pastinya bisa membantu bisnis kamu berkembang dengan baik.

Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat untuk bisnis kamu, ya! Jika ingin bertanya lebih lanjut mengenai semua hal yang berkaitan dengan bisnis, kamu dapat meninggalkan komentar di bawah ini. Selain itu, untuk belajar lebih lanjut kamu bisa mendaftarkan diri di website resmi ACE Commerce karna setelah itu kamu bisa join dengan Komunitas ACE Commerce di whatsapp dimana setiap harinyakami membahas berbagai pengetahuan baru mengenai bisnis. So, see you guys!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!