5 Ide Bisnis untuk Kamu Para Mahasiswa!

Saat menjadi seorang mahasiswa, kita seringkali masih mengandalkan uang bulanan dari orang tua untuk memenuhi kebutuhan kita sehari hari seperti uang kosan, transport, buku, praktikum, makan, sampai uang nongkrong bersama teman-teman.

Kamu pasti sudah banyak melihat ada banyak mahasiswa yang melakukan kerja sambilan/ part time atau berjualan untuk menambah uang saku mereka karena tidak dipungkiri saat menjadi mahasiswa kamu pasti sering tiba-tiba membutuhkan atau mengingkan sesuatu. Pilihan bekerja paruh waktu/part time memang menjadi salah satu pilihan, namun risikonya juga ada, seperti waktu kamu untuk belajar dan bermain berkurang serta rasa lelah ketika harus bekerja setelah pulang kuliah lalu mengerjakan tugas atau belajar.

Menjadi seorang mahasiswa merupakan salah satu waktu terbaik untuk mengeksplor tentang bisnis dan entrepreneurship. Terkadang modal yang sedikit atau bahkan tidak ada membuat mahasiswa menjadi bingung untuk memulai bisnis. Padahal ada banyak kesempatan yang dapat dimanfaatkan dengan modal yang sedikit dan tidak menyita banyak waktu dan yang kamu butuhkan adalah ketekunan dan kegigihan!

Mungkin jika kerja paruh waktu/part time terlalu menyita banyak waktu dan tenaga kamu, 5 ide bisnis ini bisa kamu coba nih Sobat!

1. Berbisnis Pulsa Elektrik

Keuntungan dari bisnis yang satu ini adalah modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, walaupun dengan modal yang kecil namun keuntungannya bisa lumayan besar loh Sobat apalagi jika kelola dengan baik dan tekun.

Bisnis ini hanya membutuhkan ponsel sebagai alat utama kamu dalam melakukan transaksi penjualan. Namun, terkadang bisnis pulsa elektrik seperti ini rentan untuk banyak hutang dari teman-teman nih! Nah kalau begitu hindari hal tersebut ya, agar kamu juga tidak rugi di awal-awal merintis usaha.

2. Jasa Les Privat

Sebagai mahasiswa tentu kamu punya ilmu yang bisa diajarkan ke anak-aak yang masih bersekolah baik SD, SMP hingga SMA. Banyak anak-anak yang membutuhkan jasa les privat karena orang tua yang tidak punya waktu karena sibuk bekerja untuk mengajari anak-anaknya yang masih SD misalnya.

Tarif untuk les privat ini juga lumayan loh Sobat berkisar antara Rp. 50.000 – Rp 200.000 per pertemuan tergantung mata pelajaran dan jam ajar. Lumayan kan? Dan biasanya les pivat ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama, minimal 1 jam hingga maksimal 2 – 3 jam saja sekali pertemuan. Saat ini juga ada beberapa layanan jasa les privat online yang bisa dilakukan di rumah dengan mendaftarkan pada layanan bimbingan belajar online.

3. Menjadi Blogger

Saat ini profersi blogger dan penulis lepas tidak bisa diremehkan. Banyak blogger yang mberhasil mengashilakan uang karena keuletan dan konsistensinya menulis dan memprosting artikel yang bermanfaat dan dilihat banyak orang. Untuk memulai ini, cobalah pilih beberapa topik yag sekiranya kamu minat dan suka, seperti travelling, food, lifestyle, makeup and beauty, otomotif dan lain-lain.

Untuk menjadi seorang blogger, kamu harus mempunyai keterampilan menulis dan mendesign sebuah web agar menarik. Kamu juga harus rutin memposting artikel karena semakin banyak yang membagikan artikel kamu, akan semakin besar juga peluang untuk dilihat banyak orang dan bisa dibayar oleh beberapa perusahaan untuk menulis mengenai produknya untuk dimuat di dalam sebuah artikel.

4. Membuka Jasa Pengetikan dan Print

Banyaknya tugas kuliah, membuat bisnis ini sebenarnya menguntungkan loh! Tidak semua mahasiswa memiliki printer di kosan atau di rumah, jadi otomatis ia akan membutuhkan jasa print untuk mengumpulkan berbagai tugasnya.

Jika kamu memiliki pelalatan printer, manfaatkanlah untuk bisnis ini. tentunya dengan menentukan tarif yang sesuai dan ramah untuk kantong mahasiswa ya!

5. Menjadi Reseller

Bisnis yang satu ini adalah salah satu bisnis yang sangat mudah untuk dijalankan dengan modal yang sedikit bahkan tanpa modal! Tugas dari reseller ini akan mendagangkan kembali barang milik orang lain.

Barang yang dijual bisa berupa pakaian, aksesoris, makanan, minuman, alat unik, peralatan kesehatan seperti masker dan hand sanitizer yang kebutuhan di pasaran semakin banyak. Lalu kamu bisa pasarkan melalui platform media sosial yang ada seperti Facebook, Instagram hingga ke E-Commerce.

Dan yang paling penting untuk menjadi reseller adalah mencari distributor yang terpercaya, besar dan menguntungkan!

Eits gausah bingung Sobat ACE ,ingin menjadi reseller bisnis online dengan ratusan produk dan gratis? Langsung aja registrasi diri kamu di website kami dan menjadi anggota anggota ACE Commerce.

Para anggota ACE Commerce Community dapat mengakses katalog secara Gratis melalui aplikasi AsiaCommerce yang tersedia di ios dan android.

So, tunggu apalagi?  Jika ada pertanyaan, kamu bisa tulis di kolom komentar atau langsung dm kami di instagram official ACE Commerce di @acecommerceideid

Jualan sekarang, cuan kemudian!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!