5 Cara Efektif Meningkatkan Brand Awareness

Ketika mendengar merek-merek seperti Coca-Cola, Samsung, Nike, Aqua, tentunya kamu akan langsung tahu brand seperti apa yang sedang dibicarakan bukan? Begitulah cara kerja brand awareness. Pelbagai jenis usaha dengan pelbagai macam produk terus bertambah setiap harinya. Jika tidak ada branding yang baik, alamat kalah bersaing di pasar. Melakukan kesadaran merek merupakan satu elemen yang krusial dalam menjalankan suatu bisnis. Membangun brand awareness merupakan suatu bentuk investasi jangka panjang bagi bisnis kamu karena dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Sebuah penelitian oleh Gefen dalam jurnalnya yang berjudul E-commerce: The Role of Familiarity and Trust, mengatakan bahwa ada dua hal yang mendorong konsumen untuk membeli barang dari sebuah brand, yaitu berdasarkan tingkatan kepercayaan konsumen, serta seberapa besar kepercayaan konsumen terhadap brand tertentu. Kalau kata Duranto dkk, ada empat tahapan di mana sebuah brand berhasil dalam mencapai brand awareness yang diinginkan, yaitu dimulai dari konsumen yang tidak mengenali merek, pengenalan merek, pengingatan kembali merek, hingga mencapai puncak pikiran. 

Piramida Brand Awareness Sumber: Durianto et al. (2004: p.55)

Nah, untuk mencapai pada tahapan puncak pikiran para konsumen, ada beberapa hal nih yang perlu diperhatikan agar tidak salah dalam menyusun strategi untuk bisnismu. Yuk disimak!

1. Target Pasar

Dalam menentukan target pasar, ada beberapa hal yang perlu kamu mempertimbangkan, seperti umur, jenis kelamin, hobi, pekerjaan, penghasilan, serta kebutuhan konsumen lainnya. Jika salah memilih segmen pasar, konsekuensinya akan berdampak pada buruknya citra brand di mata konsumen. 

2. Gunakan Social Media

Di era digital seperti sekarang ini, proses marketing sudah sangat dimudahkan dengan kehadiran alat-alat teknologi bagi pebisnis. Untuk mengembangkan jumlah audience tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang dalam melakukan promosi, cukup dengan memanfaatkan sejumlah platform yang sesuai dengan kebutuhan online shop-mu. Buatlah konten yang menarik perhatian konsumen, jangan lupa untuk konsisten dalam memberikan konten dengan jeda yang teratur, serta pastikan kontenmu menghibur dan mengedukasi bagi konsumen, maka kamu akan dengan mudah menciptakan pasarmu sendiri nantinya. Menyisipkan Call to Action yang kuat akan sangat membantu dalam memperkuat branding produk terhadap konsumen. 

Sumber: businesses.com.au

3. Logo Brand

Logo yang menarik tentu saja sangat dibutuhkan dalam membranding sebuah produk, namun tidak hanya logo brand yang menarik yang kita butuhkan di sini, sebuah logo harus mampu merepresentasikan sebuah brand dengan baik dan tidak melenceng dari citra brand yang seharusnya dibangun. Logo yang unik dapat menciptakan kesan bagi konsumen sehingga menjadi ciri tersendiri yang membedakan brand-mu dari para competitor.

4. Bekerjasama dengan Influencer

Tidak ada salahnya menciptakan kerja sama yang baik dengan seorang influencer untuk mengangkat nama brand-mu di mata konsumen, menggunakan nama besar mereka akan mempermudah sebuah brand agar lebih dikenal masyarakat. Kepercayaan pun akan dengan mudah terbangun berkat bantuan sang influencer. Tapi perlu digarisbawahi bahwa menggunakan jasa seorang influencer tidak serta merta membuatmu lalai dalam menciptakan produk yang asal-asalan ya sobat ACE! Produk yang baik jika dibarengi dengan promosi yang tepat tentu akan memperkuat branding yang akan dikenang oleh konsumen dengan sangat baik, dengan begitu akan tercipta pula barisan konsumen yang dengan setia menunggu produk-produkmu di kemudian hari. 

5. Mengadakan Event Rutin

Selain gencar dalam promosi online, cobalah rutin untuk mengadakan event offline agar dapat berinteraksi langsung dengan audience.sempatan untuk pelanggan agar memahami produk kamu dengan baik. Manfaatkan kesempatan untuk terjun Event rutin dapat menjadi ajang bagi kamu untuk mempromosikan brand-mu serta menjadi ke langsung menghadapi konsumen. 

Tak banyak yang tahu, hal-hal seperti di atas dapat berpengaruh besar tehadap bisnismu. Ingin tahu lebih banyak strategi untuk mem-boosting bisnismu? Follow Instagram ACE di @acecommerceorg dan @acecommerceid, atau subscribe channel YouTube kita di ACE Commerce ID, ya! Jangan lupa bergabung bersama komunitas ACE Indonesia yang sangat mengedukasi, cocok banget buat pebisnis muda seperti kamu! 

Anyway, kalau kamu mau tanya-tanya lebih lanjut soal brand awareness, silahkan tinggalkan pertanyaanmu di kolom komentar di bawah ini ya!  

Join our membership: https://acecommerce.org/id/

Instagram: @acecommerceid https://www.instagram.com/acecommerceid/

Youtube: ACE Commerce ID https://www.youtube.com/channel/UCSRIGwXSNwy5Mq9ahmhVwbQ

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!