5 Bisnis Kekinian Yang Reusable & Ramah Lingkungan

Halo sobat Komunitas Entrepreneur ACE Commerce!

Kembali lagi nih sobat ACE Commerce Community, kita membahas bisnis apa saja yang punya potensial cuan namun kali ini sekaligus mengatasi isu yang sangat umum kita dengar, yaitu tentang keberlangsungan lingkungan. Keprihatinan tentang keberlangsungan lingkungan sudah semakin tinggi semenjak persentase mengenai hasil produksi dari manusia mempengaruhi. Kampanye seperti Go Green sering sekali kita dengar sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Nah sobat, kita juga bisa berperan dalam pelestarian lingkungan dengan melakukan bisnis loh!

Bisnis seperti apa sih? Okay then, bisa dibilang bisnis nya yang pasti Reusable & Ramah Lingkungan, dilihat dari bahan-bahan produk atau barang yang digunakan, dan hasil dari sisa produk sehabis pakai yang tidak mencemari lingkungan atau produk yang penggunaannya terus berkelanjutan (tidak sekali pakai). Kamu bisa bekerja sama dengan Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM) yang punya potensi untuk membantu kamu dalam melakukan produksi barang yang kamu jual, atau kamu bisa juga mendapatkan barang-barang secara impor dari luar negeri yang murah. Yuk kita lihat bisnis-bisnisnya!

Kampanye Go-Green sekarang sudah banyak menarik perhatian brand terkenal untuk mengembangkan bisnisnya
Source: Whiteboard Journal

1. Sedotan Stainless Steel

Kamu pasti juga setuju ini menjadi bisnis yang lagi hits banget di tahun 2019 ya sobat! Sekarang sudah banyak orang-orang yang menggunakan sedotan stainless steel untuk menemani mereka sehari-hari, bahkan sampai banyak bisnis cafe, fast food ataupun tempat kopi yang mulai menggunakan Sedotan Stainless Steel untuk melayani para pelanggan mereka. Kamu bisa membedakan bisnis Stainless Steel Straw yang kamu punya dengan bisnis yang sama lainnya, bisa dari aspek motif, warna, model, hingga harga yang harus bersaing pastinya.

2. Botol Tumbler

Seperti Starbucks misalnya, dimana mereka menggunakan Tumbler Starbucks sebagai bagian dari promosi mereka untuk menarik perhatian pelanggan. Ini bisa jadi budaya yang bagus banget loh buat kelangsungan pelestarian lingkungan kita! Sekaligus bisa jadi bisnis yang menguntungkan karena permintaan akan jenis-jenis botol tumbler yang bermacam-macam motif dan bentuk modelnya, sehingga produksinya tidak akan mati. Kamu hanya perlu terus mengamati apa yang saat itu menjadi trending di pasar dan selalu mengedepankan kualitas dan harga yang bersaing. 

Produk Reusable yang kekinian seperti Stainless Straw dan Tumbler mulai digandrungi masyarakat
Source: Importitall

3. Pupuk kompos

Bisnis komoditas ini sangat cocok bagi wilayah yang banyak pertanian dan perkebunan, seperti Indonesia. Pertanian sangat memerlukan pupuk untuk produksi dan pupuk kompos bisa menjadi solusinya. Pupuk kompos juga bisa berperan dalam mengurangi sampah organik yang ada. Nah buat kamu yang ingin punya bisnis pupuk kompos, harus melewati prosedurnya dulu ya sobat! Seperti pengumpulan sampah, proses pengomposan, inkubasi, dan terakhir panen komposnya. Kamu bisa saja memulai bisnis ini dengan modal nol rupiah loh! Namun agar efisien dan efektif, kamu bisa bermodalkan bantuan mesin agar produksi lebih cepat.

4. Sabun Non-Detergent

Seringkali kita menjumpai sabun pembersih badan di pasar hingga supermarket. Namun apakah kamu tahu kalo kita bisa memproduksi sabun dari bahan-bahan yang ramah lingkungan dan non-detergent? Sabun-sabun pada umumnya mengandung banyak senyawa kimiawi yang berdampak tidak ramah untuk lingkungan sekitar. Nah sobat, kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang sangat jarang dipakai oleh produsen sabun pada umumnya seperti minyak kelapa, minyak sawit, minyak zaitun, susu kambing hingga ampas kopi loh! Terlebih dengan banyaknya produksi kopi di dunia yang otomatis ampas kopi yang dihasilkan juga semakin banyak. Tapi sobat, kamu harus meng-counter kesulitan dalam membuat bisnis sabun non-detergent ini dengan meng-hire sdm yang mempunyai kapabilitas dalam menjalankan dan mengembangkan usaha ini.

5. Daur Ulang Plastik 

Mungkin ini bisnis yang tidak akan habis ya sobat! Bisa dikatakan plastik sebagai penyumbang sampah terbanyak di dunia menjadi masalah terbesar bagi kita semua. Jangan salah ya sobat, bisnis olahan plastik memiliki potensi dan memberikan peluang kamu untuk menjadi entrepreneur yang sukses. Kira-kira bisnis dari bahan plastik apa saja ya sobat? Kamu bisa memanfaatkan sampah dari bahan plastik menjadi Bisnis Kerajinan Tangan seperti keranjang, tas, vas / pot bunga, hiasan bunga, lampu hias maupun aneka gelang bermotif. Namun sama seperti bisnis sebelumnya ya sobat, ini memerlukan kreatifitas dan keterampilan yang lebih dalam menjalankannya.

Bisnis-bisnis diatas bisa jadi GOLDEN OPPORTUNITY buat kamu untuk menjadi entrepreneur yang sukses, dengan tentunya niat dan ketekunan dalam menjalankannya ya! Nah sobat ACE, Jika kamu kesulitan untuk mencari produk barang seperti Sedotan Stainless Steel atau Tumbler yang sesuai dengan model dan motif yang kamu cari, ada rekomendasi nih buat kamu jika kamu mau mendapatkannya secara impor dan bisa membantu kamu untuk sourcing di ImporBareng, fitur terbaru dari AsiaCommerce. Untuk Join Membership, Klik Disini.

Instagram : acecommerceid & acecommerceorg
Youtube : ACE Commerce ID

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!