4 Teknik Sales yang Perlu Kamu Tahu untuk Meningkatkan Penjualan

TEKNIK SALES

Sales representatives adalah salah satu top listing jobs yang selalu konsisten diiklankan di job market. Tidak peduli bisnis di bidang apapun, kemampuan untuk menjual dan memasarkan produk adalah hal penting agar suatu usaha dapat terus bertumbuh. Ide-ide yang brilian dan fantastis saja tidak akan cukup bila usaha tersebut tidak mampu meyakinkan customer akan produk yang mereka tawarkan.

Akan tetapi, perlu kita ketahui bahwa sales bukanlah hal yang mudah dilakukan. Sebagai customer pun, kita kadang merasa terganggu bila terus-menerus dikejar oleh sales marketing yang mempromosikan produk nya tanpa mengerti dengan benar kebutuhan kita sebagai customer.

Untuk itu, berikut adalah 4 teknik sales sederhana yang bisa Sobat ACE pelajari untuk meningkatkan penjualan.

  1. Mengidentifikasi Customer yang Menjadi Target Market

Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali bertemu dengan seorang Sales Representative yang mempromosikan suatu produk, baik ketika berjalan di mall, ataupun melalui digital platform seperti phone call, email, SMS, dan social media. Tapi pernahkah kita berpikir, apa yang akhirnya membuat kita untuk mengambil keputusan untuk membeli?

Sebagai customer, kita akan merasa nyaman berkomunikasi dengan seseorang yang bisa dipercaya dan mengerti kebutuhan kita. Sebagus apapun sebuah produk, tidak akan ada gunanya kalau hal tersebut tidak memberikan solusi bagi masalah ataupun memberi value dalam hidup kita. Maka, step pertama yang perlu dilakukan seorang penjual adalah melakukan market research untuk mengidentifikasi calon pembeli yang sesuai dengan target market. Segmen manakah yang akan paling terbantu dengan produk yang kita tawarkan? Apa solusi yang dapat kita berikan melalui produk tersebut?

Setelah mengenal dan mengetahui problem yang dimiliki customer, selanjutnya kita dapat lebih spesifik menentukan target market untuk memaksimalkan profit. Jenis customer apa yang membuat kita profit lebih tinggi? Siapa yang paling memungkinkan untuk merekomendasikan produk kita kepada potential clients lainnya? Dalam hal ini, perlu diingat bahwa fokus pertama kita adalah customer, sedangkan profit adalah hal yang akan mengikut dengan sendirinya ketika customer tersebut mendapat value maupun solusi dari produk yang kita tawarkan.

2. Mengetahui Motivasi Customer dalam Melakukan Transaksi

Setelah kita mengetahui target market yang tepat, sangat penting untuk kita mengetahui motivasi pembeli dalam mengambil keputuskan membeli produk kita. Hal ini membantu kita untuk meningkatkan konversi sales karena kita melakukan usaha kepada target yang tepat. Menurut Jeff Bloomfield, ada 5 buying motivators yang perlu kita ketahui, diantaranya adalah price, value, quality, self-preservation, dan social pressure. Apakah harga merupakan faktor utama yang memotivasi transaksi produk tersebut? Atau transaksi tersebut lebih dipengaruhi oleh kebutuhan seseorang untuk membuktikan diri kepada suatu komunitas tertentu? Dalam kasus ini, mengetahui motivasi pembeli dengan tepat adalah teknik sales penting yang dapat membantu kita memaksimalkan marketing strategy dengan efektif.

3. Memahami Perbedaan Produk dan Solusi

Salah satu hal yang menyebabkan seorang Sales Representatives kehilangan calon pembeli adalah karena mereka terlalu fokus pada produknya, bukan solusi yang diperlukan oleh customer. Salah satu teknik sales yang sering penjual tidak ketahui adalah membedakan mana produk dan mana solusi. Perlu kita ketahui bahwa seorang customer tidak peduli pada produk yang ditawarkan, tapi bagaimana hal tersebut dapat memberi value dan mempermudah hidupnya. Sebagai contoh, Ani perlu membeli vacuum cleaner untuk membersihkan rumahnya. Dari banyaknya tipe vacuum cleaner yang ada di toko, bagaimana cara Ani mementukan barang yang tepat untuk dirinya?

Dalam hal ini, seorang penjual yang baik akan dapat bertanya kepada Ani tentang berapa luas rumah Ani, jenis karpet apakah yang Ani gunakan di rumahnya, dan seberapa sering Ani akan menggunakan vacuum cleaner tersebut. Hal ini akan membantu si penjual untuk memberikan produk dan solusi yang tepat bagi Ani.

Coba kita bandingkan dengan skenario lain dimana seorang penjual menjelaskan keunggulan produknya dengan segala fitur dan teknologi yang dimiliki, tapi solusi yang diberikan tidaklah tepat dan jelas. Kemampuan mendengarkan dari seorang Sales Representative inilah yang akan membedakan respon calon pembeli. Maka, sekalipun product knowledge itu penting, tetap fokus pada bagaimana produk yang ditawarkan dapat membantu customer dan menyelesaikan masalah yang mereka miliki.

4. Meningkatkan Kepercayaan Calon Pembeli

Sebagai customer, tentu kita tidak mau tertipu ketika membeli produk yang terlihat bagus di iklan. Setidaknya, ekspektasi yang dibangun harus sesuai dengan manfaat produk yang dirasakan. Menurut Jeff Bloomfield, ada 5 basic proof sources yang membantu meningkatkan kepercayaan customer, diantaranya ada dari seorang expert, celebrity, user, crowd, dan peers. Seseorang yang expert atau memiliki kredibilitas dalam bidang kesehatan seperti dokter tentu akan memberikan kepercayaan kepada masyarakat tentang suatu jenis obat. Selain itu, celebrity atau influencer pun dapat meningkatkan kepercayaan para followers nya di social media. Hal ini lah yang diimplementasikan banyak penjual melalui endorsement. Customer selalu mencari validasi dari orang lain yang ia percaya agar keputusan yang diambil tidak salah, apalagi untuk produk dengan harga mahal. Kemudian, testimoni atau review dari user yang selama ini kita lihat di social media dan digital marketplace pun juga memegang peranan penting dalam mengambil keputusan membeli.

Nah, berikut adalah 4 teknik sales yang kita bisa implementasikan untuk meningkatkan penjualan dalam usaha kita. Semoga tips ini berguna bagi Sobat ACE yang ingin terus mengembangkan diri dan usaha ya! Jika Sobat ACE ada pertanyaan, boleh tuliskan comment di bawah ini. Jangan lupa juga untuk subscribe ACE Commerce Community untuk konten seputar entrepreneurship dan upgrade diri lain nya. Untuk kalian yang mau belajar lebih dalam, bisa cek juga Online Course kita website ini.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!