10 Negara Asal Impor Indonesia

Indonesia masih gemar mengimpor barang kebutuhan di 2020. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), nilai impor Indonesia mencapai 12,73 miliar dolar AS pada 2020. Untuk impor nonmigas, nilai tertinggi dicatat oleh golongan reaktor nuklir, boiler, mesin dan peralatan mekanis sebesar 2,18 miliar dolar AS. Diikuti oleh impor mesin dan peralatan listrik serta bagiannya sebesar 1.9 miliar dolar, besi dan baja sebesar 685 juta dolar AS, plastik bagiannya 715 juta dolar AS. Bila Anda bertanya dari negara mana saja barang impor itu masuk, maka sejumlah negara sudah jadi langganan. Berikut 10 negara yang menjadi asal barang impor di Indonesia.

1. Tiongkok

Negeri Tirai Bambu masih menjadi negara paling banyak mengekspor barangnya ke Indonesia. Nilai impor mencapai 3,93 miliar dolar AS pada 2020. Sedangkan pada 2019 lalu, Tiongkok juga ada di tempat teratas dengan nilai impor mencapai 4,46 miliar dolar AS. Komoditas impor dari Tiongkok yang masuk ke Indonesia termasuk di antaranya: barang mesin dan peralatan mekanis, mesin dan perlengkapan elektrik, plastik dan barang plastik, besi dan baja, dan bahan kimia organik.

2. Jepang

Di tempat kedua ada Jepang. Impor barang dari Negeri Sakura itu mencapai 1,06 miliar dolar AS pada Desember 2020. Sementara itu pada 2019, Jepang juga ada di tempat kedua dengan nilai impor RI dari Jepang tahun lalu mencapai 1,56 miliar dolar AS. Komoditas yang diekspor Jepang ke Indonesia antara lain: mesin-mesin dan suku-cadang, produk plastik dan kimia, baja, perlengkapan listrik, suku-cadang elektronik, mesin alat transportasi dan suku-cadang mobil.

3. Singapura

Singapura menjadi negara Asia Tenggara yang paling banyak mengekspor barang ke Indonesia. Di tahun 2019, Thailand masih menempati posisi ketiga, tetapi pada 2020 posisi ketiga direbut oleh Singapura dengan nilai impor 820 juta dolar AS. Di tahun 2019, nilai impor Singapura mencapai 947 juta dolar AS. Komoditas utama yang diimpor adalah elektronik, bahan bakar minyak (BBM), kertas beserta produk turunannya, mutiara, dan timah beserta produk turunannya.

4. Thailand

Sementara itu, Thailand yang menempati posisi ketiga di tahun 2019 harus turun ke posisi keempat dengan nilai impor 645 juta dolar AS. Sedangkan pada 2019 lalu, nilai impor RI dari Thailand mencapai 734 juta dolar AS. Komoditas yang diimpor Indonesia adalah gula, beras, produk olahan ikan, dan kendaraan bermotor.10,8 miliar dolar AS.

5. Amerika Serikat

Adapun di tempat kelima ada Amerika Serikat. Nilai impor barang dari AS mencapai sebesar 749 juta dolar AS pada Desember 2020. Sedangkan pada 2019 lalu, nilai impor dari Amerika Serikat mencapai 810 juta dolar AS. Adapun komoditas impor Indonesia dari Amerika Serikat meliputi kedelai, daging jenis lembu, dan susu.

6. Korea Selatan

Negara Ginseng ini masuk dalam 10 besar negara yang mengekspor barangnya ke Indonesia. Nilainya mencapai 646 juta dolar AS pada 2020. Pada 2019 lalu, nilai impor RI dari Korea Selatan mencapai 727 juta dolar AS. Sementara komoditas impor utama Indonesia dari Korea Selatan adalah karet sintetis, produk baja lembaran, produk elektronik, dan kain tenun filamen sintetis.

7. Malaysia

Negeri Jiran Malaysia menjadi negara ketiga di Asia Tenggara dengan nilai impor ke Indonesia tertinggi pada 2020. Nilainya mencapai 482 juta dolar AS. Sedangkan pada 2019 lalu, nilai impor RI dari Malaysia mencapai 584 juta dolar AS. Komoditas yang diimpor Indonesia dari Malaysia antara lain: barang elektronik, natural gas, minyak bumi, dan mesin.

8. Australia

Negeri Kangguru menempati posisi ke-8. Nilai impor RI dari Australia sebesar 415 juta dolar AS pada 2020. Adapun pada 2019 lalu,nilai impor RI dari Australia mencapai 467 juta dolar AS. Komoditas impor Indonesia dari Australia merupakan bahan baku dan penolong industri, seperti gandum, batubara, bijih besi, alumunium, seng, gula mentah, serta susu dan krim.

9. India

Indonesia ternyata turut mengimpor sejumlah barang dari India. Pada Desember 2020, nilai impor RI dari India mencapai 372 juta dolar AS. Sedangkan pada 2019, nilai impor RI dari India sebesar 408 juta dolar AS. Impor utama Indonesia dari India yaitu: daging kerbau, hidrokarbon siklik, kacang tanah, pemanas air, dan kendaraan bermotor.

10. Vietnam

Pada 2019, posisi kesepuluh dari negara asal impor Indonesia dipegang oleh Jerman dengan nilai impor sebesar 349 juta dolar AS. Sedangkan pada 2020, posisi kesepuluh digantikan oleh Vietnam dengan nilai impor mencapai 312 juta dolar AS. Adapun komoditas yang diimpor Indonesia dari Vietnam meliputi beras, kopi, mesin dan peralatan mesin, produk telepon, telopon seluler dan suku cadang, produk tekstil, kulit dan alas kaki.

Berikut 10 negara asal impor Indonesia. Setelah mengetahui asal barang impor yang dimiliki Indonesia, Anda dapat mencari peluang yang ada dan memulai bisnis impor Anda sendiri. Sebelum memulai, jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah ini ya!

Semoga edukasi di atas dapat bermanfaat untuk bisnis Sobat ACE ya! Jika Sobat ACE ada pertanyaan mengenai bisnis, Sobat ACE dapat meninggalkan komentar di bawah ini. Untuk belajar lebih lanjut, Sobat ACE bisa mendaftarkan diri di website ACE Commerce dan follow Instagram ACE Commerce Community dimana Sobat ACE bisa mendapatkan berbagai pengetahuan baru mengenai bisnis.

 

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *