10 Bisnis Modal Kecil Yang Cocok Untuk Milenial

Usia 20 tahunan tapi punya bisnis sampingan?

Termasuk generasi milenial dan sudah jadi pengusaha bisnis?

Halo sobat komunitas entrepreneur ACE Commerce!

Melihat dua pertanyaan diatas mungkin bagi kamu terdengar terlalu ambisius untuk bisa dicapai terutama pada masa usia muda. Namun jangan salah sobat, di era sekarang yang semakin canggih teknologi informasi membuat semua orang mempunyai kesempatan yang sama dalam merintis sebuah bisnis termasuk generasi milenial dengan berbagai macam pilihan tipe bisnis yang ada. Banyak yang bisa kita ambil contoh dan inspirasi dari pemilik bisnis yang mulai merintis bisnis pada saat mereka dari usia muda semisal dari E-Commerce ada William Tanuwijaya (CEO & Co-Founder Tokopedia) dan Achmad Zaky (CEO Bukalapak), dari bisnis fashion ada Yasa Singgih (CEO Men’s Republic) dan dari bisnis makanan ada Hendy Setiono (CEO Kebab Turki Baba Rafi).

Berbicara tentang Generasi Milenial ya sobat, dimana mereka disebut sebagai generasi Y dengan rentang kelahiran di tahun 1990-an disaat ini dapat dikatakan memiliki umur yang strategis dan produktif dalam menghasilkan ide-ide kreatif dan punya energi yang lebih untuk melakukan hal baru termasuk mencoba merintis sebuah bisnis, disamping dari pekerjaan tetap atau utama mereka. Nah jika kamu termasuk generasi milenial, ini kesempatan EMAS buat kamu untuk memanfaatkan waktu semaksimal mungkin, karena masa-masa muda cuma datang sekali ya sobat 🙂

Alright then, saatnya kita analisa kira-kira apa saja sih kategori bisnis dengan modal kecil yang cocok untuk generasi milenial untuk bisa diterapkan dan dikembangkan saat ini demi bisa memperoleh cuan, pasti penasaran kan!

1. Coffee Shop yang estetik

Unit bisnis yang kekinian, bisa dibilang, kedai kopi menjadi salah satu yang termasuk kedalam list. Sudah banyak sekali para pegiat bisnis yang memulai usahanya di bidang minuman kopi. Namun yang membuat bisnis ini sangat potensial ialah tinggal bagaimana kamu mampu memaksimalkan marketing promosi sehingga orang-orang dari berbagai kalangan untuk tertarik menjadi customer kamu yang bisa melalui sosmed instagram dan youtube. Kamu bisa membuat kedai yang small but aesthetic untuk menekan budget modal kamu dan tidak lupa pula kamu juga bisa menambahkan fasilitas penunjang seperti misalnya wifi. Agar ada unsur something new di kedai kopi kamu, kamu bisa menambahkan variasi menu kopi yang terjamin flavour-nya atau bahkan belum ada di kedai kopi lainnya. 

Kedai kopi dengan modal kecil yang instagrammable & eye catchy bisa jadi solusi kamu
Source: Dekoruma

2. Bisnis Aneka Kue Rumahan Harga Terjangkau

Bisnis ini biasanya akan laku keras jika kamu memang niat untuk terjun langsung dan approach target customer kamu. Untuk membantu hal tersebut kamu bisa melakukan promosi di akun sosial media pribadi kamu dan kamu bisa menganalisa kira-kira permintaan kue rumahan apa yang diinginkan oleh target customer kamu. Dan dengan menekan budget modalnya, kamu bisa membuatnya sendiri dirumah dan membeli bahan-bahan untuk membuat kuenya di pasar tradisional atau supermarket. Contoh kue rumahan yang bisa kamu jual dan punya daya tarik tersendiri seperti Chocolate Cookies, Kastengel dan Dorayaki dengan variasi topping yang menarik.

3. Bisnis Camilan Sosis, Kentang Goreng, Makaroni & Karaage

Sama seperti bisnis kue rumahan, bisnis camilan ini sudah sangat banyak beredar di sekitar kita. Kamu bisa implementasikan bisnis ini dengan melakukan approach ke berbagai tempat seperti kampus-kampus atau kamu bisa membuka gerai booth kamu sendiri, semisal di Car Free Day atau di bazaar makanan terkemuka. Bahan-bahan bisnis bisa didapatkan di pasar tradisional atau supermarket, dan alat masak sederhana.

Makanan snacks yang bisa di kombinasikan dengan topping-topping yang lagi hits dan kekinian bisa jadi opsi
Source: kompasiana.com

4. Menjadi Fotografer

Yang kamu perlukan untuk menjadi fotografer profesional ialah tentunya kamera seperti SLR sebagai penunjang yang dapat membantu kamu dalam mengabadikan foto-foto yang berkualitas. Banyak sekali kesempatan bagi kamu untuk menjadi freelance fotografer. Kamu bisa explore banyak objek-objek yang bisa dijadikan tema foto kamu. Dan untuk stepping to next level dengan menjadi fotografer profesional, kamu dapat mengikuti pelatihan yang bersertifikasi dan berlisensi.

5. Buka Les Kursus

Hal ini tergantung bagaimana kemampuan akademik kamu di beberapa spesifikasi mata pelajaran. Generasi milenial dapat dikatakan sebagai penggerak untuk generasi dibawahnya dengan memberikan edukasi yang berhubungan dengan pelajaran yang eksak hingga soft skills yang diperlukan di jaman sekarang. Ini bisa menjadi bisnis yang menguntungkan untuk kami dari sisi keuangan dan efek sosial kepada orang lain terlebih bagi kamu para milenial yang punya waktu luang yang lebih ya 🙂

6. Buka Jasa Social Media Management

Bisa dibilang sebagian besar dari generasi milenial itu sangat responsif dengan informasi dari sosial media dan tidak gaptek dengan teknologi, Benar bukan? Dan kamu bisa menggunakan keahlian kamu dalam menggunakan sosial media sebagai ladang bisnis meraup cuan dengan membuka jasa manajemen sosial media. Kamu perlu peka terhadap perkembangan di sosial media di setiap saat dan juga memahami apa yang diperlukan dan diinginkan oleh client kamu. Modal untuk bisnis ini umumnya hanya smartphone dan penunjang lain seperti laptop / notebook aja sobat, simple bukan?

Generasi Milenial sangat cocok dengan ide-ide kreatifnya untuk membuka jasa manajemen media sosial
Source: Mandreel

7. Jasa Graphic Designer

Banyak sekali bisnis atau startup baru yang bermunculan dan membutuhkan banyak SDM dan tenaga dari generasi milenial untuk dapat memproduksi konten yang efektif untuk promosi bisnis mereka. Disini yang paling dibutuhkan ialah kreatifitas kamu dalam melakukan editing seperti foto atau video yang dapat menarik perhatian pengguna sosial media lain. Dan sama seperti social media management, yang umumnya kamu perlukan yaitu smartphone dan laptop / notebook ya sobat!

8. Usaha Jastip

Era sekarang bisnis jastip atau jasa titip mulai di gandrungi oleh masyarakat, termasuk generasi milenial. Karena sistem bisnis ini cukup sederhana, asalkan kamu mampu meyakinkan target customer kamu dengan mempunyai suplier yang terpercaya dan kualitas barang / produk yang terjamin kualitasnya. Terlebih bagi kamu yang suka travelling, bisnis ini bisa menjadi ajang buat kamu untuk liburan secara gratis, wah kesempatan yang emas banget ya sobat!

9. Buat Online Thrift Shop

Menjual produk fashion bekas dengan kualitas mutu yang masih terjamin dan engga kalah dengan brand terkenal, ini bisa menjadi solusi buat kamu untuk memulai bisnis. Banyak sekali produk fashion yang di jual sangat murah seperti baju, celana dan jaket yang bagus dari sisi motif dan bahannya namun belum di promosikan dengan baik. Melalui promosi yang menarik perhatian di akun jualan sosmed kamu dengan proses transaksi yang simple, kamu bisa menjual produk-produk fashion dengan mudah dan harganya yang bisa berikan kamu cuan loh! 

10. Dropshipper yang handal

Bisa dibilang ini adalah bisnis yang tanpa modal! Namun yang perlu dicermati bagi kamu yang mau menjalankan bisnis ialah kamu harus bisa me-maintain hubungan baik kamu dengan customer melalui pelayanan yang terjamin dan selalu tepat waktu, serta mampu bekerjasama dengan supplier yang terpercaya. Nah bagi kamu yang tertarik bisa banget untuk mencoba menjadi dropshipper lewat onlinestore.id dimana kamu akan sangat terbantu dengan fitur-fitur penunjang kamu untuk berjualan online. Cek disini https://onlinestore.id

Onlinestore.id bisa membantu kamu dalam berjualan online dengan mudah
Source: onlinestore.id

Nah buat mendukung kamu terutama generasi milenial yang mau punya bisnis dengan modal yang kecil, Jangan lupa subscribe channel youtube ACE Commerce ID dan tonton video-video interaktif komunitas ACE Commerce yang pastinya kekinian karena banyak banget knowledge, insight & tips dari business owner terkemuka dari berbagai karakter dan tipe bisnis untuk bisa menginspirasi dan mengembangkan bisnis kamu loh! Dan kamu bisa juga mendapatkan E-Book tentang JURUS CLOSE SELLING MUDAH HANYA DENGAN TEKNIK CHATTING, ada di homepage website ACE ya sobat!

Instagram: @acecommerceorg & @acecommerceid

Related Articles

Responses

Your email address will not be published.

Our ACE team is here to answer your questions. Ask us anything!